Pijat Tradisional

Pijat merupakan suatu kegiatan terapi agar tubuh terasa bugar. Kegiatan memijat yaitu dengan menekan permukaan kulit menggunakan tangan yang sebelumnya telah diolesi minyak untuk mempermudah proses pemijatan.

Pemijatan dilakukan sebagian orang yang merasa kelelahan akibat segudang aktivitas kesehariannya yang membuat otot-ototnya lebih tegang hingga butuh di lemaskan dengan pijatan atau urut.

Banyak manfaat lainnya dari melakukan pijatan massage di tubuh. Pijat dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh serta meningkatkan sistem imun, sehingga kesehatan seseorang juga ikut meningkat.

Manfaat Pijat Tradisional

Berikut ini ulasan tentang manfaat kesehatan pijat massage tradisional:

1. Memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh

Pijat adalah suatu metode efektif sekaligus menyenangkan untuk meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Dengan pemijatan, darah bisa lebih optimal beredar ke seluruh jaringan dan organ, dan proses ini berfungsi untuk mengeluarkan racun dari tubuh.

2. Melemaskan otot yang tegang

Berbagai jenis kegiatan berat bisa membuat otot dan urat-urat menjadi tegang. Jika masalah ini Anda alami, cobalah untuk lebih santai sejenak di tempat pijat refleksi, atau dengan mencari orang yang mampu melakukan pijat urut dengan tujuan melemaskan otot-otot Anda yang tegang akibat kontraksi yang begitu keras.

Jika Anda seorang atlet, pijatan tentu lebih penting lagi. Penggemar fitness dan gym juga wajib untuk melakukan pijat, setidaknya sekali tiap dua hari latihan.

Sebab jika Anda biarkan otot akan terasa nyeri setiap usai latihan. Hal ini tentu saja mengganggu aktivitas lain yang Anda jalani.

3. Meremajakan kulit

Selain mampu menjadikan tubuh kembali bugar, pijat juga tepat untuk mengubah kulit Anda menjadi sehat dan kencang. Sebab pijat atau urut biasanya menggunakan minyak esensial yang khasiatnya untuk meremajakan kulit dan menjadikannya lebih halus.

4. Mencerahkan kulit

Pemijatan dengan rutin dikala tubuh lelah dapat meningkatkan fungsi kelenjar keringat pada jaringan kulit. Kegiatan pijat ini mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan memaksimalkan peredaran darah dalam tubuh sehingga dapat membuat kulit Anda tampak lebih cerah.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Orang yang tubuhnya sering diberi pijatan massage tradisional akan lebih sehat dan kebal terhadap penyakit, sebagaimana manfaat ikan salmon. Sebab pijat membuat racun yang mengendap dalam tubuh keluar dan mengalirkan darah ke sistem limfatik sehingga antibodinya lebih kuat.

6. Menambah kualitas tidur

Jika Anda telah merelaksasikan tubuh dengan spa atau pijat pastinya ketika tidur pikiran jadi lebih tenang. Jika Anda bermasalah sulit tidur malam atau insomnia cobalah atasi dengan pemijatan, dijamin hal yang menghambat tidur Anda ini akan selesai.

Metode Pijat Tradisional

pijat tradisional indonesia

Ada beberapa metode pijatan tradisional yang dapat anda pelajari sendiri:

  1. Gunakan teknik pijat yang sederhana saja serta menyenangkan. Pemijatan hendaknya menggunakan telapak tangan dan terarah. Mulai dari arah belakang ke arah depan lalu memutar dengan arah yang benar.
  2. Mulai dengan memijat punggung bagian bawah lalu atas kemudian ke arah bahu, selalu ulangi beberapa kali.
  3. Selanjutnya pemijatan dilakukan di bagian kaki dan paha. Ulangi gerakan step pertama di atas. Bagian ini adalah salah satu yang membutuhkan ekstra perhatian lebih karena merupakan bagian yang paling tegang dari tubuh manusia.
  4. Sebelum mengakhiri pemijatan, lakukan pengurutan atau pengusapan menggunakan minyak esensial / aromatherapy secara menyeluruh untuk memberikan kenyamanan setelah pemiijatan.
  5. Akhiri pijatan dengan massage wajah dengan lembut dan menyeluruh hingga membuat tubuh lebih rileks dan wajah menjadi lembut dan segar.

Tips Memijat Tradisional yang Baik

Mintalah orang yang dipijat untuk bangun perlahan-lahan. Setelah dipijat, tubuh biasanya lupa seberapa rileksnya tubuh, sehingga mungkin akan kehilangan keseimbangan bahkan jatuh ke lantai.

Semua orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap tekanan pijat. Pastikan untuk meminta pendapatnya saat menekan tubuh lebih keras dan saat diperlukan.

Salah satu tanda Anda telah menekan terlalu dalam adalah jika otot yang ditekan mengalami kontraksi. Jika orang yang Anda pijat menegaskan bahwa gerakan itu terasa sakit, mintalah ia untuk rileks agar menghindari cedera pada otot. Jangan pernah menekan tubuh dengan cara paksa.

Gunakan tekanan yang lebih lembut saat mendekati kepala. Tambah tekanannya saat bergerak ke arah bawah.

Cobalah untuk meletakkan salah satu tangan Anda di tubuh orang yang dipijat untuk memberikan kesan pemijatan yang terus-menerus dan mengalir. Gerakkan tangan Anda dengan lancar tanpa ada jeda dan mulai kembali.

Gunakan tekanan ringan saja hingga sedang jika Anda belum pernah latihan memijat sebelumnya. Jika Anda menyukai aktivitas ini dan ingin mempelajarinya lebih serius, carilah kursus pelatihan pijat di sekitar tempat Anda.

Bahkan jika Anda tidak merasa perlu menjadi terapi pijat berlisensi, banyak kursus pelatihan pijat yang menawarkan pelatihan di akhir pekan untuk mengajarkan teknik dasar memijat yang baik dan aman.

Setelah Anda menyelesaikan pijatan, letakkanlah handuk di punggung dan lengan orang yang dipijat untuk menyerap sebagian besar minyak pijat yang berlebih di permukaan kulitnya. Hal ini supaya minyak tidak akan meninggalkan noda di pakaian.

Jika waktu pemijatan sudah Anda tentukan, siapkanlah jam agar waktunya sesuai.

Demikian manfaat, metode, serta tips melakukan pijat massage tradisional yang dapat Anda terapkan. Bila manfaatnya telah terasa, maka pijatan ini baik sekali untuk dilakukan secara rutin di antara aktivitas Anda.

Add Comment