10 Game Online Ringan untuk PC Kentang

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, kini game online kian marak dan digemari. Hal ini tidak terlepas dari alasan karena game online menawarkan sensasi bermain yang lebih nyata, real-time, dan pastinya lebih seru dibandingkan game-game offline pada umumnya.

Sayangnya, sebagian besar game online yang populer saat ini menuntut kamu untuk menggunakan PC dengan spek tinggi atau spek dewa. Bagi para gamer sultan, tentu ini bukan masalah. Tapi bagaimana bagi kamu para pengguna PC atau laptop dengan spek pas-pasan alias kentang?

Tenang saja, pasalnya sekarang juga sudah ada banyak game online ringan yang bisa dimainkan di PC dengan spek minim, kok. Bahkan juga ada game yang bisa dimainkan tanpa harus di-download, salah satunya adalah game Google Doodle Populer.

Meskipun game-game ringan tersebut kualitas grafiknya tidak sekeren game online terkenal pada umumnya, tetapi gameplay-nya tentu nggak kalah seru! Berikut 10 rekomendasi game online ringan untuk PC spek kentang.

1. DOTA 2

DOTA 2, game online ringan

Gamer mana yang belum pernah dengar DOTA 2? Ternyata, pioner game MOBA PC ini juga bisa dimainkan di PC dengan spesifikasi rendah, lho! Yah walaupun pengaturan grafisnya harus diatur jadi rata kiri semua atau paling rendah.

Sesuai dengan genrenya, MOBA, DOTA 2 adalah game online ringan multiplayer yang terdiri dari 2 tim saling berlawanan, di mana 1 tim terdiri dari 5 pemain. Masing-masing tim memiliki sebuah markas yang disebut “Ancient“. Nah untuk memenangkan permainan, kamu dan tim harus menghancurkan Ancient musuh. Sama seperti game MOBA pada umumnya, DOTA 2 mengandalkan strategi dan kekompakan tim, tidak hanya bergantung pada satu pemain saja.

Sejak tanggal penerbitannya di tahun 2013, DOTA 2 masih terus digemari para gamers PC hingga kini. Sekarang bahkan jumlah pemain online-nya mencapai angka 800.000 orang setiap harinya. So, inilah game daring ringan pertama yang wajib kamu coba!

2. League of Legends

LOL, game online ringan

Selain DOTA 2, ada juga League of Legends yang menjadi game MOBA PC ringan. Game yang sering disingkat LOL ini juga terkenal sebagai rivalnya DOTA 2. Sedikit berbeda dengan DOTA 2, di LOL kamu harus membeli hero-nya terlebih dahulu sebelum bisa memainkannya.

Apabila kualitas grafisnya dibandingkan dengan DOTA 2, maka grafis 3D League of Legends relatif lebih ringan, lho. Kamu yang masih menggunakan Windows XP dengan kapasitas RAM hanya 1 GB saja bahkan masih bisa memainkan LOL. Hanya saja, sama seperti DOTA 2, pastikan pengaturan grafisnya menggunakan yang mode rendah ya.

Tertarik untuk memainkannya? Download game-nya di situs resmi Garena ya. Oh iya, sekadar informasi, League of Legends dan DOTA 2 juga merupakan game online ringan yang sering kali dibuatkan ajang turnamen berskala besarnya, guys! Kesempatan nih buat kamu yang mau jadi e-sport player profesional!

3. Point Blank

PB, game online ringan

Tak dapat dipungkiri lagi bahwa Point Blank merupakan salah satu game legendaris dengan banyak sekali pemain dan penggemar di Indonesia. Game FPS ringan ini sudah eksis sejak satu dekade terakhir hingga saat ini.

Selain gameplay-nya yang mendebarkan dan memacu adrenalin, ukuran dan kebutuhan spesifikasi minimal PC untuk memainkannya juga nggak muluk-muluk banget, lho! Cocok buat kamu para gamers kentang yang mendambakan game FPS simple dan fast-pace.

4. PUBG Lite

PUBG Lite, game online ringan

Nama game Player Unknown’s Battleground mulai naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Game yang biasa disingkat PUBG ini menawarkan sebuah gameplay yang unik dan tidak biasa. Di mana kamu akan ditempatkan pada satu pulau atau map dengan 99 orang lainnya untuk saling membunuh, dan satu orang terakhir yang bertahan akan menjadi pemenangnya.

Sayang, game Battle Royale satu ini memiliki persyaratan spesifikasi yang cukup berat. Beruntungnya, sekarang sudah tersedia PUBG Lite dengan minimum spesifikasi yang jauh lebih rendah. Dengan prosesor Core i3 generasi 2 dan kapasitas RAM 4 GB saja kamu sudah bisa menikmati keseruannya bermain game Battle Royale melalui PUBG Lite.

5. Counter Strike Global Offensive (CS:GO)

CSGO, game online ringan

Tiba di urutan kelima game online ringan PC, ada game legend CSGO. Game yang sudah berusia sekitar 9 tahun sejak tanggal rilisnya di tahun 2012 ini memang nggak ada matinya!

