Perbedaan Kamera Prosumer dengan Kamera DSLR

Melakukan potret jadi salah satu hal yang menyenangkan dan jadi favorit bagi orang yang membutuhkan. Kemudian, hampir semua orang punya kamera digital baik yakni DSLR, Pocket, Mirrorless, dan lain-lain.

Anda pun bisa mencari tahu apa perbedaan kamera DSLR dan kamera prosumer. Salah satu kamera canggih yang bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang terbaik adalah kamera DSLR.

Jenis yang satu ini termasuk di deretan kamera yang mahal. Kecanggihan dan kelengkapan fitur yang membuat jenis kamera DSLR ini dibanderol harga yang cukup mahal namun anda tetap tak akan rugi.

Anda pun bisa pakai kamera Prosumer yang mirip dengan kamera DSLR dari model bentuk fisik luarnya. Perhatikan setiap detailnya dengan baik ya.

Perbedaan Kamera Prosumer dan DSLR

kamera dslr

kamera dslr

1. Harga

Perbedaan pertama antara kamera DSLR dengan kamera prosumer adalah dalam harga pembelian, kamera prosumer bisa Anda dapatkan dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan DLSR dengan kisaran harga 2-4 jutaan.

Tetapi, adapula beberapa kamera Prosumer yang memang dipatok harga lebih mahal dibandingkan dengan DSLR.

2. Kamera Superzoom

Kamera Prosumer ini juga dikenal dengan kamera model superzoom. Kemudian, lensa yang ada pada kamera Prosumer ini dibekali dengan kemampuan perbesaran hingga 65x perbesaran. Kamera yang satu ini juga sangat cocok untuk Anda yang hobi foto model makro.

3. Kualitas Foto

Kualitas foto juga tak kalah bagus bila dibandingkan dengan kamera DSLR. Untuk perbedaan, kamera Prosumer dan DSLR adalah pergantian lensa. Kamera Prosumer tak bisa diganti lensanya sedangkan DSLR bisa diganti lensa sesuai dengan keinginan.

4. Lensa

Perbedaan kamera DSLR dan kamera prosumer yang paling mencolok dan terlihat adalah yang ada pada kamera Prosumer bisa ditemukan lensa dengan panjang focal length sampai dengan 500 mm bahkan sampai 1000 mm.

Sedangkan, yang ada pada kamera DSLR Anda juga harus mengganti dengan lensa tele yang punya panjang mencapai 200 mm sampai 300 mm kecuali lensa dengan model yang dinamakan super tele.

Kemudian, kelebihan lensa Prosumer pun tak perlu mengganti lensa jika Anda tertarik mengambil foto objek dengan selisih jarak yang jauh. Lalu dengan adanya perbedaan kamera Prosumer dengan kamera DSLR masing-masing kamera punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Apabila anggaran anda untuk membeli kamera sangat sedikit, tapi Anda ingin membeli kamera yang bisa pakai untuk potret secara wide, portrait, dan makro, pilihan kamera model Prosumer jadi pilihan yang tepat bagi Anda, sekaligus anda tak perlu beli lensa tambahan.

5. Body

Menyangkut perbedaan, kamera Prosumer punya bagian badan yang kecil dan otomatis lebih praktis dibawa kemana-mana. Dan Anda pun tak perlu membawa lensa tambahan.

Hal ini karena lensa yang ada pada kamera Prosumer bisa Anda pakai untuk melakukan potret objek jarak jauh.

Bagi Anda yang menyukai hobi foto dan kemudian anda ingin mengabadikan momen tanpa harus membawa bawaan kamera yang bisa dibilang banyak, kamera Prosumer bisa menjadi pilihan yang tepat untuk anda. Kamera DSLR pun bisa Anda pakai untuk saat sedang aktivitas fotografi Anda.

Perlu diketahui jika kamera DSLR yang terkenal juga punya fitur yang lengkap dan bisa Anda pakai untuk melakukan potret dengan hasil foto yang memuaskan.

Meskipun terdapat banyak perbedaan kamera DSLR dan kamera Prosumer namun dua model ini punya beberapa kualitas yang baik dalam sektor yang berbeda.

Add Comment