Kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold 3

Samsung Galaxy Fold pertama kali muncul pada tahun 2019, HP ini menjadi salah satu HP ponsel lipat pertama. Seiring dengan berkembangnya Samsung, sampai sekarang mereka sudah merilis seri Galaxy Z Fold. Yang terbaru adalah Samsung Galaxy Fold 3.

HP layar lebar ini resmi hadir di Indonesia pada bulan Agustus 2021 dengan dibandrol harga yang cukup fantastis. Namun harga ini sebanding dengan fitur-fitur dan keunggulan yang dimilikinya. Apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold 3 ini? Berikut ulasannya.

Kelebihan Galaxy Z Fold 3

1. Dua Layar Super AMOLED

Berbeda dengan seri sebelumnya yang hanya menyuguhkan refresh rate 120Hz dan panel AMOLED di layar utamanya. HP Samsung Galaxy Z Fold 3 ini juga menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x di bagian covernya dengan ukuran 6,2 inchi. Untuk resolusinya, layar primer menggunakan 1768 x 2208 piksel, sedangan cover menggunakan 832 x 2268 piksel.

2. Uder-Display Selfie Camera

Galaxy Z Fold 3 dibekali dengan desain kamera yang jarang dimiliki oleh kebanyakan HP sekarang, yaitu Under Display Hidden Camera. HP ini memiliki sensor kamera depan yang tertanam di dalam layar sehingga tidak akan ada lagi penampakan punch hole atau tompel di layarnya.

3. Performa Menakjubkan

HP Samsung Galaxy Z Fold 3 dibekali dengan chipset flagship unggulan yaitu Snapdragon 888. HP ini memmiliki daya saing yang tinggi dalam hal kinerja multitasking maupun gaming. Chipset HP ini menggunakan arsitektur 8 inti yang bisa membuat kinerja ini semakin maksimal untuk multitasking.

4. Support S Pen

Sebagai HP dengan layar yang lebar, tentunya akan sangat menarik dipakai untuk menggambar. Nah, kabar baiknya adalah S Pen bisa Anda gunakan pada Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Tab Series. Dengan andanya S Pen ini Anda semakin mudah dalam menggambar dan mendesain.

5. Bodi Kokoh dan Sertifikasi IPX8

Kelebihan Galaxy Z Fold 3 yang lain adalah bodi kokoh dengan PET screen protector yang membuatnya lebih tahan dari goresan akibat S Pen maupun goresan dari kuku jari. Selain itu, HP ini juga sudah dibekali Corning Gorilla Glass Victus dan menghadirkan sertifikasi IPX8 yang membuat hP  ini tahan air sampai 1,5 meter selama 30 menit.

Kekurangan Galaxy Z Fold 3

1. Bodi Besar dan Berat

Hp Samsung Galaxy Z Fold 3 memiliki bodi yang lebar besar dan lebih berat dibanding Smartphone pada umumnya. HP ini memiliki berat 271 gram dengan ketebalan mencapai 6,4 mm saat tidak dilipat dan 14,4 sampai 16 mm ketika dilipat.

2. Kamera Belakang Tidak Meningkat

Kamera belakang Galaxy Z Fold 3 memang tidak jelek, namun masih sama seperti generasi sebelumnya yaitu tripe kamera 12MP. Seharusnya Galaxy Z Fold 3 dibekali dengan kamera yang lebih baik dan lebih unggul dibanding generasi sebelumnya.

3. Charger Dijual Terpisah

Kekurangan lain dari Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah charger nya yang dijual secara terpisah sama seperti S Pen. Jadi jika Anda ingin menggunakan HP ini dengan lebih maksimal, Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak. 

4. Harga Sangat Mahal

Kekurangan paling menonjol dari HP ini adalah harganya yang terlampau mahal. HP ini dibandrol dengan harga sekitar Rp24 jutaan yang mana memiliki selisih hampir 10 juta dengan Galaxy Z Flip 3 yang dirilis bersamaan.

Demikian penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy Z Fold 3. Semoga informasi yang kami sampaikan tadi bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda mengenai HP tersebut.

Add Comment