Danau Sipin Jambi

Jambi yang terkenal dengan Gunung Kerinci juga memiliki kekayaan alam lain yang tak kalah mempesona bagi siapa saja yang berkunjung. Salah satunya adalah Danau Sipin. Danau Sipin yang berada di kota Jambi merupakan danau alami yang menjadi obyek wisata yang cukup terkenal.

Danau ini berada  tepat di samping Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Jambi (Unja). Oleh masyarakat Jambi sendiri, Danau Sipin sering disebut dengan nama Solok Sipin. Solok merupakan bahasa Jambi yang berarti Danau.

Panorama Danau Sipin

Danau Sipin Jambi

Ada beberapa hal yang menjadikan danau ini sering dikunjungi oleh wisatawan. Berikut ini hal-hal yang bisa kamu temukan dan lakukan di danau sipin.

Menghabiskan Waktu Sore

Mayoritas dari wisatawan datang dengan tujuan untuk menikmati semilir angin sore, melihat keindahan panorama cakrawala saat sunset, melepas kepenatan ataupun hanya sekedar ingin nongkrong. Kebanyakan pengunjung danau ini merupakan kalangan remaja dan orang dewasa. Namun banyak juga pengunjung yang datang ke danau ini bersama keluarga.

Budidaya Ikan Warga Setempat

Selain itu, di tengah-tengah Danau Sipin terdapat beberapa keramba ikan yang dibuat oleh para petani ikan dan rumah panggung yang digunakan untuk beristirahat para petani ikan tersebut.

Para petani ikan tersebut membudidayakan berbagai macam jenis ikan air tawar, seperti ikan mas, nila, mujair dan lain sebagainya. Para petani ikan tersebut juga banyak yang menjual hasil ikannya di kawasan pinggir danau ini.

Santai dan Menikmati Jajanan

Di kawasan pinggir Danau Sipin juga terdapat bangku-bangku yang disediakan oleh pihak pengelola bagi para pengunjung untuk menikmati keindahan Danau Sipin. Ada juga para pedagang makanan dan minuman yang mendirikan pondokan agar dapat digunakan oleh para pengunjung untuk menikmati berbagai sajian menu yang mereka tawarkan sembari memandang ke arah danau yang indah.

Keliling Danau dengan Perahu

Berperahu mengililingi danau juga seru untuk dilakukan. Kamu bisa menyewa perahu dengan membayar Rp. 5.000 per orang. Perahu yang digunakan untuk berkeliling Danau Sipin ini hanya berkapasitas maksimal 4 orang. Jika tidak ingin repot untuk mendayung sendiri, kamu bisa meminta bantuan jasa pendayung. Jadi kamu tinggal menikmati keindahan Danau Sipin dari atas perahu dan mengabadikan setiap momennya.

Kepopuleran Danau Sipin

Kawasan Danau Sipin terkenal dengan panorama yang indah, suasana yang sejuk dan nyaman. Siapa saja yang berkunjung ke danau ini akan terbuai olehnya. Hal itu menyebabkan Danau Sipin tidak pernah sepi pengunjung.

Pada hari kerja pun bisa dipastikan selalu ramai pengunjung apalagi pada saat weekend atau hari libur lainnya. Pada saat hari kerja, keramaian pengunjung akan mulai terlihat pada sekitar pukul 16.00 WIB. Sedangkan pada weekend atau hari libur, pukul 14.00 WIB pun pengunjung sudah mulai berdatangan.

Tak jarang pula hal tersebut menyebabkan jalan di sekitar danau ini menjadi sedikit macet. Jadi bila ingin menghindari kemacetan tersebut, sebaiknya kamu datang ke lokasi Danau Sipin jangan terlalu sore dan pulang agak malam. Pada waktu tersebut, kemacetan sudah berkurang.

Cara Menuju ke Danau Sipin

Kendaraan Pribadi atau Sewa

Jika menggunakan kendaraan pribadi atau sewa, kamu bisa menuju ke arah Simpang Buluran Kenali dari kota Jambi. Daerah ini merupakan daerah terkenal sehingga jangan segan untuk bertanya kepada warga setempat. Biaya sewa kendaraan berupa mobil dari kota Jambi berkisar mulai dari Rp. 400.000 per hari.

Angkutan Umum

Dari kota Jambi kamu bisa naik angkutan kota (angkot) yang melayani rute Broni-Telanaipura-Seberang. Bisa juga naik angkot berwarna biru dari Terminal Rawasari dengan rute menuju ke Seberang.

Pastikan kamu menanyakan terlebih dahulu kepada sopir angkot bahwa angkot yang akan kamu naiki melewati daerah Buluran. Setibanya di depan Rumah Sakit Pendidikan Sultan Thaha, bersiap-siaplah untuk turun.

Setelah melewati gerbang Fakultas Kedokteran Universitas Jambi, berjarak sekitar 200 meter dari gerbang ini maka kamu akan segera disambut oleh pemandangan indah Danau Sipin Jambi. Ongkos naik angkot dengan rute yang telah disebutkan tadi adalah Rp. 2.000 per orang.

Itulah sedikit ulasan mengenai Danau Sipin beserta rute menuju ke wisata tersebut. Segera agendakan liburanmu ke salah satu danau cantik di kota Jambi ini.

Add Comment