5 Jenis Jaringan Komputer, Lengkap Beserta Fungsinya

Komputer saat ini menjadi salah satu piranti elektronik yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari kita, terutama dalam lingkungan pekerjaan.

Hampir sebagian besar pekerjaan kantor pasti membutuhkan perangkat komputer untuk memudahkan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh manusia.

Berbicara tentang komputer, mungkin kita pernah mendengar istilah jenis jaringan komputer yang masing-masing mempunyai fungsi berbeda.

Bagi kamu yang sudah terbiasa bekerja di lingkungan komputer jaringan pasti sudah tidak asing dengan jenis-jenis tersebut.

Di sini kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis jaringan pada komputer lengkap beserta fungsinya.

Sedikitnya ada 5 jenis jaringan pada komputer yang harus diketahui, langsung saja simak selengkapnya di sini.

Jenis – Jenis Jaringan Komputer dan Fungsinya

Meningkatnya perkembangan komputer saat ini memang dibarengi dengan peningkatan jenis jaringan yang mulai bervariasi.

Banyak orang yang menganggap bahwa jenis jaringan tersebut sama seperti topologi, padahal sebenarnya mempunyai maksud yang berbeda.

Dikutip dari selasar.com, topologi melingkupi seperti topologi bus, topologi ring, dan lainnya, sementara dalam jaringan komputer termasuk LAN, MAN dan WAN.

Agar lebih jelas, di sini kami telah merangkum beberapa jenis jaringan pada komputer dan fungsinya yang harus Kamu ketahui.

1. Local Area Network (LAN)

jenis jaringan komputer berdasarkan topologi

https://www.pressburner.com/

LAN adalah jenis jaringan pada komputer yang paling sederhana untuk menghubungkan komputer pribadi (client) dan workstation (server) dalam satu gedung.

Biasanya digunakan dalam suatu perusahaan atau pabrik yang menggunakan sumber daya secara bersama-sama, seperti printer.

Menggunakan jenis jaringan ini maka mereka bisa saling bertukar informasi dengan mudah dalam satu area di satu jaringan tersebut.

2. Metropolitan Area Network (MAN)

jenis jaringan komputer berdasarkan arsitektur

https://3.bp.blogspot.com/

Lebih luas dari LAN, jenis jaringan MAN mencakup dua atau lebih gedung yang berada di kota yang sama untuk saling terhubung dalam satu jaringan.

MAN memungkinkan penggunanya untuk berhubungan dengan jaringan televisi kabel maupun untuk menunjang daya dan suara.

Jenis jaringan ini tentunya lebih luas dari LAN, karena bisa menghubungkan beberapa gedung sekaligus dalam satu kota yang sama.

3. Wide Area Network (WAN)

jenis-jenis jaringan komputer adalah sebagai berikut kecuali

https://amt-it.com/

Untuk yang lebih luas lagi ada jenis jaringan WAN, karena mencakup area berdasarkan geografis yang lebih luas.

WAN adalah jenis jaringan dengan cakupan antar benua yang menggunakan kumpulan mesin-mesin untuk menjalankan program pemakai.

Dengan kata, WAN adalah nama lain dari internet yang kita kenal saat ini.

4. W.Lan ( Wireless Local Area Network)

Dahulunya memang hanya dikenal tiga jenis jaringan komputer seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, namun sekarang juga ada jenis jaringan W.Lan.

W.Lan sebenarnya digunakan untuk menyebut jenis jaringan nirkabel, yaitu solusi terhadap komunikasi yang tidak memerlukan kabel seperti yang banyak kita temui saat ini.

Jaringan tanpa kabel memang cukup populer, karena tidak hanya lebih praktis namun juga memberikan kecepatan akses yang lebih mumpuni.

Melalui jaringan wireless ini memungkinkan pengguna untuk mengakses data di lokasi atau tempat yang tidak terjangkau kabel.

5. PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan diantara dua atau lebih sistem komputer dengan jarak yang tidak terlalu jauh, atau cukup dekat.

Biasanya jarak antara kedua komputer yang menggunakan protokol ini tidak lebih dari 1m.

Jenis jaringan komputer ini bisa kita temui saat menghubungkan komputer dengan HP, atau perangkat lainnya.

Demikian itulah informasi mengenai jenis-jenis jaringan pada komputer yang mungkin bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Add Comment