Usaha Es Lilin Rumahan

Es lilin merupakan jajanan yang populer, sejak dahulu hingga sekarang pun masih menjadi favorit anak-anak. Usaha es lilin rumahan, dapat memberi keuntungan yang terbilang cukup besar mengingat modal yang dibutuhkan pun sedikit.

Sehingga, bisnis ini sangat digemari dan menjadi peruntungan tersendiri dalam produksi rumahan.

Meskipun usaha es lilin ini cukup mudah, serta sama saja dengan usaha minuman lain, tapi tetap saja ada banyak hal yang harus diperhatikan. Mulai dari peluang bisnis, keuntungan, perhitungan modal dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga harus memiliki bekal kemampuan dalam membuat es lilin ini agar memiliki rasa yang enak dan sesuai dengan selera anak-anak. Tips sukses salah satunya adalah membuat laporan keuangan usaha mingguan dan bulanan dengan baik dan benar.

Peluang Dalam Bisnis Es Lilin

Bisnis es lilin ini, memiliki peluang yang bagus dan dapat memberi keuntungan. Modal yang Anda perlukan untuk membuat es lilin tidak besar, tetapi dapat memproduksi dengan jumlah yang banyak. Tempat penjualan, menjadi hal yang penting dalam bisnis ini.

Jika Anda menjual di daerah yang banyak anak kecil atau anak sekolah, maka peluang larisnya produk Anda sangat besar.

Untuk prospek bisnis es lilin, bisa dikatakan sangat menguntungkan. Asalkan Anda dapat mengolah bisnisnya dengan baik.

Meskipun bisnis ini rumahan, tetapi tidak menutup kemungkinan akan berkembang besar jika pemasaran dan penjualnnya sangat bagus.

Sejak dahulu, bisnis ini masih populer dan dijadikan sebagai penghasilan tambahan bagi sebagian orang.

Tips Memulai Usaha Rumahan Es Lilin

Dalam membuka usaha es lilin rumahan, berdasarkan bahasan dari BukuWarung.com ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

Meskipun mudah dan membutuhkan modal yang tidak besar, bisnis ini akan memberi kerugian jika tidak dilakukan dengan serius.

Sebaiknya, Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana peluang usaha rumahan agar dapat dijalankan dan bisa memberi keuntungan yang tinggi.

1. Manajemen yang Baik

Dalam memulai bisnis ini, Anda harus memiliki manajemen yang baik. Usaha es lilin, dapat dibuat oleh siapa saja yang mau dan berminat. Tetapi, sebaiknya ketahui manajemen yang baik dalam berbisnis, supaya tidak berujung pada kerugian.

Mulai dari manajemen keuangan, promosi dan penjualannya harus dipersiapkan dengan baik.

2. Memilih Bahan yang Berkulitas

Sebelum membuat es lilin, tentunya Anda harus membeli bahan-bahannya. Pilihlah bahan yang memiliki kualitas bagus serta cocok digunakan untuk pembuatan es lilin.

Bahan yang Anda perlukan, yaitu susu, gula pasir, tepung jagung serta bahan lain sebagai perasa dan pelengkap. Selain itu, teknik olahan pun harus diperhatikan dengan baik, agar hasilnya maksimal.

3. Pemilihan Lokasi yang Strategis

Lokasi berjualan menjadi hal yang penting dalam menjalankan bisnis, tidak terkecuali bisnis es lilin. Meskipun produksinya berasal dari rumah, penjualan bisa dilakukan ditempat yang berbeda.

Sebaiknya sesuaikan dengan target pasar Anda, misalnya targetnya anak sekolah maka lokasinya harus dekat dengan sekolah.

4. Menentukan Harga yang Sesuai

Setelah Anda berhasil memproduksi es lilin, selanjutnya tentukan harga yang akan dijual. Harga ini, harus bisa bersaing dengan harga pasar agar tidak terlalu mahal atau terlalu murah.

Pertimbangkan juga modal uang yang sudah Anda keluarkan untuk produksi. Biasanya untuk ukuran yang sedang harganya sekitar seribu hingga tiga ribu rupiah.

5. Promosi yang Bagus dan Meluas

Selain bagusnya kualitas dari es lilin yang Anda jual, proses pemasaran atau promosi juga harus bagus. Karena, hal tersebutlah yang bisa membantu es lilin Anda terjual dengan baik.

Promosi ini, bisa dilakukan dengan memasang poster di tempat dagangan, memposting di social media dan menawarkan kepada kerabat terdekat.

Usaha es lilin rumahan, dapat memberikan keuntungan yang besar bagi Anda yang berminat melakukannya. Usaha ini, memiliki peluang yang bagus serta sama populernya dengan usaha minuman lainnya. Kesuksesan suatu bisnis, tetap ada pada manajemen yang baik serta kualitas dan rasa dari produk itu sendiri.

Add Comment