3 Hal yang Harus Dilakukan Jika Anda Hewan Peliharaan

Kehilangan hewan peliharaan dalam bentuk apa pun adalah pengalaman traumatis dan semua orang berharap seseorang akan menemukan dan mengembalikan teman berbulu atau berbulu mereka.

Menambah tantangan bagi pemilik burung yang hilang adalah kenyataan bahwa mereka dapat terbang jarak jauh, sangat memperluas radius pencarian.

Jika Anda menemukan burung peliharaan, apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemungkinan menghubungkan kembali burung dengan pemiliknya?

Cara Mengetahui Apakah Itu Burung Peliharaan

Hal pertama yang mungkin Anda tanyakan adalah bagaimana cara mengetahui apakah Anda telah menemukan burung peliharaan atau hanya burung liar yang sangat jinak. Tiga faktor kunci yang perlu dipertimbangkan adalah breed, perilaku, dan identifikasi.

1. Berkembang biak

Anda mungkin bukan ahli dalam jenis breed, tetapi apakah burung yang Anda temukan berasal dari daerah Anda? Pencarian cepat di Internet dikombinasikan dengan pengamatan Anda dapat memberi tahu Anda banyak tentang apakah burung yang Anda temukan kemungkinan besar adalah burung liar atau burung peliharaan seseorang.

Misalnya, cockatiel adalah pemandangan umum di Australia, tetapi bukan asli Amerika Utara. Jika Anda melihat salah satu burung berbulu warna-warni ini di halaman Anda, ada kemungkinan yang sangat signifikan itu adalah burung peliharaan yang hilang.

Di sisi lain, sekitar 23 spesies burung beo berkembang biak di alam liar di 25 negara bagian di seluruh Amerika Serikat. Tidak mengherankan, Florida, California, dan Texas melihat konsentrasi populasi burung beo tertinggi, tetapi bahkan daerah perkotaan seperti Chicago dan New York telah melihat populasi burung beo yang mapan.

Sementara semua burung beo ini pada satu waktu di penangkaran atau telah turun dari burung peliharaan, burung yang Anda temukan mungkin sebenarnya liar – meskipun mereka bukan asli Amerika Serikat.

2. Perilaku

Perilaku burung yang Anda temukan dapat menjadi kunci dalam mengidentifikasi apakah itu burung yang hilang. Burung liar akan sangat jarang mendarat atau langsung mendekati manusia.

Namun, burung peliharaan terbiasa dengan perawatan dan interaksi manusia dan dapat mengasosiasikan orang dengan makanan dan keamanan.

Ini tidak pernah terdengar untuk burung peliharaan yang hilang untuk bertengger di bahu seseorang atau tanah di dekat dan squawk dalam upaya untuk mendapatkan perhatian. Jika seekor burung melakukan ini kepada Anda, itu hampir pasti burung peliharaan.

Indikator lain termasuk burung yang muncul di halaman Anda atau di dek atau balkon Anda dan menempel di sekitar. Sementara burung liar akan kembali ke sarang mereka atau melanjutkan pola penerbangan mereka, burung peliharaan yang hilang mungkin hanya mencari perlindungan.

3. Identifikasi

Bantuan besar dalam mencari tahu apakah Anda telah menemukan burung peliharaan adalah identifikasi pada burung itu sendiri. Jika burung itu memakai pita kaki, itu mungkin pertanda jelas bahwa burung ini milik seseorang. Kurang terlihat, tetapi sama-sama berguna, adalah microchip.

Jika Anda dapat menangkap burung yang dimaksud, bawa ke dokter hewan yang dapat memindai burung untuk microchip yang diharapkan akan berisi informasi yang diperlukan untuk menyatukannya kembali dengan pemiliknya.

Tips Menemukan Pemilik Burung Peliharaan yang Hilang

Setelah Anda tahu bahwa Anda telah menemukan burung peliharaan seseorang, langkah selanjutnya adalah menyatukan kembali teman berbulu baru Anda dengan pemiliknya yang sah.

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menyelipkan burung yang hilang ke dalam kandang baru yang mengkilap di rumah Anda, ingatlah bahwa orang-orang terikat dengan burung mereka seperti hewan peliharaan lainnya dan mereka cenderung mencari di mana-mana dan mencoba segalanya untuk menemukan burung mereka yang hilang.

