Keutamaan Membaca Alquran dengan Tartil

Informasi tentang keutamaan membaca Alquran dengan tartil termasuk salah satu jenis ilmu yang wajib diketahui oleh semua umat muslim. Sebab, dengan begitu mereka bisa lebih memahami bagaimana pentingnya membaca Alquran dengan cara yang tepat dan lancar.

Ketika seseorang membaca Alquran tanpa memperhatikan aturan dan caranya yang tepat, maka hal ini bisa mengubah arti dan makna dari ayat yang sedang dibacanya tersebut. Maka dari itu, pastikan untuk selalu mempelajari ilmu tajwid agar bisa membaca Alquran dengan tartil dan tepat.

5 Keutamaan Membaca Alquran dengan Tartil

Membaca Alquran dengan tartil termasuk salah satu jenis amalan dalam agama Islam yang memiliki ganjaran pahala sangat berlimpah. Maka dari itu, salah satu jenis amalan ini sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap umat muslim di sela-sela kesibukannya.

Namun, ketika membaca Alquran seperti ini, seseorang tidak boleh mengabaikan tata cara yang tepat di dalamnya. Sebab, akan ada beberapa keutamaan tersendiri dalam membaca Alquran dengan tartil, yang antara lain:

  • Lebih Memahami Makna Alquran

Imam An-Nawawi pernah mengatakan bahwa tartil dianjurkan untuk dikakukan dengan tujuan agar seseorang dapat lebih menghayati makna yang ada dalam Alquran tersebut. Sebab, pengertian dari tartil itu sendiri adalah membaca Alquran secara perlahan, tidak tergesa-gesa, dan sesuai ilmu tajwid.

Dengan begitu, tidak akan terjadi kesalahan arti jika seseorang membaca Alquran dengan tata cara seperti ini. Namun, akan berbeda jika seseorang mengabaikan tata cara yang tepat ini ketika sedang membaca Alquran di kesehariannya.

Maka, arti dan makna dari Alquran tidak bisa tersampaikan dengan tepat ke dalam diri seseorang yang membacanya. Apalagi, Alquran ditulis dengan menggunakan bahasa Arab, yang berarti orang awam tidak akan tahu letak kesalahannya jika tidak memahami tajwid dengan baik dan benar.

  • Lebih Mendekatkan dan Memuliakan Alquran

Alquran adalah kitab suci yang paling dimuliakan dari semua jenis kitab yang ada di dunia ini. Maka dari itu, ada tata cara tersendiri yang harus diikuti oleh setiap umat muslim ketika hendak membaca kitab suci ini.

Ketika seseorang membaca Alquran dengan tata cara yang tepat atau tartil, hal ini dapat memberikan kesempatan kepadanya untuk lebih mendekatkan dan memuliakan Alquran. Tentunya, dengan begitu makna yang tersirat dari kitab suci Alquran dapat tersampaikan secara lebih nyata ke dalam dirinya.

  • Menanamkan Rasa Yakin dalam Diri Seseorang

Keutamaan membaca Alquran dengan tartil yang ketiga adalah untuk menanamkan rasa yakin ke dalam diri seseorang. Sebab, ketika seseorang mampu membaca Alquran dengan tartil, hal ini dapat mendorong hatinya untuk lebih memuliakan Alquran dengan cara yang tepat.

Dengan begitu, keyakinan dan keagungan Alquran bisa lebih tertanam di hati seseorang, karena mereka sudah bisa memahami kandungan beberapa surat yang ada dalam Alquran. Apalagi, setiap surat dalam Alquran tentunya akan memiliki makna dan kandungan yang berbeda satu sama lain.

  • Mendatangkan Kebaikan dan Ditemani Malaikat

Pada dasarnya, tidak akan ada suatu ibadah yang tidak bisa mendatangkan kebaikan kepada pelakunya. Dalam hal ini, membaca Alquran dengan tartil atau tata cara yang tepat juga bisa mendatangkan kebaikan kepada setiap umat muslim yang melakukannya.

Selain itu, ketika seseorang bisa membaca Alquran dengan tartil, mereka juga akan diberi ganjaran yang sangat menguntungkan, yaitu dapat ditemani malaikat kemanapun mereka berada. Dalam hal ini, kehidupannya dapat lebih terjaga dengan baik.

  • Diangkat Derajatnya

Derajat seseorang yang mampu membaca Alquran dengan tartil, akan diangkat oleh Allah SWT. Sebab, derajat seseorang di mata Allah SWT akan dibedakan menurut seberapa banyak amal ibadah dan kebaikan yang telah berhasil dilakukannya.

Dalam hal ini, ketika seseorang sering membaca Alquran dengan tartil, maka Allah SWT akan mengangkat derajatnya. Pasalnya, membaca Alquran dengan tata cara yang tepat merupakan ibadah yang paling agung, dan sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap umat muslim di dunia ini.

Ketika membaca Alquran, seseorang tidak boleh mengabaikan tata cara yang ada di dalamnya. Dengan begitu, keutamaan membaca Alquran dengan tartil yang ada di atas, bisa didapatkan oleh setiap umat muslim yang melakukannya.

Untuk belajar membaca Alquran dengan tartil, bisa jadi membutuhkan bantuan guru mengaji yang membimbing dan mengajarkan dengan baik dan benar. Sekarang ini kita lebih mudah mendapatkan informasi guru mengaji online, karena sudah banyak platform guru mengaji online yang bisa Anda coba.

Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Add Comment