Teks Deskripsi

Pertemuan kali ini akan membahas secara ringkas mengenai teks deskripsi. Kita akan membahasnya mulai dari pengertian, ciri-ciri, struktur, jenis-jenis dan contohnya. Namun sebelum masuk ke pembahasan, mungkin disini ada yang mengerti arti dari deskripsi. 

Apa sih yang dimaksud deskripsi? Deskripsi adalah rincian, gambaran atau pembeberan. Dengan mengetahui arti deskripsi, kalian lebih mudah untuk memahami teks deskripsi. Berikut ulasan mengenai teks deskripsi.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah sebuah teks yang gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas suatu objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca. 

Tujuan teks ini adalah untuk membuat pembaca seakan-akan berada di tempat kejadian, ikut melihat merasakan mengenai suatu hal peristiwa atau adegan.

Ciri-Ciri Teks Deskripsi

Teks deskripsi mempunyai ciri-ciri yang sangat jelas, sehingga kita dapat dengan mudah untuk membedakan teks ini dari teks yang lainnya. Berikut ciri-cirinya :

  • Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  • Paragraf yang digambarkan dijelaskan secara jelas. 
  • Ketika pembaca membaca teks deskripsi, maka seolah-olah dia akan merasakan topik yang sedang dibahas.
  • Menjelaskan ciri-ciri fisik objek. Misalnya, ukuran, warna, bentuk atau ciri-ciri psikis/keadaan suatu objek dengan rinci.

Struktur Teks Deskripsi

ada 3 unsur penyusun teks deskripsi, yaitu :

1. Identifikasi

Identifikasi adalah bagian yang berisi penentu identitas seseorang, benda atau objek yang lainnya.

2. Klasifikasi

Struktur ini merupakan unsur penyusun bersistem dalam kelompok menurut suatu kaidah yang sudah ditentukan.

3. Deskripsi

Struktur ini berisi penjelasan mengenai suatu objek atau topik yang ada dalam sebuah teks.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Ada tiga jenis teks deskripsi, yaitu :

  • Teks deskripsi subjektif. Teks deskripsi jenis ini menggambarkan suatu objek berdasarkan apa yang dilihat dan dirasakan oleh penulis.
  • Teks deskripsi spasial. Teks deskripsi jenis ini menjelaskan suatu objek hanya berupa ruang, benda, tempat dan lain sebagainya.
  • Teks deskripsi objektif. Teks deskripsi jenis ini menggambarkan suatu objek dengan apa adanya berdasarkan objek yang sebenarnya.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut adalah 7 kaidah kebahasaan dari teks deskripsi :

  1. Menggunakan kata benda sesuai dengan topik yang sedang dideskripsikan. Contohnya, gedung, rumah, sekolahan, teman saya, sahabatku dan lain sebagainya.
  2. Menggunakan kata frasa yang mengandung kata benda. Contohnya, beliau adalah seorang guru yang sangat sabar.
  3. Mengandung kata sifat yang bersifat menggambarkan. Contohnya satu siswa rajin, dua sepatu hitam, dan lainnya.
  4. Terdapat kata kerja transitif. Contohnya, siswa itu memakai baju olahraga warna biru hitam, dan lain sebagainya.
  5. Terdapat kata kerja untuk mengungkapkan pandangan pribadi penulis tentang subjek. Contohnya, saya meyakini buku itu mahal sekali, saya pikir itu adalah hewan cerdas, dan lain sebagainya.
  6. Mengandung kata keterangan untuk memberikan informasi tambahan tentang suatu objek. Contohnya, di rumah, di sekolah, di kantor, dan lain sebagainya.
  7. Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Contohnya, kulitnya kuning seperti sawo matang.

Contoh Teks Deskripsi

Berikut adalah contoh dari teks deskripsi singkat.

Contoh Teks Deskripsi 1

Mendoan merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari Banyumas, Jawa Tengah. Mendoan memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Makanan ini terbuat dari tempe yang dicampur tepung terigu, daun bawang dan bumbu rempah yang kemudian digoreng. Banyak sekali orang yang menyukai makanan ini, karena memang rasanya sangat lezat.

Contoh Teks Deskripsi 2

Kamar berukuran 4 X 5 m itu sangat nyaman ditempati. Dindingnya dicat warna coklat dan putih. Terdapat sebuah lampu hias disetiap pojok ruangan. Di sisi kanan kamar terdapat TV 32 inchi yang berdiri di atas rak berbahan kayu jati. Disamping rak tersebut terdapat sebuah meja kerja yang berisi komputer beserta perlengkapannya.

Di sisi kiri kamar terdapat rak buku kecil yang memuat beberapa jenis buku seperti buku novel, komik, kamus, dan lain sebagainya. Disamping rak buku juga terdapat sebuah tanaman hias dan akuarium kecil untuk menghilangkan suasana yang membosankan. Terdapat juga AC di pojok kiri atas yang menambah kenyamanan di dalam kamar Puspa itu.

Contoh Teks Deskripsi 3

Siska adalah seorang penjaga perpustakaan yang amat cantik. Ia memiliki kulit yang putih seperti susu. Rambutnya panjang berwarna coklat, wajahnya cantik dan manis. Siapa saja yang melihatnya pasti akan merasa senang dan tenang. Dia juga ramah kepada semua orang, wajar saja jika siska banyak digemari oleh teman-temannya.

Contoh Teks Deskripsi 4

Aku memiliki kucing bernama Zoro. Bulunya berwarna abu-abu dan hitam dengan abu-abu sebagai warna dominan. Zoro memiliki ekor yang panjang dan lucu. Zoro suka sekali memakan sosis yang dicampur dengan nasi. Saat Zoro lapar, dia akan mengeong minta makanan.

Demikian pembahasan ringkas mengenai teks deskripsi. Semoga bermanfaat.

 

Add Comment