Perbedaan Kucing Persia dan Anggora

Dari sekian banyak jenis kucing, Anggora dan Persia adalah yang paling banyak dipelihara. Hal ini karena kucing Persia dan Anggora adalah jenis kucing yang cantik dan menarik.

Kedua jenis kucing ini punya bulu yang panjang dan bentuk muka yang lucu. Siapapun yang melihatnya pasti terkesan, apalagi para pencinta kucing.

Nah, karena kedua kucing ini sekilas agak mirip, tak jarang kita keliru membedakan antara kucing Persia dan Anggora. Untuk itu, berikut kami sajikan beberapa perbedaan kucing Persia dan Anggora.

1. Daerah Asal

Anggora

Kota Anggora atau yang sekarang dikenal dengan nama Ankara adalah daerah asal kucing Anggora. Kota ini berada di Turki.

Sebelum di bawa ke Eropa sekitar tahun 1600-an, kucing Anggora diyakini hidup di alam liar Afrika.

Persia

Kucing Persia sudah cukup populer di kalangan bangsawan Eropa sejak tahun 1600-an. Kucing ini berasal dari Persia atau yang sekarang dikenal sebagai Republik Islam Iran di Timur Tengah.

2. Bulu

Persia

Ciri khas kucing Persia yaitu bulunya yang padat dan tebal. Bahkan, bulunya tumbuh tebal dan padat secara merata mulai dari wajah hingga ekornya.

Anggora

Berbeda dengan kucing Persia, ciri khas kucing Anggora yaitu bulu di bagian ekornya sangat lebat dan panjang.

Tapi di bagian wajah dan badan, bulu kucing Anggora tidak sepanjang bulu kucing Persia.

3. Bentuk Wajah

Anggora

Wajah kucing Anggora terlihat berbentuk segitiga. Hidungnya mancung dengan telinga pajang yang bagian sudutnya terlihat lancip.

Sementara bagian matanya, kucing ini memiliki mata berbentuk almond. Dan yang unik, kucing Anggora bisa memiliki warna mata berbeda.

Persia

Kucing Persia punya bentuk wajah yang lucu dan menggemaskan. Bentuk wajanya datar dengan kepala bulat.

Mata kucing ini cukup besar dan jaraknya agak renggang. Hidungnya sangat pesek dan telingannya dekat dengan kepala.

4. Bentuk Tubuh

Persia

Melansir situs meong.info, kucing Persia memiliki tubuh yang terlihat lebih gemuk daripada Anggora. Bentuk tubunya bulat dan gempal.

Kaki kucing Persia juga lebih pendek tapi terlihat cukup kokoh. Bentuk cakarnya bulat dan ekornya tebal.

Anggora

Sekilas bentuk tubuh kucing Anggora mirip dengan kucing biasa. Kakinya lebih panjang sehingga terlihat lebih ideal.

Anggora juga punya tubuh yang berotot dan langsing. Bentuk tubuh seperti ini ditambah bulu ekor yang panjang membuat Anggora terlihat sangat cantik.

5. Kepribadian

Anggora

Kucing Anggora adalah jenis kucing yang gesit dan aktif. Kucing ini tak segan menyapa siapapun yang ia temui.

Anggora juga sangat suka bermain terutama di tempat-tempat yang tinggi. Ia sangat suka melompat dan cukup bertenaga.

Kucing Anggora tertarik dengan apapun yang dilakukan manusia. Ia pun cukup akur dengan Anjing serta hewan-hewan lainnya.

Kalau Anda punya anak kecil, kucing Anggora cocok dipelihara dan pasti akrab dengan si kecil.

Persia

Berkebalikan dengan Anggora, kucing Persia lebih pasif dan lebih suka menyendiri. Bisa dikata, kucing ini punya sifat introvert.

Namun begitu, kucing Persia juga sengan bermain terutama jika diperlakukan dengan lembut. Meski tidak menutup perhatian lebih, ras kucing Persia juga cukup menikmati perhatian.

Oh iya, perbedaan kucing Persia dan Anggora dari segi kepribadiannya bisa dilihat juga dari tingkat kecerdasannya.

Dibanding Anggora, kucing Persia konon lebih lambat dan tidak mudah dilatih.

6. Kesehatan

Anggora

Kucing Anggora punya dahan tubuh yang lebih baik daripada kucing Persia. Meski demikian, kucing ini rentan terserang masalah genetik yang biasa terjadi pada kucing ras.

Beberapa masalah kesehatan yang sering ditemukan pada kucing Anggora, terutama pada anakan yang masih berumur dua sampai empat minggu, adalah serangan Atkasia serta masalah Neuromuskuler.

Persia

Kucing Persia lebih mudah terserang masalah kesehatan karena daya tahan tubuhnya yang lemah.

Beberapa penyakit yang sering menyerang kucing ini yaitu gangguan pernapasan, batu kandung kemih, dan kelainan hati.

Kucing Persia juga cukup banyak mendapatkan masalah yang berkaitan dengan bentuk wajahnya. Selain itu, kucing ini dikenal cukup sensitif terhadap suhu panas.

7. Makanan

Anggora

Anda yang berniat memelihara kucing Anggora tidak perlu khawatir soal makanannya. Karena, kucing ini biasanya tidak terlalu memilih dalam hal makanan.

Hanya saja yang perlu diperhatikan, makanan kucing Anggora bergantung pada jenis kelaminnya, usianya dan juga keaktifannya.

Persia

Dibandingkan Anggora, kucing Persia memang lebih pemilih dalam hal makanan. Kucing ini sebaiknya diberi makanan yang kaya protein dan serat.

Yang perlu diingat, Persia bukan kucing yang terlalu aktif sehingga Anda tidak perlu memberinya porsi makan yang besar.

Selain itu, bentuk atau struktur makanan juga penting diperhatikan karena kucing Persia akan kesulitan memakan makanan dengan ukuran dan bentuk tertentu disebabkan bentuk wajahnya.

8. Perawatan

Persia

Perbedaan kucing Persia dan Anggora berimbas pula pada cara Anda merawatnya. Untuk kucing Persia, Anda harus telaten menyisir bulunya setiap hari dan memandikannya setiap bulan.

Selain itu, untuk mencegah noda dan kotoran di mata, Anda juga harus rutin memberihkan mata kucing Persia. Noda dan kotoran ini bisanya timbul dari bekas air matanya.

Anggora

Karena bulunya tidak setebal Persia, merawat kucing Anggora cukup dengan menyikat bulunya setiap minggu dan memandikannya setiap bulan.

Tapi karena kucing ini cukup aktif dan enerjik, Anda harus rutin bermain-main dengannya minimal 15 hingga 30 menit tiap hari.

Kesimpulan

Yup, itu dia 8 perbedaan kucing Persia dan Anggora yang perlu diketahui. Dengan mengetahui perbedaan keduanya, diharapkan Anda lebih mudah dalam menentukan strategi perawatan terhadap kedua kucing ini jika tertarik untuk memeliharanya.

Add Comment