Tiket Masuk Karimunjawa

Anda sudah bosan di rumah, penat bekerja dan berniat ingin menghabiskan waktu libur bersama keluarga, sahabat, maupun pasangan ke suatu tempat yang menghadirkan keindahan alam surgawi? Karimunjawa jawabannya! 

Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang memiliki luas daratan kurang lebih 1500 hektar dan 110.000 hektar perairan, terletak sekitar 80 kilometer barat laut dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. 

Jepara merupakan sebuah kabupaten yang memiliki luas 1.047,41 km persegi, terkenal sebagai kota kelahiran R.A Kartini pembuat Jepara seringkali menjadi tempat tujuan pariwisata sejarah dan kesenian kayu ukir yang kualitasnya sudah mendunia. 

Selain itu, Jepara juga memiliki surga dunia di ujung utara kabupatennya yaitu Karimunjawa.

Sekilas Tentang Karimunjawa

Karimunjawa merupakan tempat wisata laut yang namanya sudah terkenal di penjuru Indonesia maupun mancanegara. Keelokan alam yang ada di Karimunjawa menjadi daya tarik wisatawan yang hendak mengunjunginya. 

Pasir putih yang membentang luas, air laut yang jernih dengan keanekaragaman biota lautnya, bukit-bukit hijau yang mengelilingi pulau, serta masih banyak lagi keunggulan yang dimiliki oleh Karimunjawa. 

Ada sekitar dua puluh tujuh pantai yang ada di kepulauan ini, masing-masing pantai memiliki keunikan tersendiri yang wajib didatangi oleh para wisatawan.  

Ada lima dari dua puluh tujuh pantai tersebut yang sudah dihuni, sisanya merupakan pantai yang masih sangat asri karena tidak menjadi tempat hunian manusia.

Transportasi Menuju Karimunjawa

Bagi Anda yang masih bingung memilih transportasi menuju Karimunjawa, Anda bisa menyesuaikan arah kedatanganmu. Untuk menyeberang ke kepulauan Karimunjawa Anda bisa menggunakan kapal yang tersedia di Pelabuhan Semarang dan Pelabuhan Jepara.

Jika Anda melewati Pelabuhan Jepara, ada Kapal Express Bahari dengan tujuan Jepara – Karimunjawa dapat menempuh waktu sekitar 2.5 jam untuk sampai di tujuan. 

Kapal ini memiliki 2 jenis kapal yaitu Express Bahari 6F dengan kapasitas tempat duduk 250 orang dan Express Bahari 3F dengan kapasitas tempat duduk 400 orang. 

Ada juga Kapal Feri Siginjai Jepara-Karimunjawa yang memakan waktu 4.5 jam untuk menyeberangkan kapalnya menuju maupun bertolak dari Karimunjawa, dengan kapasitas tempat duduk 260 orang.

Namun, jika Anda melewati pelabuhan Semarang Anda bisa menggunakan Kapal KMC Kartini 1 yang memakan waktu 3.5 jam perjalanan saja, kapal ini tidak beroperasi setiap hari menuju Karimunjawa. 

Untuk arah Semarang – Karimunjawa hanya pada hari Jumat pukul  08.00 WIB, dan dari arah Karimunjawa – Semarang hari Minggu pukul 11.00 WIB. Serta ada Kapal Pelni KM Kelimutu dan KM Lawit yang beroperasi hanya setiap hari Jumat sekitar pukul 23.59 WIB dan kembali lagi ke Semarang pada hari Minggu pukul 11.00 WIB.

 Harga Tiket Masuk di Karimunjawa

Anda tidak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya yang banyak untuk berlibur di Karimunjawa, sebab wisata laut yang terletak di utara Pulau Jawa ini terbilang relatif murah untuk sebuah kawasan wisata yang sudah terkenal.  

Berikut harga tiket masuk Karimunjawa sesuai update tahun 2020, yaitu pada weekday wisatawan lokal dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp.5000,00 dan Rp.150.000,00 untuk wisatawan asing. 

Sedangkan untuk weekend dan tanggal merah, wisatawan lokal dikenai biaya Rp.7.500,00 dan wisatawan asing sebesar Rp.225.000,00 per orang.

Selain menikmati keindahan pantainya, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain. Berikut harga normal untuk menikmati beberapa aktivitas:

Aktivitas

Harga

Diving Rp.25.000
Snorkeling Rp.15.000
Memancing Rp.25.000
Trekking hutan mangrove Rp.5.000
Berkemah Rp.5.000

 

Untuk penginapannya, Anda juga bisa memilih jenis penginapannya:

Penginapan

Harga start from

Homestay Rp.80.000/night
Inn Rp.500.000/night
Guest House Rp.250.000/night

 

Nah, ada banyak sekali destinasi wisata di Karimunjawa yang wajib Anda datangi, mulai dari tempat-tempat indah yang terbentuk asli dari alam seperti Pantai Ujung Gelam, Pantai Annora, Pulau Menjangan besar,  Pulau Cemara besar, pulau Cemara kecil, pulau Sintok, pulau Tengah, pulau Gosong, spot Maer Nyamplungan dan lain-lain. 

Maupun wisata buatan seperti Karimunjawa Butterfly Park yang juga menjadi tempat favorit wisatawan menikmati liburannya.

Apabila Anda ingin berlibur ke Karimunjawa, Anda bisa menggunakan agen wisata Karimunjawa. Dan salah satu yang kami rekomendasikan adalah Visit Karimunjawa.

Visitkarimunjawa.com merupakan penyedia paket wisata Karimunjawa yang murah dan recommended. Dikelola langsung oleh warga lokal Karimunjawa, membuat agen wisata ini sangat mengerti dan paham akan kondisi di Kepulauan Karimunjawa.

Add Comment