Pengertian Bid’ah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bid’ah merupakan kalimat yang biasa digunakan oleh sekelompok muslim tertentu untuk men-justice kelompok muslim lainnya sebagai kelompok sesat dan melenceng dari ajaran yang benar sesuai syariat yang dibawa oleh baginda Rasulullah SAW.

Segala perbuatan yang yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah saw. tergolong perbuatan sesat dan haram dilakukan, karena hal itu termasuk bid’ah dan segala yang bid’ah itu sesat dan segala kesesatan itu tempat yang pantas hanyalah neraka.

Jadi para pelaku bid’ah adalah manusia ahli neraka! Seperti itulah sebagian kelompok muslim menuduh muslim lain yang tidak sefaham, hingga akhirnya kalimat bid’ah menjadi pembahasan serius oleh sebagian besar umat Islam.

Lantas apa sih yang dimaksud dengan perbuatan bid’ah itu sendiri? Benarkah setiap perbuatan yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah saw. disebut bid’ah? Dan apakah benar perbuatan bid’ah itu haram dilakukan oleh umat Islam? Nah untuk menjawab beberapa pertanyaan yang sering muncul tersebut, mari kita simak keterangan dibawah ini;

Pengertian Bid’ah

Para ulama kuffah, yaitu ulama golongan ahli bahasa yang paling fasikh dalam memahami bahasa al-Qur’an sepakat bahwa kata bid’ah merupakan kalimat isim muttasharrif  yang merupakan pecahan (musytaq) dari isim mashdar.

Kata ini berasal dari kata fi’il madhi (bada’a) yang mana masuk pada urutanke tiga dalam tashrif fi’li, yaitu ‘ain fi’il pada fi’il madhi dan ‘ain fi’il mada fi’il mudhore-nya sama-sama dibaca fathah. Secara etimologi, bid’ah bermakna “yang pertama” atau “yang mengawali”.

Dengan demikian, maka makna bid’ah secara bahasa ialah “segala sesuatu yang menunjukan arti yang pertama atau yang mengawali disebut bid’ah. Jadi bila merujuk pada pengertian bid’ah secara etimologi, mak abid;ah bukan bermakna sesuatu yang baru.

Sedangkan bila dilihat dari segi makna menurut terminology atau secara istilah sangat beragam maknanya. Pengertian ini berdasarkan pendapat para ulama ahli bahasa dan ahli tafsir yang mu’tabarah serta telah diakui keshahihan ilmunya oleh jumhur ulama sedunia.

Pertama, pengertian bid’ah yang dikemukakan oleh Syaikh al-Imam al-Hafidz Abu Zakaria Yahya Bin Syaraf al-Nawawi, menurut beliau bid’ah adalah melakukan atau melaksanakan sesuatu yang belum pernah dilakukan di zaman Rasulullah saw.

Kedua, menurut Syaikh al-Imam al-Hafidz ‘Izzudin Bin Abdussalam, beliau mengemukakan bahwa bid’ah adalah mengerjakan sesuatu yang tidak pernah dikenal (terjadi) pada masa Rasulullah saw.

Ketiga, makna bid’ah dengan kandungan makna yang sama dikemukakan oleh al-Imam Badruddin Mahmud Bin Ahmad al-Aini, beliau mengatakan bahwa bid’ah pada mulanya adalah mengerjakan sesuatu yang belum pernah ada di zaman Rasulullah saw.

Keempat, Syaikh Ibnu Hajar al-‘Asqolaniy, dalam kitab Fathul Barri syarah shoshih Bukhari, beliau mengemukakan, menurut beliau bid’ah adalah sesuatu yang dikerjakan tanpa mengikuti contoh sebelumnya.

Kelima, al-Imam Muhammad Bin Ismail al-Sha’ani dalam kitab Subulus Salam syarah Bulughul Maram, beliau mengatakan bahwa bid’ah menurut bahasa adalah sesuatu yang dikerjakan tanpa mengikuti contoh sebelumnya.

Nah melalui pengertian dari beberapa ulama diatas (ulama diatas ialah ulama yang selama in menjadi rujukan oleh golongan Nahdlatul Ulama) mengenai bid’ah, maka bid’ah adalah segala perbuatan yang dilakukan tanpa ada contoh sebelumnya dari Rasulullah saw.

Dikarenakan orientasi bid’ah berkaitan dengan masalah ibadah (ubudiyah), maka definisi bid’ah yang lebih luas dari keterangan para ulama diatas adalah “segala perbuatan yang bersifat ibadah yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah saw. pada zaman beliau masih hidup, tetapi kemudian dilakukan oleh umatnya setelah beliau wafat.”

Nah itulah beberapa pengertian bid’ah yang dapat kami sampaikan. Kiranya bila terdapat kesalahan, baik dalam kesalahan penulisan atau kesalahan dalam memberikan keterangan, kami dengan lapang dada menerima kritik dan saran yang dapat memperbaiki dan membawa hal positif bagi kami.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Add Comment