Walaupun umurnya bisa dibilang sudah cukup tua, tapi CSGO masih tetap bisa bersaing dengan game-game FPS online zaman sekarang. Terbukti, hingga sekarang bahkan CSGO masih memuncaki daftar game Free To Play terbaik di Steam. Dan turnamen CSGO juga masih rutin diselenggarakan, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Selain itu, pilihan map-nya yang menarik dan kebutuhan spek PC-nya yang ringan membuat CSGO bisa dimainkan oleh berbagai lapisan dan memiliki fanbase internasional yang sangat luas. Dengan modal PC Windows 7, prosesor Intel Core Duo dan RAM 2 GB kamu sudah bisa mencicipi serunya main CSGO di map Dust 2 yang legendaris.

6. Left 4 Dead 2

Left 4 Dead 2, game online ringan

Selain CSGO, ada satu lagi game buatan developer Valve yang masuk dalam daftar game online PC ringan ini, yaitu Left 4 Dead 2. Bahkan, game ini mungkin layak dinobatkan sebagai game online ringan terbaik. Bagaimana tidak? PC dengan prosesor jadul Intel Pentium dan RAM yang pas-pasan sebesar 2 GB saja sudah cukup bisa untuk memainkan game ini. Mengagumkan, bukan?

Di game Left 4 Dead 2, kamu akan mendapatkan misi untuk menyelamatkan diri dari serangan zombie yang menggila. Terasa seram? Tenang, di dalam permainan, kamu akan didampingi oleh 4 orang teman lainnya. Game online kecil dengan kualitas grafis yang cukup hebat ini bisa kamu dapatkan di platform game online Steam.

7. Minecraft

Minecraft, game online ringan

Selanjutnya ada Minecraft. Game open-world buatan Sandbox ini sangat cocok buat kamu yang suka mondar-mandir dan bebas berkreasi di dalam game. Meskipun memiliki tujuan utama untuk mengalahkan Ender Dragon, tetapi kamu bisa dengan bebas mengabaikan misi itu dan jalan-jalan saja di map-nya yang sangat luas.

Walaupun demikian, persyaratan spesifikasinya tidak sebesar map-nya kok. Dengan bermodalkan laptop atau PC yang memiliki prosesor Core i3 gen-3, RAM 4 GB, dan kapasitas hardisk 1 GB saja kamu sudah bisa bebas menjelajahi dunia Minecraft beserta para villager-nya.

8. Among Us

Among Us, game online ringan

Sempat populer di tahun 2020, kini Among Us layak masuk ke jajaran game online ringan PC terbaik. Game yang bertemakan misteri menebak pembenuh dan penghianat dalam sebuah kelompok ini bahkan digadang-gadang dapat menyatukan atau malah “memecahkan” hubungan baik antara sesama sahabat maupun keluarga.

Ada 2 peran yang terdapat di Among Us. Yaitu Cremates dan Impostor. Jika kamu terpilih sebagai Crewmates, maka selesaikanlah task yang ada, diskusikan siapa Impostor-nya dan temukan Impostor-nya secepat mungkin sebelum mereka membunuhmu. Dan apabila kamu terpilih sebagai Impostor, bunuhlah anggota Crewmates sebanyak-banyaknya tanpa diketahui.

9. Rocket League

Rocket League, game online ringan

Bosan dengan game-game sepakbola biasa? Maka kamu wajib coba mainkan Rocket League. Rocket League adalah sebuah game sepakbola yang mana pemainnya bukanlah orang, melainkan mobil-mobil termpur bertenaga roket!

Gameplay-nya cenderung sederhana, layaknya sepakbola kamu harus mencetak gol sebanyak-banyaknya dibandingkan pemain lain pada satu lapangan yang sama. Bedanya, di Rocket League tidak ada pelanggaran, offside, dan VAR. Cetak gol saja sebanyak-banyaknya.

Game yang simpel dan tidak membutuhkan PC dengan spek tinggi ini dijamin bisa membawa keseruan bermain bola tersendiri. Cobalah ajak teman-temanmu yang lain juga untuk bermain bersama!

10. Paladins

Paladins, game online ringan

Dan game online ringan yang terakhir adalah Paladins. Game ini bisa dibilang memiliki genre yang unik, yakni kombinasi antara FPS dan MOBA atau lebih tepatnya team shooter fantasy seperti game Overwatch. Kamu bisa memainkan game ini secara online bersama teman-temanmu.

Di dalam game, tersedia berbagai macam karakter dengan kemampuan unik berbeda-beda yang bisa kamu pilih. Jika kamu ingin merasakan bagaimana rasanya bermain Overwatch tapi tidak punya uang untuk membelinya, maka coba saja Paladins! Kamu bisa men-download-nya di Steam secara gratis.

Siapa bilang PC dan laptop kentang nggak bisa main game? Nah itulah beberapa rekomendasi game online ringan PC yang layak kamu coba. Punya rekomendasi lain? Ayo share di komentar ya!

Add Comment