Peluang Usaha di Era Pandemi

Seperti yang sudah kita ketahui, krisis ekonomi dikarenakan pandemi corona telah menghancurkan semua perekonomian dan juga usaha yang telah dirintis sejak dni. Tapi, dibalik dari ganasnya virus ini, masih ada sebagian besar pembisnis yang melihat peluang kecil untuk dikembangkan menjadi besar.

Berbagai inovasi pun selalu dilakukan sehingga usaha yang sedang ditekuni bisa tetap berpetualang dan juga bertahan ditengah pandemi seperti saat ini. Fajar Muharam seorang pengusaha muda yang saat ini telah sukses bertahan dan berkembang untuk menjalankan semua bisnis yang sedang ia tekuni.

Ingin seperti doi? Berikut ada beberapa ide usaha ditengah krisis virus corona yang bisa kamu garap, informasi lengkapnya silahkan simak artikel di bawah ini sampai selesai.

1. Kopi Literan

Ketika semua orang diam di rumah aja, tingkat konsumsi kuliner rumahan pun makin meningkat. Tentu saja hal ini sangat dimanfaatkan bagi para pengusaha coffee shop untuk menyajikan produk (minuman, coffee & lain sebagainya) untuk dinikmati di rumah bersama keluarga.

Pengusaha kopi lokal seperti kopi seecul, kopi mokodo, kopi kamana, kopi kindly, buttler bar & bistro dan masih banyak kedai kopi lainnya yang mengeluarkan varian minuman dan kopi seliter untuk para konsumen yang ingin menikmati kopi di rumah aja.

Peluang usaha seperti ini memang sangat menjanjikan, karena ada beberapa teman saya yang membuka usaha seperti ini laku keras.

2. Travelogistic

Perusahaan travel pun ikut merosot dikarenakan adanya kebijakan soal PSBB. Maka perusahaan-perusahaan besar seperti Daytrans, Cititrans, dan Big Bird harus melakukan inovasi supaya melindungi usahanya agar tidak gulung tikar seperti perusahaan lainnya.

Kini perusahaan travel beralih fungsi, yang biasanya mengantar penumpang ke tempat tujuan, menjadi mengantar barang atau paket.

Same-day delivery, layanan kirim paket, dan jemput paket menjadi salah satu bidang yang diunggulkan ketika berada di masa pandemi seperti ini.

Jadi, usaha travelogistic kini menjadi salah satu strategi jitu yang mereka ciptakan untuk bertahan di era pandemi seperti sekarang.

3. Usaha Produk Kesehatan

Baik ketika era normal ataupun ketika krisis seperti saat ini, semua masyarakat akan selalu tetap membutuhkan yang namanya produk dan jasa kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang sangat vital untuk tetap bertahan hidup.

Oleh karena itu, semua tenaga kesehatan seperti perawat, dokter, apoteker dan seluruh karyawan kesehatan berada di posisi terdepan untuk menyelamatkan kesehatan rakyat.

Terlebih ketika berada di era krisis yang diakibatkan oleh COVID-19 yang terjadi di berbagai penjuru dunia. Adanya pandemi seperti ini menjadi alasan bahwa bisnis kesehatan adalah salah satu usaha yang dapat bertahan ketika berada di era krisis.

Walaupun harga komoditas semakin melonjak, tapi hal tersebut tidak akan menjadi permasalahan besar sampai membuat usaha di bidang kesehatan gulung tikar.

Kamu hanya perlu mengatur keuangan dengan cermat, terutama mengatur modal usaha supaya bisa mengambil peluang bisnis yang ada. Apakah itu saja cukup? Tentu saja tidak, kamu pun harus mencari-cari celah yang pas untuk membuat bisnis yang kamu jalani bertahan di era krisis karena pandemi COVID-19.

4. Bisnis Digital

Selain peluang usaha di atas, bisnis digital pun menjadi salah satu bidang bisnis yang dinyatakan bisa bertahan ketika sedang berada di masa pandemi seperti sekarang.

Tidak bisa kita pungkiri bahwa kini perkembangan teknologi membawa cahaya bagi masyarakat dan mampu mensupport dan mengembangkan bagian-bagian bisnis lainnya.

Oleh karena itu, di era seperti saat ini kamu bisa memanfaatkan dunia digital untuk mempertahankan usaha yang sedang kamu tekuni. Misal salah satu contohnya memasarkan produk apapun itu melalui sosial media, website, youtube dan masih banyak platform digital lainnya.

Add Comment