Perbedaan Private Cloud Storage NextCloud dan OwnCloud

Jika kamu sering menggunakan Google Drive tentu sudah tidak asing dengan istilah cloud storage. Nah, cloud storage seperti Drive itu disebut sebagai public cloud storage yang bisa diakses oleh banyak orang dalam satu waktu (jika diberi akses).

Sayangnya, Google Drive kadang memberikan limit download kepada pengguna jika suatu kondisi terjadi. Hal ini tentu sangat mengesalkan terlebih jika kamu tak tahu cara mengatasi limit download Google Drive tersebut, bukan?

Lalu, bagaimana jika kamu ingin membuat sebuah media penyimpanan awan yang bersifat privat dan bebas melakukan upload download file apapun?  

NextCloud dan OwnCloud adalah penyedia layanan private cloud storage ini. Berikut adalah perbedaan antara kedua layanan tersebut.

Sejarah Singkat

Sebelum lebih jauh membahas perbedaan NextCloud dan OwnCloud, terlebih dahulu kita mengenal sejarah kedua layanan ini. OwnCloud dibuat dan diluncurkan oleh Frank Karlitschek pada tahun 2010.

Akan tetapi, setelah waktu berlalu Frank kemudian merasakan adanya ketidakcocokan dengan investor ownCloud Inc sebagai perusahaan yang menaungi layanan ownCloud dan lalu menghentikannya.

Kemudian pada April 2016, Frank kembali meluncurkan nextCloud. Sebab dibuat oleh orang yang sama kedua layanan memiliki fitur yang hampir sama.

Akan tetapi, nextCloud memiliki ciri khas yakni dibangun secara open source yang membuatnya gratis. Untuk layanan ownCloud sendiri kini dinaungi oleh perusahaan ownCloud GmbH.

Tabel Perbandingan NextCloud dan OwnCloud

Berikut adalah tabel perbedaan antara layanan NextCloud dan OwnCloud

 

Fitur NextCloud OwnCloud
Penyimpanan file Unggah, sinkronisasi, memberi komentar, tag, memindahkan file melalui web Unggah, sinkronisasi, memberi komentar, tag, memindahkan file melalui web
File sharing Berbagi dengan pengguna lain lewat email, situs media sosial dengan perlindungan kata sandi dan tanggal kadaluarsa. 

Pengguna bisa melakukan editing tanpa akun hanya dengan email saja.

Berbagi dengan pengguna lain lewat email, situs media sosial dengan perlindungan kata sandi dan tanggal kadaluarsa. 
Integrasi Online LibreOffice Ya Ya
Penampil PDF Ya, built-in  Ya
Galeri foto Ya Ya
Editing file tanpa login Ya Tidak
Pelacakan aktivitas Ya, built-in Ya, aplikasi tersendiri tersedia
Dukungan file besar Ya Ya
Batasan penyimpanan Ya Ya
Kontrol akses file Ya Hanya ada di edisi berbayar (Entreprise)
Penguncian file Ya Ya
Otentikasi Dua Faktor Ya Ya
Perlindungan dari Brute Force Ya,  Ya, tersedia di aplikasi tersendiri
Grup pengguna Ya Ya
Integrasi penyimpanan eksternal Ya Ya
Dukungan Scalability/Entreprise Ya, open source Ya, tidak open source dan berbayar (Entreprise)

 

Nah, apakah kamu tertarik untuk membuat penyimpanan awan milikmu sendiri? Kedua layanan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan atau perusahaan tempat kamu bekerja.

 

Semoga membantu dan bermanfaat.

 

Add Comment