Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Flashdisk merupakan tempat penyimpanan data yang penting dalam dunia komputer. Akan jadi hal yang menyebalkan apabila ketika menggunakan flashdisk namun tidak terbaca oleh komputer atau pc kita. Kira-kira apa si penyebabnya? Simak pembahasan berikut ini.

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Port USB atau Konektor Flashdisk Kotor

port usb kotor

Kotoran yang berada port USB di PC atau laptop dan juga konektor flashdisk, dapat menyebabkan flashdisk tidak terbaca. Karena dapat menghalangi arus listrik yang mengalir ke flashdisk ketika dihubungkan. Jadi, sebaiknya anda cek kondisi fisik port usb PC atau laptop dan juga konektor flashdisk anda sebelum menggunakannya.

Driver USB Bermasalah

Bisa juga disebabkan karena driver USB yang bermasalah. Contohnya saja saat USB sudah terhubung tapi belum terbaca oleh PC atau laptop. Kamu bisa mengecek driver USB melalui Device Manager dengan memilih opsi Universal Serial Bus controllers di dalamnya.

Virus dan Malware

terdapat virus

Tidak hanya dari masalah fisik saja, rusaknya flashdisk yang kamu miliki bisa juga disebabkan karena serangan virus dan malware.

Hal ini pula bisa disebabkan oleh penggunaan flashdisk yang sering disambungkan ke sembarang PC atau laptop secara bergantian.

Perangkat Flashdisk Palsu

Ini mungkin penyebab yang paling menyebalkan. Bisa jadi permasalahan flashdisk tidak terbaca adalah karena kamu menggunakan perangkat flashdisk palsu.

Jadi kamu harus hati-hati kalau membeli flashdisk. Jangan tertipu dengan merek terkenal dan harga yang murah. Kalau perlu langsung cek setelah beli.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab flashdisk tidak terbaca. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Cek juga informasi menarik seputar teknologi di teknikece.

Add Comment