Rekomendasi Wisata Alam Temanggung

5 Rekomendasi Wisata Alam Temanggung Paling Menarik untuk Dikunjungi– Sebagai sebuah kabupaten yang terletak di elevasi yang cukup tinggi, Temanggung menawarkan segudang lokasi wisata alam yang menarik dan seru untuk kita kunjungi. Diapit dua gunung kembar, Sindoro dan Sumbing, lantas membuat Temanggung memiliki hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah sejauh mata memandang. Hal ini pula yang membuat kabupaten Temanggung, sama seperti kabupaten Wonosobo, memiliki banyak wisata alam yang cukup berlimpah.

Maka dari itu kali ini kita akan memberikan beberapa rekomendasi tempat wisata alam Temanggung yang sayang untuk kalian lewatkan jika berkunjung ke Temanggung. Simak artikel 5 Rekomendasi Wisata Alam Temanggung Paling Menarik ini.

Baca juga: Tempat Wisata di Solo

5 Rekomendasi Wisata Alam Temanggung

#1. Embung Kledung

Jika kita mencari destinasi wisata alam di Temanggung, salah satu tempat yang sering direkomendasikan adalah Embung Kledung. Embung Kledung ini berlokasi di Jl. Raya Parakan-Wonosobo KM.12, Desa Tlahab, Kecamatan Kledung Parakan, Kabuaten Temanggung, Jawa Tengah. Lokasinya sendiri dapat dengan mudah ditemukan karena berada dekat dengan jalur Magelang-Wonosobo, dekat perbatasan Wonosobo-Temanggung.

wisata alam temanggung

Instagram/skysoultan

Seperti namanya, embung yang berarti waduk atau penampungan air, Embung Kledung merupakan waduk kecil yang awalnya dibuat untuk menjaga stabilitas persediaan air bagi sektor pertanian, dan perkebunan di sekitarnya. Ternyata, setelah selesai dibangun kawasan itu dirasa memiliki potensi keindahan alam yang layak untuk dijadikan sebagai objek wisata. Hal ini tidak mengherankan karena di sekitar Embung Kledung terdapat pemandangan dari Gunung Sindoro yang memanjakan mata, mirip seperti pemandangan Danau Kawaguchi yang berlatarkan Gunung Fuji.

wisata embung kledung temanggung

Instagram/d.papang

Kawasan wisata alam Embung Kledung sendiri dibuka setiap hari selama 24 jam, hal ini karena memang di Embung Kledung juga menyediakan area untuk camping. Disini kalian dapat melakukan beberapa kegiatan seperti menikmati panorama alam, menyaksikan sunrise dan sunset, camping, dan berkunjung ke perkebunan holtikultura.

#2. Wisata Alam Posong

Tak lengkap rasanya berkunjung ke Temanggung tanpa mempir ke Wisata Alam Posong. Posong merupakan objek wisata alam yang bisa dibilang cukup representatif yang meliputi ragam spot instagramable, camping area, serta golden sunrise. Dengan luas sekitar 1,2 Ha, membuat tempat ini tentunya memilki ragam wahana dan beragam fasilitas yang tentunya akan memanjakan kita saat berkunjung.

wisa alam posong

Instagram/jatengscenery

Salah satu kegiatan yang patut kalian coba di Wisata Alam Posong ini adalah menikmati sunrise dengan pemandangan yang cukup ciamik. Terletak di bawah kaki gunung Sindoro membuat pemandangan di sekitarnya akan nampak asri dan sangat sejuk. Selain itu, tampak pula 7 puncak gunung yang berada di sekitar spot wisata Sunrise Posong Kledung. Diantaranya, puncak Gunung Merapi, Merbabu, Ungaran, Muria, Telomoyo, Sindoro dan Sumbing.

posong temanggung

Instagram/its.me_iffa

Wisata Alam Posong Temanggung sendiri memiliki lokasi dan alamat di Desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

#3. Gunung Kendil

Destinasi selanjutnya adalah Gunung Kendil. Gunung Kendil ini sangat cocok bagi kalian yang suka melakukan trekking ringan maupun bagi kalian yang tidak pernah naik gunung namun ingin merasakan sensasi dan pemandangan yang cukup memanjakan mata. Hal ini karena jalur pendakiannya sangat mudah dan tidak curam serta tidak tinggi. Jika kalian pernah berkunjung ke Bukit Sikunir maka jalur ini bisa dibilang mirip karena tidak terlalu tinggi.

gunung kendil temanggung

Instagram/ekoaguslaksito

Lokasi dan alamat Gunung Kendil berada di Desa Sibajag, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah.

#4. Pendakian Gunung Sindoro dan Sumbing

Terletak diantara kedua gunung Sindoro dan Sumbing tentu membuat Temanggung memiliki beberapa jalur pendakian atau basecamp yang dapat dilalui untuk mendaki kedua gunung tersebut. Jalur-jalur pendakian yang tersedia pun bisa dibilang cukup aman dan nyaman untuk dilalui karena sudah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat.

pendakian gunung sindoro

Instagram/kipliruli

Basecamp gunung Sindoro sendiri terletak di Kledung dan Bansari. Nama pertama merupakan jalur paling populer yang dapat kalian lalui untuk mendaki gunung Sindoro. Lokasinya pun sangat mudah untuk ditemukan karena berada persis di pinggir jalan besar Magelang – Wonosobo.

wisata gunung sumbing

Instagram/ignatiaarina

Kemudian untuk basecamp gunung Sumbing di Temanggung adalah via Pagergunung dan Banaran. Walaupun kedua jalur tersebut tidak sekondang jalur Garung, namun bisa dijadikan alternatif apabila kalian ingin merasakan jalur pendakian yang baru.

#5. Kledung Pass Rest Area

Lelah mengunjungi berbagai wisata alam di Temanggung? Kalian bisa mampir di Kledung Pass Rest Area. Kledung Pass adalah objek wisata alam di Temanggung yang awalnya merupakan perkebunan teh dan tembakau yang beralih fungsi menjadi lokasi wisata alam yang menyajikan pemandangan alam yang indah.

kledung pass temanggung

Instagram/identitastemanggung

Karena lokasinya berada dalam satu kawasan dengan rest area Kledung, fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Selain itu disini juga terdapat beberapa kafe yang cukup nyaman sebagai tempat nongkrong sembari menikmati kopi dan pemandangan alam. Kalian juga dapat berbelanja berbagai oleh-oleh sebelum pulang ke kota asal karena banyak toko oleh-oleh di sekitar rest area ini.

wisata kledung pass

Instagram/aista.motred__

Lokasi Kledung Pass Rest Area ini cukup mudah untuk ditemukan karena berada di jalur utama Magelang – Wonosobo. Lengkapnya berada di Jl. Raya Kledung Km. 18 Kec. Kledung Kab. Temanggung.

Sekian rekomendasi 5 Wisata Alam di Temanggung Terbaik yang bisa kalian jadikan referensi sebelum berkunjung ke kabupaten Temanggung. Jika kalian berkunjung bersama turis mancanegara dan mengalami malasah tekait imigrasi, bisa datang ke kantor Imigrasi Wonosobo

Add Comment