Waktu Ideal Beri Vaksin pada Anjing Peliharaan

Tidak sedikit pecinta anjing belum tahu kapan waktu yang ideal untuk beri vaksin pada anjing peliharaan mereka.

Bagi para pemilik anjing, rabies merupakan salah satu penyakit yang cukup menakutkan. Rabies sendiri tidak hanya mematikan bagi hewan peliharaan saja, namun juga bagi manusia.

Oleh karena itu, pemberian vaksin anti rabies terhadap anjing sangatlah penting unutk dilakukan. Khususnya untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

Vaksin sendiri wajib diberikan terhadap anjing dalam waktu satu tahun sekali.

Kegiatan Penyebaran Rabies

Karin Franken yang merupakan Co-Founder Jakarta Animal Aid Network mengungkapkan bahwa salah satu kegiatan yang dapat menjadi awal dari penyebaran virus rabies adalah distribusi daging anjing untuk dikonsumsi oleh manusia.

Badan Kesehatan Dunia atau WHO sudah memberitahu sekitar 10 tahun silam, bahwa salah satu penyebab penyebaran dari virus rabies adalah bebasnya jual beli daging anjing untuk dikonsumsi.

Hal tersebut diperparah dengan tidak adanya pengawasan yang baik, maka kondisi tersebut terasa jauh lebih rentan.

Terdapat sebuah gambaran sederhana bagaimana daging anjing dapat menularkan rabies ke hewan lain seperti kucing.

Dimana jika terdapat sebuah tempat pemotongan anjing membuang sisa anjing dengan rabies ke tempat lain dan dimakan oleh kucing, maka kucing tersebut akan berpotensi terkena penyakit yang mematikan tersebut.

Meski anjing sudah bebas rabies, namun tidak menutup kemungkinan bahwa resiko penyebaran penyakit tersebut akan tetap ada.

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Vaksin Anjing

Sebenarnya tidak ada waktu khusus kapan melakukan vaksin terhadap anjing pelihara.

Karena semua itu juga tergantung dengan anjing, lingkungan, dan pemilik anjing sendiri.

Namun para pecinta hewan sendiri biasanya melakukan vaksinasi rutin terhadap anjing peliharaan selama 1 tahun sekali untuk menjaga anjing bebas dari virus rabies. Itu juga yang direkomendasikan oleh website hewany.com

Selain itu, para pemilik anjing baru juga biasanya langsung melakukan vaksinasi terhadap anjing tersebut untuk menghindari adanya virus rabies didalam tubuh anjing tersebut.

Namun terdapat syarat khusus untuk melakukan vaksinasi terhadap anjing, dimana anjing harus sudah cukup umur dan sedang dalam kondisi yang sehat.

Add Comment