Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi ialah teks yang menjelaskan seputar kejadian yang berdasarkan fakta yang nyata dan menjelaskan proses kejadian pada fenomena alam ataupun sosial.

Dengan begitu sudah tahukah Anda mengenai struktur teks eksplanasi ini yang harus terkandung didalam teks tersebut?

Jika dirasa belum maka Anda bisa simak ulasan berikut ini mengenai struktur teks eksplanasi dengan mudah dipahami.

Struktur Teks Eksplanasi Yang Harus Anda Ketahui

Dari beberapa contoh teks eksplanasi yang dapat kita ketahui, bahwasannya ada beberapa struktur yang terkandung pada teks eksplanasi tersebut yaitu sebagai berikut ini.

#1. Pernyataan Umum

Struktur yang utama yang ada pada teks eksplanasi yaitu pernyataan umum. Pada bagian ini menerangkan tentang penjelasan terkait latar belakang atau tinjauan umum terkait isi teks tersebut.

Sehingga untuk pernyataan umum ini nantinya dapat mengetahui tentang gambaran umum terkait isi teks eksplanasi itu sendiri, karena akan dijelaskan seputar gambaran umum, tujuan serta bagaimana dan mengapa proses kejadian itu bisa terjadi.

Serta pada struktur awal ini juga akan menerangkan bagian proses kejadian atau peristiwa sosial atau alam yang sedang dikutip dalam teks eksplanasi.

#2. Penjelasan Isi Teks

Pada bagian stuktur selanjutnya yaitu tentang penjelasan isi teks eksplanasi.

Yaitu bagian yang akan menjelaskan terkait proses terjadinya peristiwa yang sedang terjadi lebih detail dan jelas.

Setidaknya pada bagian ini nantinya dijelaskan dengan minimal 1 paragraf khusus untuk menjelaskan tentang proses terjadinya kejadian.

Serta pada bagian ini akan menjelaskan seputar merincikan penyebab dan sebab terjadinya alur jalannya kejadian.

#3. Interpretasi (Penutup)

Pada struktur yang ketiga ini yaitu bagian interpretasi atau penutup yang bersifat tidak diharukan dicantumkan, karena tidak wajib.

Untuk perihal yang terakhir ini yang jelas akan menerangkan bagian inti atau kesimpulan dari teks eksplanasi yang telah dituliskan.

Sehingga seorang pembaca nanti akan bisa mengambil inti sari dari teks eksplanasi lebih mudah dan tidak merasa kesusahan, dikarenakan teks eksplanasi termasuk bacaan teks yang panjang.

Dengan adanya bagian kesimpulan, diharapkan juga bahwasannya teks yang dituliskan menjadi lebih sempurna, karena terdapat bagian yang menerangkan secara ringkas.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Yang perlu Anda ketahui berikutnya mengenai teks eksplanasi yaitu tentang tata cara penggunaan dalam bahasa didalam teks eksplanasi itu sendiri. Andapun dapat memahaminya pada penjelasan dibawah ini.

#1. Yang utama yaitu teks eksplanasi mempunyai sifat yang umum, dan tidak terkait pada manusia.

#2. Yang keduapun teks eksplanasi menggunakan dengan istilah ilmiah, tidak terdapat bahasa campuran.

#3. Dalam teks eksplanasi sering kali menggunakan kata kerja pada material dan relasional.

#4. Yang berikutnya pada teks eksplanasi ini menggunakan konjungsi waktu.

#5. Terdapat bagian kalimat yang pasif.

#6. Teks eksplanasi ini dituliskan berdasarkan fakta dan data yang aktual, sehingga sangat bisa dipercaya dalam benar kenyataannya.

Demikianlah pembasan terkait struktur teks eksplanasi dan kaidah dalam pembahasaan pada teks eksplanasi, semoga dapat bermanfaat dan bisa membantu segala kebutuhan Anda. Silahkan tinggalkan komentar Anda dibawah ini, jika merasa ada yang ditanyakan ataupun ada kritik dan saran.

Add Comment