Mengenal Berbagai Jenis Tanaman Hidroponik

Keunikan dan karakteristik yang dibawa oleh metode hidroponik ini menjadi magnet untuk para penyuka tanaman mencoba membudidayakan beberapa jenis tanaman menggunakan metode ini. Dasar dari budidaya tanaman hidroponik ini adalah tanpa menggunakan media tanah. Jenis tanaman hidroponik sendiri memang terbatas dan tidak semua jenis tanaman bisa dikembangan dengan metode ini.

Media tanam yang digunakan dalam sistim hidroponik ini juga cukup banyak, seperti arang sekam, styrofoam, rockwool, dan jenis media tanam lainnya. Secara garis besar metode ini juga hampir sama dengan budidaya secara konvensional, yang membedakan hanyalah pada media tanamnya saja. Untuk perawatannya juga tidak begitu sulit karena hidroponik ini simpel dan dengan cara penanaman yang sederhana.

Jenis Tanaman Hidroponik

Dalam laman TaniMuda telah dijelaskan bahwa tanaman yang bisa dikembangan dengan teknik hidroponik ini sebenarnya cukup beragam. Mulai dari jenis tanaman buah, sayur dan juga tanaman hias. Walaupun tidak semua jenis dapat ditanam di hidroponik namun beberapa macam tanaman tersebut cukup beragam untuk meningkatkan produktivitas tanaman tersebut. Berikut adalah jenis tanaman untuk hidroponik.

Jenis Tanaman Hias

Anggrek

Tampilannya yang cantik menjadikan Anggrek sebagai tanaman hias yang paling banyak diburu oleh pencinta tanaman hias. Anggrek ini dapat dibudidayakan menggunakan teknik hidroponik dengan memanfaatkan serabut kelapa, batang pakis, arang, dan juga pecahan batu bata sebagai media tanamnya.

Aglonema

Aglonema memiliki nama lain yaitu sri rejeki. Ciri khas dari tanaman hias ini adalah memiliki daun yang berbentuk lonjong dengan garis abu-abu pada permukaan daunnya. Aglonema ini cocok dibudidayakan dengan hidroponik karena tidak membutuhkan banyak air. Media tanam yang bisa digunakan antara lain arang sekam, hydrogel, dan juga arang kayu.

Suplir

Suplir sebenarnya tanaman hias yang cenderung hidup di lahan yang basah. Untuk sistim hidroponik ini Anda dapat memilih media tanam yang mampu untuk menyimpan air seperti spons, rockwool, atau hydrogel.

Jenis Tanaman Buah

Tomat

Tanaman tomat ini cocok dengan sistim hidroponik karena ukuran tanamannya yang tidak terlalu besar. Tanaman ini juga mudah hidup di beberapa media tanam yang ada.

Mentimun

Mentimun merupakan jenis tanaman merambat yang memiliki ukuran kecil dan mudah hidup di berbagai media tanam selain tanah,. Tanaman ini cocok menggunakan teknik hidroponik dengan kandungan air yang cukup tinggi. Media tanam yang bisa Anda gunakan antara lain spons atau hydrogel.

Stroberi

Buah yang satu ini selain enak dimakan juga enak dilihat. Warnanya yang merah membuat orang ingin menikmatinya. Stroberi dapat Anda kembangkan menggunakan hidroponik ini, khususnya dengan sistim tetes.

Jenis Tanaman Sayur

Selada

Tanaman selada ini sangat populer pada budidaya tanaman hidroponik. Cara menanamnya mudah dan memiliki masa panen yang cepat.

Bayam

Bayam juga merupakan tanaman ideal yang bisa Anda tanam menggunakan hidroponik. Sistim ini mampu membuat bayam lebih memiliki kualitas yang bagus dan lebih higienis.

Cabe

Menanam cabe dengan hidroponik tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Semua media tanam juga bisa dipergunakan tanpa syarat khusus.

Kangkung

Kangkung ini membutuhkan air yang banyak. Dengan hidroponik ini, kangkung akan menjadi lebih subur dan lebih higienis dibandingkan dengan kangkung yang ada di rawa.

Menanam berbagai jenis tanaman hidroponik ini akan memberikan keuntungan bagi Anda, Selain kebutuhan akan berbagai jenis tanaman tersebut dapat Anda penuhi sendiri di rumah, juga bisa Anda gunakan sebagai lahan bisnis. Biasanya tanaman yang dihasilkan dari hidroponik ini memili harga yang lebih tinggi dibandingan dengan tanaman yang dikembangkan dengan cara konvensional.

Add Comment