Keindahan Sungai Citarum

Sudahkah Anda mengetahui bahwa Sungai Citarum menjadi sungai terpanjang dan terbesar di Tatar Pasundan, Provinsi Jawa Barat? Tempat wisata ini ternyata juga memiliki nilai sejarah yang sangat kuat.

Pada tahun 2007 sungai ini menjadi tingkat ketercemaran tertinggi di dunia, tetapi sekarang ini sungai tersebut memang memiliki banyak pengunjung wisatawan.

Pembersihan pada sungai tersebut telah dilakukan secara besar-besaran sejak Maret 2018. Dengan demikian kini semakin banyak orang yang datang ke sungai Citarum untuk menikmati keindahannya.

Sekarang ini sudah banyak tempat wisata yang ada di sepanjang Sungai Citarum ini. Oleh karena itu, semakin banyak wisatawan yang mengunjungi untuk berlibur maupun berwisata.

Nah, ketahuilah bahwa Sungai Citarum juga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat di sekitarnya.

Sungai tersebut mempunyai tiga waduk yaitu Cirata, Saguling, dan Jatiluhur. Ketiganya tersebut memiliki fungsi sangat penting sebagi PLTA yang mengairi lahan pertanian untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

Nah tau kah kamu ternyata sungai citarum ini kini juga menjadi sebuah tempat wisata di bandung, berikut adalah beberapa keindahan yang bisa kamu nikmati di sungai citarum yang telah kami kutip dari website destinasiku.com

 

Keindahan Sungai Citarum Sebagai Tempat Wisata

Keindahan Sungai Citarum Sebagai Tempat Wisata

Sudahkah Anda mengetahui apa saja yang menjadi keindahan atau daya tarik dari sungai Citarum sebagai tempat wisata? Ini dia seputar penjelasan lebih detailnya untuk Anda.

 

1. Wisata Mata Air Situ Cisanti

Situ Cirata menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke Sungai Citarum.

Hal tersebut dikarenakan tempat wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan nuansa udara yang cukup menyejukkan. Ketahui bahwa Situ Cisanti terletak di kaki Gunung Wayang yang memiliki jarak sekitar 60 kilometer dari sebelah selatan Kota Bandung.

Untuk sampai di lokasi ini  maka Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan yang memakan waktu sekitar  2-3 jam. Sebagai sungai terpanjang sekitar 296 km ternyata membelah 12 kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memberikan nuansa alam cukup menakjubkan.

 

2. Wisata waduk Cirata

Waduk Citara menjadi tempat yang cukup difavoritkan oleh para pengunjung karena tempatnya dapat dikatakan cukup indah dengan pemandangan alamnya.

Ketahuilah, bahwa tempat wisata satu ini memiliki banyak nama. Jadi, ada juga yang mengenalinya dengan sebutan waduk Cirata Cianjur.nDengan luas sekitar 43.000 hektare yang berada dalam tiga wilayah kabupaten maka memberikan pemandangan alam yang juga sangatlah luas.

 

3. Wisata Waduk Saguling

Wisata waduk Saguling sangat recomended untuk Anda yang suka dengan nuansa pemandangan alam. Di waduk Saguling terdapat Floating Resto Napak Sancang atau yang dikenal dengan rumah makan terapung. Jadi sambil berwisata kuliner Anda bisa menikmati pesona atau pemandangan alam yang ada di sekitar lokasi wisata.

Ketahuila bahwa tempat wisata waduk Saguling berlokasi di perbatasan Kecamatan Cihampelas dan Kecamatan Cililin, Bandung Barat. Tempat wisata ini dapat menghilangkan rasa jenuh dan penat dari aktivitas sehari-hari yang membosankan. Tentunya juga bisa dijadikan sebagai spot selfie yang sangat bagus pastinya.

 

4. Danau Alam Lestari

Danau Sungai Citarum sebagai tempat wisata unggulan yang sudah dilengkapi dengan berbgaai fasilitas permainan dan lainnya yang akan membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Nah, ketahui juga bahwa danau tersebut juga memiliki pemandangan alam yang cukup indah sehingga bisa dijadikan spot wisata paling unik.

Ketahuilah untuk menuju ke danau alam lestari ini maka Anda bisa ambil arah ke luar tol Buah Batu, kemudian ambil arah belok ke kanan ke Bojongsoang, lurus terus ke Jelekong lalu sampai di Terminal Ciparay, ambil arah kanan ke Situ Cisanti.

Add Comment