Memaknai Peran Pemuda dalam Mengisi Kemerdekaan Saat Ini

Saat menilik kembali sejarah Indonesia, pasti Anda akan menemukan peran pemuda yang sangat penting bagi kemerdekaan Indonesia.
Ya, para pemuda tak hanya berperang melawan penjajah melalui peperangan saja, namun juga melalui jalur perundingan.

Mereka tidak hanya memanfaatkan kekuatan otot, namun juga menggunakan kecerdasan mereka untuk mengusir para penjajah dari ibu pertiwi dan memerdekakan Indonesia. Pemuda memiliki peranan yang sangat penting bagi Indonesia.

Sebagai pemuda Indonesia saat ini, alangkah baiknya kita berkonstribusi untuk Indonesia dengan cara yang berbeda. Namun, sebelum membahasa beberapa konstribusi yang bisa dilakukan, pentingnya untuk membahas arti pemuda dan pentingnya proklamasi bagi bangsa Indonesia.

Arti Pemuda Menurut Para Ahli

1. Taufik Abdullah (1974)
Pemuda ialah generasi baru di dalam sebuah komunitas masyarakat untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

2. Koentjaraningrat (199&0
Masa muda/kepemudaan/pemuda merupakan suatu fase yang berada di dalam siklus kehidupan manusia, pada fase tersebut bisa kearah perubahan atau perkembangan.

3. Mulyana (2011)
Pemuda adalah seorang individu yang mempunyai karakter dinamis, yang artinya mempunyai karakter yang bergejolak, optimis serta belum mampu untuk mengendalikan emosi yang stabil.

4. RUU Kepemudaan
Pemuda ialah mereka yang berusia 18 sampai 35 tahun.

Arti Penting Proklamasi Bagi Bangsa Indonesia

Pemuda memiliki peranan yang sangat penting dalam kemerdekaan Indonesia. Bahkan, tanpa adanya pemuda mungkin sampai saat ini Indonesia belum bisa mencapai kemerdekaannya.
Proklamasi yang dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945 ini memiliki makna yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Berikut arti penting proklamasi bagi Indonesia.

  1. Proklamasi sebagai bukti lahirnya NKRI.
  2. Proklamasi adalah bentuk pernyataan secara De Facto bahwa Indoesia telah bebas dari kungkungan penjajah.
  3. Proklamasi menaikkan harkat dan martabat Indonesia.
  4. Proklamasi sebagai tonggak sejarah Indonesia.
  5. Proklamasi sebagai bentuk kedaulatan Indonesia.
  6. Proklamasi adalah alat untuk bisa mencapai tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia.
  7. Proklamasi adalah jembatan emas untuk bisa mencapai masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera.

Sebenarnya, masih ada banyak makna penting proklamasi bagi kemerdekaan. Tentunya, hal tersebut sebagai puncak perjuangan bangsa Indonesia karena telah melawan penjajah selama ratusan tahun lamanya.

Kontribusi Pemuda untuk Mewujudkan Mimpi Indonesia

Meski kita sudah tidak hidup di zaman penjajahan, namun masih ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk berkonstribusi dalam mewujudkan mimpi Indonesia. Seperti yang dilansir pada Dakwahdaily.com, berikut adalah kontribusi yang bisa dilakukan oleh para pemuda untuk Indonesia.

1. Mendukung Produk Lokal Indonesia

Mulai sekarang alangkah baiknya untuk menggunakan produk lokal dalam negeri. Para pengusaha yang memproduksi produk lokal tersebut memiliki peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Dengan menggunakan produk lokal tentu akan membuat perekonomian Indonesia menjadi lebih baik.

2. Meningkatkan Literasi

Tingkat literasi Indonesia saat ini masih terbilang cukup rendah. Padahal dengan membaca, Anda bisa menambah wawasan serta merangsang kemampuan verbal akan menjadi lebih kreatif.

3. Terbuka dengan Hal Baru

Semakin berkembangnya zaman, dunia mengalami banyak sekali perubahan. Untuk bisa survive dalam keadaan ini tentunya harus terbuka dengan hal baru dan mau belajar.

4. Menggunakan Internet dan Media Sosial dengan Bijak

Arus informasi yang ada di media sosial memang sangat cepat menyebar. Tak hanya itu, internet juga membantu siapa saja untuk mengakses konten apapun dengan mudah.
Sebagai generasi muda Indonesia, alangkah baiknya untuk memanfaatkan internet dan media sosial dengan bijak.

Meski sudah lama merdeka, namun sampai saat ini Indonesia masih memiliki semangat proklamasi. Sebagai pemuda, alangkah baiknya untuk tetap menjaga semangat tersebut demi menjaga kemerdekaan dan meraih cita-cita bangsa.

Add Comment