WiFi Terhubung Tapi Tidak Bisa Browsing

Salah satu masalah yang sering terjadi pada WiFi Android adalah tidak bisa digunakan untuk browsing, padahal sudah terhubung dengan jaringan WiFi.

Meski masalah tersebut termasuk masalah yang ringan, namun bisa membuat Anda merasa kesal.

Masalah tersebut bisa terjadi karena beberapa hal, yang paling umum adalah adanya error pada system WiFi di perangkat Android Anda. Atau yang lebih parah terjadi kerusakan hardware WiFi.

Perlu diketahui, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa browsing di Android. Simak cara mengatasinya di bawah ini.

1. Hidupkan & Matikan Airplane Mode

Pertama, Anda bisa mencoba untuk menghidupkan dan mematikan Airplane Mode.

Dengan melakukan cara tersebut, sistem WiFi akan restart secara otomatis. Jadi jika masalah tersebut ternyata terdapat pada sistem WiFi, maka masalah tersebut akan teratasi.

Untuk melakukannya, buka bar notifikasi, lalu hidupkan Airplane Mode, tunggu beberapa saat lalu matikan mode pesawat tersebut.

Setelah itu, coba hubungkan kembali dengan jaringan WiFi yang ada, dan silahkan dicoba untuk browsing.

2. Lakukan Forgot Network (Lupa Jaringan)

Jika dengan melakukan cara pertama belum berhasil, Anda bisa mencoba cara berikutnya yaitu dengan melupakan jaringan WiFi tersebut.

Hal ini dilakukan agar IP Address yang digunakan pada Android Anda direset, karena bisa jadi masalah tersebut timbul dari penggunaan IP Address yang salah.

Untuk melakukannya, silahkan buka menu WiFi, lalu pilih nama WiFi yang sedang terhubung dan pilih opsi Forgot Network atau lupakan jaringan.

Setelah itu, coba hubungkan kembali dengan jaringan WiFi tersebut.

3. Lakukan Pengaturan Waktu dan Tanggal

Masalah WiFi terhubung tapi tidak bisa digunakan untuk browsing, bermain game online, membuka aplikasi online, atau melakukan chatting, juga bisa terjadi karena pengaturan tanggal dan waktu yang salah.

Jadi Anda harus memastikan bahwa pengaturan tanggal dan waktu pada Android sudah benar.

Anda bisa mengecek dan membetulkannya melalui menu Settings > Date & Time, lalu pilih opsi Automatic date & time.

Hal tersebut dilakukan agar tanggal dan waktu diatur secara otomatis oleh Android.

4. Restart Android

Jika Anda sudah mencoba ketiga cara di atas namun masih belum berhasil, Anda bisa mencoba cara berikutnya yaitu dengan melakukan Restart Android.

Restart Android berfungsi untuk mematikan semua proses yang terjadi dan memulai ulang semua sistem file agar bisa berjalan dengan normal.

Jadi jika masalah tersebut terjadi karena kesalahan pada file sistem WiFi, maka file sistem WiFi akan dimulai ulang dengan normal.

Cara melakukannya juga sangat mudah, kamu hanya perlu menekan dan menahan tombol Power, setelah itu memilih opsi Restart atau Reboot Android.

Selanjutnya Anda hanya perlu menunggu hingga Android hidup kembali, setelah itu coba hubungkan kembali dengan jaringan WiFi.

5. Hapus Cache Android

Masalah WiFi hidup tapi tidak bisa digunakan juga bisa terjadi karena banyaknya file cache yang menumpuk di Android Anda.

Cache merupakan file yang digunakan untuk menyimpan data secara sementara pada Android Anda. Atau bisa dikatakan bahwa file ini merupakan file sampah jika sudah tidak digunakan.

Jadi Anda bisa mencoba untuk membersihkan semua cache yang ada di Android Anda, khususnya file cache dari browser yang Anda gunakan.

6. Restart Modem WiFi

Jika ternyata masalah tersebut juga terjadi di perangkat lain yang terhubung pada jaringan WiFi tersebut, maka kemungkinan terjadi masalah pada router WiFi yang Anda gunakan.

Sebaiknya, coba untuk melakukan restart atau mematikan router WiFi selama beberapa saat, setelah itu hidupkan kembali router WiFi tersebut.

Terakhir coba hubungkan kembali perangkat Android Anda ke jaringan WiFi tersebut, lalu coba untuk melakukan browsing.

7. Install Ulang Aplikasi Browser

Setelah melakukan semua cara di atas namun WiFi tetap tidak bisa digunakan untuk browsing, kemungkinan ada masalah pada aplikasi browser Anda.

Hal tersebut bisa diperkuat jika ternyata jaringan WiFi tersebut masih bisa Anda gunakan untuk melakukan chatting, hingga bermain game online.

Jadi solusinya adalah dengan melakukan uninstall browser tersebut, kemudian install kembali melalui Google Play Store.

Atau kamu juga bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi browser lainnya.

8. Factory Reset Android

Jika ternyata permasalahannya terletak pada HP, semisal bug pada ROM Android, maka Anda harus melakukan flash pada HP tersebut.

Ada baiknya, Anda menggunakan ROM Official saja karena lebih stable. Untuk lebih lanjutnya, silahkan baca referensi dari Kang Flash untuk panduan flash Android.

Itulah beberapa cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak bisa browsing di Android. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah WiFi Android tersebut.

Add Comment