Doa Pelipur Lara

Setiap manusia terkadang merasa sedih, putus asa, ataupun berada di titik paling rendah dari permasalahan kehidupan yang dialaminya. Tetapi, terkadang mereka justru menjauhkan diri dari Allah SWT. Padahal ketika sedang merasa sedih sebaiknya selalu mendekatkan diri kepada-Nya, salah satu caranya dapat dilakukan dengan membaca doa pelipur lara yang akan membuat hati menjadi lebih tenang.Selain itu, dengan membaca doa pastinya kita sedang mengingat Allah SWT sehingga akan mendatangkan kebaikan untuk diri kita sendiri.

Doa Pelipur Lara

Untuk mengatasi rasa sedih, cemas, tekanan yang disebabkan oleh permasalahan kehidupan maka dapat dipecahkan dengan solusi yang paling mudah yaitu berdoalah kepada Allah SWT. Dengan berdoa maka kita akan berserah diri kepada-Nya. Berikut ini bacaan doa pelipur lara.

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ

“Laa ilaaha illallaahul ‘azhiimul haliim, Laa ilaaha illallaahu robbul ‘arsyil ‘azhiim, Laa ilaaha illallaahu robbus samaawaati wa robbul ardhi, wa robbul ‘arsyil kariim”

Artinya:

“Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Besar lagi Maha Penyantun. Tidak ada Tuhan sealain Allah, Rabb ‘Arsy yang agung Tidak ada Tuhan selain Allah, Tuhan langit, Tuhan bumi, dan Tuhan ‘Arsy yang mulia.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Makna dalam doa pelipur lara tersebut yaitu untuk mengingatkan diri kita terhadap Allah SWT karena dalam doa tersebut kita diajarkan untuk berdzikir karena terdapat dzikir tahlil, “Laa ilaaha illallaah” (tiada Tuhan selain Allah) sebanyak tiga kali. Selain itu, juga ditambahkan dengan lafal yang mengagungkan nama dan sifat keagungan-Nya, seperti  “Al-‘Adzim” (Yang Maha Agung), “Al-Haliim” (Yang Maha Penyantun), “Rabbus samaawaati wal ardh” (Tuhan langit dan bumi), “Rabbul ‘arsyil ‘alkariim” (Tuhan ‘Arsy yang agung).

Berzikir

Berdzikir menjadi doa pelipur lara karena dapat membuat hati menjadi lebih tenang sehingga dapat mengatasi hati yang sedang mengalami rasa duka lara, bahkan bisa juga mengatasi pikiran gelisah dan sedih. Dzikir menjadi sumbernya ketenangan hati dan pikiran sehingga ketika sedang sedih berdzikirlah maka akan mendatangkan kedamaian, ketenangan, dan kesejukan.

Dengan berdzikir maka akan membuat jiwa selalu tenang, meskipun sedang mengalami kesulitan maupun kesusahan. Ternyata dzikir tahlil menjadi salah satu bacaan yang memilki kekuatan dalam menenangkan hati. Hal tersebut dikaenakan makna kalimat “laillahaillallah” memiliki makna tiada tuhan selain Allah SWT.

Dengan memaknai kalimat tersebut maka kita akan menyadari kembali siapa yang menciptakan manusia, kemudian juga akan menyadari bahwa setiap kejadian tersebut adalah kehendak-Nya. Ketika sudah merasakan demikian maka akan ikhlas dengan segala ketentuan-Nya sehingga akan merasa lebih tenang apapun yang dihadapinya, meskipun merasakan kesulitan yang sangat berat.

Doa Ketika Sedih

Selain mengajarkan kita untuk selalu berdzikir, untuk mengatasi rasa sedih ataupun rasa duka lara maka solusinya juga bisa dengan membaca doa ketika sedih. Hal tersebut juga diajarkan oleh Rasullullah. Ini dia doa ketika sedih yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

اَللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ

 “Allaahumma rohmataka arjuu, falaa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin, wa ash lihlii sya’nii kullahu, laa ilaaha illaa anta.”