Namun, mungkin sulit untuk mengetahui seberapa jauh dari rumah burung peliharaan. Saran terbaik adalah memulai lokal tetapi mencari jauh dan luas. Berikut adalah beberapa ide tentang cara menemukan pemilik burung peliharaan:

1. Posting Iklan ‘Ditemukan’ di Surat Kabar Lokal

Banyak surat kabar akan mempublikasikan iklan ini secara gratis, jadi ini adalah cara sederhana untuk mengiklankan bahwa Anda menemukan hewan peliharaan seseorang. Hubungi surat kabar kota setempat dan surat kabar regional untuk memaksimalkan paparan.

2. Periksa Media Sosial untuk Grup Burung Peliharaan Lokal atau Nasional

Seringkali, pemilik akan memposting tentang burung mereka yang hilang dan orang-orang yang telah menemukan burung dapat memeriksa posting ini atau memberikan informasi tentang burung peliharaan yang mereka temukan.

Kiat: Hanya posting dasar-dasar tentang burung yang Anda temukan, seperti tanggal dan lokasi di mana Anda menemukan burung itu. Pemilik yang sah harus dapat mengidentifikasi karakteristik seperti breed, tanda unik, dll.

3. Hubungi Departemen Kepolisian untuk Kota Anda dan Komunitas Sekitarnya

Cari tahu apakah ada yang melaporkan burung peliharaan yang hilang. Pemilik burung peliharaan didorong untuk mengajukan laporan properti yang hilang, jadi ini bisa menjadi salah satu cara untuk menemukan pemilik burung yang sah.

4. Hubungi Tempat Penampungan Hewan Lokal, Dokter Hewan Unggas (Burung), dan Toko Burung

Pemilik yang khawatir akan sering memberikan pemberitahuan kepada tempat penampungan hewan, toko burung atau hewan peliharaan, dan dokter hewan burung bahwa mereka akan kehilangan burung peliharaan dengan harapan seseorang akan mengubahnya menjadi salah satu tempat ini.

Selain itu, dokter hewan burung dapat memeriksa dan melihat apakah burung yang Anda temukan memiliki microchip. Jika demikian, dimungkinkan untuk menghubungi pemilik secara langsung melalui database nasional.

5. Di mana untuk Mengambil Burung Pet yang Anda Temukan

Jika Anda tidak dapat menemukan pemilik burung peliharaan atau Anda tidak diperlengkapi untuk merawat burung itu, Anda mungkin bertanya-tanya apa langkah terbaik selanjutnya. Burung membutuhkan ruang yang aman, suhu yang sesuai, dan diet yang tepat.

Jika Anda tidak dapat terus merawat burung yang Anda temukan, penting untuk menyerahkannya kepada penjaga yang aman dan dapat dipercaya yang dapat melanjutkan pencarian pemilik burung atau menemukan rumah baru yang sesuai.

6. Kelompok Penyelamat Burung

Jika ada kelompok penyelamat burung lokal atau regional di daerah Anda, ini bisa menjadi tempat yang ideal untuk mengambil burung peliharaan yang Anda temukan. Seringkali seluruhnya terdiri dari pemilik burung yang bersemangat dan berpengalaman, kelompok penyelamat untuk teman berbulu akan tahu cara merawat burung yang Anda temukan. Mereka juga mungkin dapat membantu menemukan pemilik burung, atau memiliki sistem untuk memelihara dan mengadopsi burung peliharaan yang hilang.

7. Dokter Hewan Unggas

Dokter hewan dengan keahlian dalam merawat burung peliharaan mungkin bersedia mengambil burung peliharaan yang hilang. Mereka akan memiliki sumber daya dan pengalaman yang diperlukan untuk menjaga burung tetap aman. Atau, mereka mungkin merujuk Anda ke kelompok penyelamat burung terkemuka di daerah tersebut.

8. Penampungan Hewan atau Masyarakat Manusiawi

Sebagian besar tempat penampungan hewan dan masyarakat yang manusiawi bukanlah tempat yang ideal untuk mengambil burung peliharaan. Biasanya, organisasi-organisasi ini fokus pada anjing dan kucing dan tidak memiliki pengalaman atau sumber daya untuk burung peliharaan.

Opsi ini harus berada di bagian bawah daftar Anda tetapi tentu saja lebih baik daripada melepaskan burung peliharaan yang Anda temukan kembali ke alam liar untuk berjuang sendiri.

Jika Anda menemukan burung peliharaan yang hilang, lakukan yang terbaik untuk membantu menyatukan kembali burung itu dengan pemiliknya. Ikuti tips dan saran dalam artikel ini untuk meningkatkan kemungkinan mengembalikan burung peliharaan ke rumahnya. 

Add Comment