Perbedaan Gamet dan Zigot

Perbedaan gamet dan zigot dapat dilihat mulai dari definisi, etimologi, ploidy, komposisi kromosom, bahan genetik, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan gamet dan zigot itu berbeda.

Di dalam artikel ini kami akan menjelaskan penjelasan dan pengertian mengenai gamet dan zigot beserta banya perbedaannya yang kami rangkum dari situs pendidikan Yuksinau.id. Dan berikut adalah pemaparannya.

Pengertian Gamet dan Zigot

1. Gamet

Secara etimologi gamet berasal dari bahasa Yunani yaitu gamet yang memiliki arti suami ataupun istri.

Jadi gamet adalah sel yang melebur dengan sel lain saat terjadinya pembuahan (konsepsi) yang terjadi pada organisme yang berproduksi secara seksual.

Jantan atau laki – laki akan menghasilkan gamet yang disebut dengan sperma bentuknya seperti kecebong, sedangkan betina atau wanita akan menghasilkan gamet yang disebut dengan sel telur bentuknya bulat dan besar.

Gamet terbentuk dari meiosis sel kuman dan akan terbentuk selama terjadinya proses reproduksi seksual. Ploidy dari gamet adalah haploid atau n yang hanya memiliki satu set kromosom.

Haploid akan membawa setengah dari bahan genetik yang diperlukan dan digunakan untuk membentuk organismme yang lengkap.

Gamet hanya mengandung satu set kromosom yang berbeda yaitu setengah dari sperma dan setengah dari sel telur.

Komposisi kromosom yang dimiliki gamet adalah memiliki 1 kromosom seks, yaitu x dan y dan memiliki 1 salinan semua autosom.

Gamet jantan berada di dalam tesis, sedangkan gamet betina berada di dalam ovarium. Dengan siklus sel yang tertahan dan gamet akan menghasilkan zigot.

Morfologi dari gamet jantan atau sperma seperti kecebong yang memiliki kepala, bagian tangah, dan ekor dan memiliki kandungan sitoplasma yang sangat sedikit.

Sedangkan morfologi dari gamet betina adalah berbentuk bulat dan berukuran besar.

Kemunculan gamet pada tanaman adalah jika tanaman itu pendek maka gamet jantan berada di antassozoid motil dan gamet betina berada di arkegonium.

Sedangkan jika tanaman itu tinggi maka gamet jantan berada di mikrospora dan gamet betina berada di megaspora. Gamet – gamet pada tanaman tersebut bergerak dengan perantara yaitu air.

2. Zigot

Secara etimologi zigot berasal dari bahasa Yunani yaitu zygotos yang memiliki arti bergabung atau dikenakan kuk atau mengenakan kuk.

Jadi zigot adalah sel diploid yang dihasilkan dari pembuahan antara gamet jantan atau sperma dan gamet betina atau sel telur.

Zigot terbentuk dari perpaduan antara gamet jantan dan gamet betina dan akan tetbentuk setelah adanya penggabungan dari keduanya.

Ploidy dari zigot adalah diploid atau 2n yang memiliki sepasang kromosom. Diploid akan membawa bahan genetik lengkap yang diperlukan dan digunakan untuk membentuk organismme yang lengkap.

Jadi zigot mengandung kromosom yang berpasangan yaitu satu dari sperma dan satu dari sel telur.

Komposisi kromosom yang dimiliki zigot adalah memiliki kromosom seks, yaitu xx dan xy dan memiliki 2 salinan semua autosom.

Zigot hanya dapat ditemukan pada wanita (betina) yaitu di tuba falopi dari sistem reproduksi wanita. Dengan siklus sel yang dapat menjalani pembelahan mitosis yang cepat.

Morfologi dari zigot sama dengan morfologi dari gamet betina yaitu berbentuk bulat dan berukuran besar.

Zigot pada tanaman akan terbentuk di dalam ruang yang disebut dengan arkegonium.

Perbedaan Gamet dan Zigot

Supaya anda lebih jelas lagi mengenai perbedaan antara gamet dan zigot anda dapat menyimak tabel di bawah ini.

PembedaGametZigot
PengertianGamet adalah sel yang melebur dengan sel lain saat terjadinya pembuahan (konsepsi) yang terjadi pada organisme yang berproduksi secara seksual.Jantan akan menghasilkan gamet yang disebut dengan sperma bentuknya seperti kecebong, sedangkan betina akan menghasilkan gamet yang disebut dengan sel telur bentuknya besar.Zigot adalah sel diploid yang dihasilkan dari pembuahan antara gamet jantan atau sperma dan gamet betina atau sel telur.
EtimologiBerasal dari bahasa Yunani yaitu gamet yang memiliki arti suami ataupun istri.Berasal dari bahasa Yunani yaitu zygotos yang memiliki arti bergabung atau dikenakan kuk atau mengenakan kuk.
PloidyHaploid; nDiploid; 2n
Terbentuk dariMeiosis sel kuman.Perpaduan dari gamet.
Waktu TerbentuknyaSelama terjadinya proses reproduksi seksual.Setelah adanya penggabungan dari kedua jenis gamet.
Kromosom (Bahan Genetik)Haploid akan membawa setengah dari bahan genetik yang diperlukan dan digunakan untuk membentuk organismme yang lengkap. Hanya mengandung satu set kromosom yang berbeda yaitu setengah dari sperma dan setengah dari sel telur.Diploid akan membawa bahan genetik lengkap yang diperlukan dan digunakan untuk membentuk organismme yang lengkap. Jadi mengandung kromosom yang berpasangan yaitu satu dari sperma dan satu dari sel telur.
Komposisi Kromosom1.   Memiliki 1 kromosom seks, yaitu x dan y.2.   Memiliki 1 salinan semua autosom.1.   Memiliki kromosom seks, yaitu xx dan xy.2.   Memiliki 2 salinan semua autosom.
DNASetengah dari DNADNA secara penuh.
HasilZigotJanin
Siklus SelTertahanMenjalani pembelahan mitosis yang cepat.
LokasiGamet jantan -> tesis.Gamet betina -> ovarium.Hanya dapat ditemukan pada wanita (betina) yaitu di tuba falopi dari sistem reproduksi wanita.
MorfologiGamet jantan -> seperti kecebong.Gamet betina -> bulat dan besar.Bulat dan besar.
MotilitasGamet jantan -> motil.Gamet betina -> non motil.Non motil.
Kemunculan pada TanamanTanaman pendek :Gamet jantan -> antassozoid motil.Gamet betina -> arkegonium.Tanaman tinggi :Gamet jantan -> mikrospora.Gamet betina -> megaspora.Gamet – gamet pada tanaman tersebut bergerak dengan perantara yaitu air.Zigot akan terbentuk di dalam ruang yang disebut dengan arkegonium.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai perbedaan gamet dan zigot. Semoga dapat bermanfaat. Terima kasih 🙂

Add Comment