Artinya:

“Ya Allah, pada rahmat-Mu aku berharap. Janganlah Engkau serahkan aku pada diriku sekejap mata pun, dan perbaikilah untukku semua urusanku, Tidak ada Tuhan selain Engkau.” (HR. Abu Dawud).

Makna Doa Sedih

Sudahkah Anda mengetahui makna dari doa ketika sedih tersebut? Jika belum mengatahuinya maka simaklah makna dari membaca doa ketika sedih yang kami ambil dari Fahmipedia.

Melatih Berpasrah Diri

Ketahuilah makna doa sedih yang pertama yaitu mengajarkna kita untuk berpasrah diri kepada Allah SWT. Hal buruk maupun hal baik yang kita alami tersebut memang ketentuan dari-Nya sehingga semakin kita mempercayakan setiap kejadian kepada-Nya makaaakan mendatangkan kebaikan untuk diri kita.

Terkadang kita memang tidak menyadari bahwa perkara yang kita anggap baik memang belum tentu baik untuk kita, begitupun sebaliknya perkara yang kita anggap buruk ternyata belum tentu buruk menurut Allah SWT. Sebenarnya apapun yang telah menjadi ketentuan-Nya akan mendatangkan kebaiakan untuk setiap umat-Nya.

Allah SWT akan Memberikan Jalan Keluar

Selanjutnya, makna doa sedih juga menunjukkan bahwa Allah SWT akan memberikan jalan keluar untuk setiap umat muslim yang mengalami kesedihan maupun kesulitan. Jadi, percayalah dalam kesulitan dan kesusahan apapun pastinya akan adanya jalan keluar sehingga tak perlu merasakan sedih yang berkepanjangan.

Dengan demikian maka besikaplah tenang dalam menjalani setiap ketentuan-Nya karena apapun yang terjadi pastinya tetap akan mendapatkan pertolongan dari-Nya. Bahkan, hal tersebut memang akan semakin mengingatkan setiap umat muslim kepada Allah SWT akan segala kekuasan-Nya.

Mendapatkan Ketentraman dan Ketenangan

Dengan berdoa ketika sedih pastinya juga akan mendapatkan rasa tentram dan tenang sehingga akan memudahkan dalam melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, sebagai umat muslim maka ketika sedang bersedih juga harus selalu mengingat Allah SWT agar mendapatkan pertolongan-Nya.

Ketika kita mengingat kebesaran Allah maka kita juga akan mengingat bahwa Dia-lah yang akan membantu kita dalam segala persoalan yang ada sehingga berdoa adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada-Nya. Ketika kita membaca doa ketika sedih maka harus dikuti dengan rasa berserah diri sebagai bentuk ketakwaan.

Memperbaiki Diri

Makna dalam doa ketika sedih yaitu untuk membantu kita dalam memperbaiki diri. Dengan demikian maka akan cukup membantu kita untuk selalu mengingat Allah SWT, menghindari berbagai hal buruk yang menjauhkan kita dari-Nya. Ketika kita mengalami banyak persoalan atau masalah maka sebaiknya perbaikilah diri kita.

Dengan demikian maka akan semakin membantu kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Ketika kita menjadi orang baik maka Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan-Nya untuk kita.

Berdzikir

Selanjutnya, dalam doa ketika sedih tersebut kita juga diajarkan untuk selalu berdzikir sebagai bentuk mengingat Allah SWT. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan berdzikir juga akan membuat hati dan pikiran kita menjadi lebih tenang sehingga dapat mengatasi segala permasalahan dengan mudah.

Apapun yang kita alami adalah ketentuan dari-Nya sehingga ketika sedang mendapatkan kesulitan maka bacalah doa pelipur lara agar lebih merasa tenang untuk mendapatkan perlindungan-Nya.

Add Comment