Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Kulkasdirumah kamu tidak dingin?  Hal itu bisa membuat seluruh makanan dan minuman kamu dikulkas basi.

Kamu wajib tahu apa saja penyebabnya agar bisa merawat kulkas dengan baik.Sejatinya kulkas berfungsi untuk menjaga bahan makanan serta minuman awet.

Untuk suhu normal kulkas untuk menjaga kualitas benda di dalamnya ialah di bawah 4°C. Namun itu untuk freezer, suhu yang dianjurkan ialah -18°C.

penyebab kulkas tidak dingin

Apabila suhu berada jauh di atas anjuran tersebut, maka bisa dipastikan ada satu hal yang rusak dari kulkasmu.

Kemudian saat bunga es sudah mencair, kamu bisa membuang air yang tertampung pada bagian bawah freezer.

Hal yang perlu dilakukan pengelapan menggunakan lap tekstil dapur bersih supaya air bisa hilang dan tidak menimbulkan pembentukan bunga es kembali dalam waktu dekat.

Terakhir, kamu dapat mencoba menyalakan kembali kulkas kamu dan tunggu beberapa saat agar bisa dingin lagi. Bersihkan bunga-bunga es ini secara rutin.

Berikut adalah penyebab kulkas yang tidak dingin seperti biasa:

  1. Saluran atau instalasi refrigerant ( freon ) buntu

Saluran freon buntu merupakan jenis kerusakan yang paling banyak terjadi pada kulkas satu pintu, tetapi kadang juga terjadi pada lemari es model 2 (dua) pintu.

Penyebabnya bisa karena pelumas atau olie kompresor yang naik ke jalur instalasi atau juga kotoran, karena kulkas tidak di flushing ( vacum ). Sehingga, menyebabkan jalan-nya sirkulasi gas freon tidak lancar.

Dan yang paling sering terjadi, freon Kulkas mampet di bagian pipa kapiler dan filter. Yang mana pada bagian ini memang mempunyai lubang yang sangat kecil, maka apabila jika terdapat kotoran sekecil apa pun masuk ke dalam sistem bisa berakibat mampet.

Cara paling sederhana untuk mengetahui apakah Kulkas tersebut buntu atau tidak, yakni dengan menyentuh atau memegang bagian kanan atau kiri body Kulkas, atau lebih tepatnya di bagian Kondensor dan Filter.

 

  1. Tekanan freon kosong karena terjadi kebocoran

Masih dengan masalah freon, penyebab Kulkas tidak dingin yang kedua yakni, karena terjadi kebocoran sehingga mengakibatkan tidak adanya gas freon di dalam unit Kulkas.

Yang mengakibatkan kebocoran tersebut pun bermacam-macam, bisa karena ada pipa instalasi yang keropos karena termakan usia.

Lebih parahnya, jika hal ini terjadi karena keteledoran pengguna sendiri, biasanya saat membersihkan bunga es dengan bantuan benda tajam ( pisau ), sehingga mengakibatkan Evaporator tertusuk pisau tersebut.

 

  1. Kompresor Ampere-nya naik melebihi batas maksimal

Kompresor adalah komponen utama yang membuat Kulkas bisa dingin, mesin ini pun juga memiliki kekuatan ( Ampere ) tergantung dari ukuran-nya. Jika Ampere ini naik melebihi batas maksimal-nya, berarti menandakan Kompresor tersebut sudah tidak normal.

Batas maksimal Ampere sendiri biasanya akan tertera pada Name Plate. Hal ini untuk memudahkan dan menjadi acuan Teknisi saat melakukan pemeriksaan.

Untuk mengetahuinya juga cukup gampang, biasanya hal ini ditandainya dengan suara mesin Kompresor akan terdengar sangat keras. Hal lainnya yakni, sering mati hidup, atau hanya berdengung.

Apabila TV kamu mempunyai masalah dan juga problem seperti sensor TV yang rusak. Kamu bisa memakai jasa terbaik dari servicesparepart.com yang pastinya bisa menyelesaikan masalah kamu.

 

  1. Terjadi masalah pada jalur kelistrikan Kulkas

Anda pun juga harus memeriksanya pada bagian komponen Overload. Di mana komponen ini letaknya menempel pada mesin Kompresor, dan memiliki fungsi untuk menjaga suhu Kompresor agar tetap pada posisi normal.

Singkatnya, jika terjadi panas berlebih ( over heating ) pada Kompresor, Overload ini akan memutus arus yang menuju ke mesin Kompresor. Sehingga, segala kemungkian yang dapat mengakibatkan Kompresor terbakar atau korsleting dapat di cegah.

 

  1. Terjadi penumpukan bunga es di dalam Evaporator

Supaya masalah ini dapat terjadi pada Kulkas dua pintu, yang mana bunga es menumpuk terlalu banyak pada bagian Evaporator, maka akan menghambat sirkulkasi hawa dingin ke bagian bawah Kulkas.

Hal ini penyebab juga bermacam – macam, bisa dikarena kipas FAN yang tidak berputar dan karena Fuse Panas ( Heater ) tidak berfungsi.

Hal ini memerlukan pemeriksaan yang langsung supaya bisa mengetahui masalah yang lebih detail lagi, tetapi secara garis besar hal ini disebabkan oleh Fuse Panas putus.

Add Comment