Tips Mengendarai Motor Setang Jepit

Bagi yang belum biasa mengendarai motor setang jepit pasti akan merasa pegal dan capek. Biasanya setang jepit ini kerap digunakan untuk motor yang berkapasitas diatas 150 cc, misal seperti motor sport.

Kali ini, otomodiv akan membahas tentang tips mengendarai motor setang jepit agar tetap terasa nyaman, lebih jelasnya silahkan baca artikel ini sampai selesai.

Sepeda motor dengan tipe Clip-On (setang jepit) sengaja didesain seperti itu, kenapa? Karena tujuannya untuk memberikan handling yang tepat. Selain itu, desain tersebut bisa mengatur agar posisi riding tetap pas, dan gaya ketika berkendara pun semakin terlihat keren.

Bukan selonjoran seperti mengendarai scooter matic, atau tetap tegap seperti sedang mengendarai motor trail (Adventure).

Perlu kamu ketahui, setang jepit berfungsi untuk tubuh agar terlihat menekuk ke bagian depan. Tujuannya, selain dari fokus mengendarai, dengan postur tubuh yang sedikit menekuk itu enak buat cornering di tikungan tajam.

Kelebihan Setang Jepit Untuk Motor

Kelebihan dari menggunakan setang jepit untuk motor ialah, ketika motor melaju dengan kecepatan tinggi kondisinya masih tetap seimbang, dan pengendara pun akan terasa nyaman ketika mengendarainya.

Apakah benar? Bukannya menggunakan setang jepit itu membuat badan dan tangan pegal-pegal? Yap benar! Karena saya sendiri mempunyai sepeda motor yang menggunakan setang jepit, dan ketika dikendarai dengan kecepatan tinggi, motor tersebut tetap seimbang dan saya pun nyaman ketika mengendarainya.

Seperti pertanyaan di atas, bahwa menggunakan setang jepit ini bisa membuat badan lebih cepat capek, pegal-pegal dan lain sebagainya. Ya memang benar dengan catatan “jarak jauh dan mengendarai motornya dengan kecepatan rendah”.

Kenapa seperti itu? Karena sepeda sepeda motor yang menggunakan setang jepit ini kurang cocok digunakan dengan kecepatan rendah, justru dengan kecepatan tinggi, setang jepit ini tidak butuh effort dan tidak cepat lelah apabila dibandingkan dengan tipe setang lainnya.

Namun, apakah menggunakan motor sport ini harus ngebut?

Tidak semua nya harus dipadukan dengan kecepatan tinggi, namun ada juga masanya ketika mengendarai motor sport itu pelan-pelan sambil menikmati perjalanan yang kita lewati.

Apakah ada tips nya seputar mengendarai sepeda motor yang menggunakan setang jepit? Agar tidak mudah lelah ketika mengendarai motor sport yang menggunakan setang jepit, tentu saja ada tips dan trik nya yang bisa kamu lakukan.

Berikut ulasan lengkapnya.

Tips Mengendarai Motor Setang Jepit

Demi kenyamanan dalam mengendarai motor setang jepit, jangan dulu kemana-mana, silahkan simak ulasan di bawah ini sampai benar-benar tuntas.

1. Rubah Tumpuan Beban

Untuk menahan beban pada tubuh, walaupun postur tubuh agak sedikit nungging, diusahakan jangan sampai bertumpu pada bagian tangan.

Kedua tangan harus tetap rileks dan juga ditekuk seperti biasa ketika mengendarai motor matic, kenapa? Karena pergerakan tangan itu harus selalu dinamis demi memudahkan untuk bermanuver.

Lalu, tumpuan yang tepat itu bagaimana? Yaitu bertumpu pada bagian pantat dan paha bagian dalam. Di organ tubuh itu, banyak lemak yang bisa dijadikan tumpuan beban sehingga kamu tidak akan merasa capek ketika mengenadarainya.

2. Jepit Tangki Motor

Sambil membagi tumpuan beban ke bagian paha dalam, selain itu kamu juga dapat menambah tumpuan dengan cara menjepit tangki bensin menggunakan kedua kaki.

Jika kamu menjepit tangki dengan kedua kaki, maka kamu akan terasa menyatu dengan motor.

3. Tetap Rileks

Setelah merubah tumpuan beban dan menjepit tangki bensin dengan kedua kaki, cara lain yang harus kamu lakukan adalah rileks dalam berkendara. Bagaimana caranya? Yaitu menikmati setiap perjalanan yang kamu lewati dengan lapang dada, dan juga jangan tegang dalam berkendara.

Add Comment