5 Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya yang Benar

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat materi teks diskusi. Di mana teks diskusi sendiri merupakan salah satu jenis teks yang membahas tentang sebuah isu beserta argumennya untuk didiskusikan.

Materi teks diskusi biasanya terdapat di jenjang sekolah SD dan SMP. Untuk itulah bagi kamu para siswa SD atau SMP, penting untuk mempelajari materi teks diskusi satu ini. 

Selain itu, teks diskusi juga merupakan media yang dapat digunakan untuk mencatat hal-hal penting tentang topik atau masalah tertentu.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh teks diskusi.

Namun sebelum itu, mari kita pelajari terlebih dahulu struktur teks diskusi di bawah ini.

Struktur Teks Diskusi

Melansir dari situs Pendidikanpedia, teks diskusi memiliki tiga struktur pembangun yang terdiri dari isu, argumen, dan kesimpulan. Untuk selengkapnya berikut pembahasan masing-masing struktur:

1. Isu

Isu merupakan struktur awal dari sebuah teks diskusi yang berisi gambaran umum atau latar belakang dari topik yang akan didiskusikan.

2. Argumen

Argumen sendiri terbagi lagi menjadi dua, yaitu argumen pendukung dan argumen penentang mengenai isu yang dibahas. Akan tetapi, argumen yang disampaikan harus berdasarkan fakta dan data yang benar atau valid.

3. Kesimpulan

Dan struktur terakhir dari teks diskusi adalah kesimpulan, yang mana isinya biasa berupa kesimpulan atau saran, biasa dibentuk sebagai penyelesaian masalah.

1. Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Isu

Pendidikan masih menjadi salah satu topik yang sering dibahas. Bukan tanpa alasan, pasalnya pendidikan merupakan salah satu bidang yang vital dalam kehidupan manusia.

Tentu karena sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia, maka pendidikan juga dapat memengaruhi kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Pendidikan dengan kualitas baik tentunya juga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Banyak orang yang menganggap bahwa pendidikan di Indonesia sangat baik, namun tidak jarang pula yang menilai bahwa pendidikan di negara kita masih sangat buruk jika dibandingkan dengan negara lain.

Argumentasi Mendukung

Pendidikan di Indonesia sudah sangat bagus. Hal ini bisa dibuktikan seperti di ibukota Jakarta dan kota besar lain yang memiliki sekolah hingga universitas dengan mutu tinggi.

Sehingga, dari sana bisa menghasilkan banyak sumber daya manusia dengan prestasi yang sangat baik.

Argumentasi Menentang

Pendidikan di Indonesia masih sangat jauh dari kata bagus dan maju. Bukan tanpa alasan, pasalnya masih terdapat ketimpangan yang besar di bidang pendidikan antara satu daerah dengan daerah yang lainnya.

Para siswa-siswi yang berada di daerah terpencil masih kesulitan mengakses pendidikan. Selain itu, beberapa di antaranya juga tidak dapat mengenyam pendidikan karena kondisi perekonomiannya yang kurang mendukung.

Kesimpulan

Pendidikan di Indonesia seharusnya bisa dinikmati semua warga negara tanpa pengecualian. Jadi, pemerataan pendidikan akan menjadi salah satu solusi untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

2. Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah

Isu

Sampah merupakan hal yang menjadi permasalahan karena sangat berdampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan.

Selain itu, sampah yang menumpuk juga mengeluarkan aroma yang tidak sedap dan juga sangat mengganggu pemandangan.

Sehingga, banyak orang yang melakukan pemecahan masalah ini dengan cara membakar sampah.

Argumen Mendukung

Membakar sampah merupakan salah satu cara yang cukup praktis untuk mengurangi jumlah sampah yang terus bertambah.

Argumen Menentang

Membakar sampah hanya akan menghasilkan polusi udara dan bau yang tidak enak.

Selain itu, asap yang dihasilkan dari membakar sampah akan merusak lapisan ozon dan menimbulkan masalah yang lebih besar.

Kesimpulan

Pemecahan solusi masalah sampah harus ditangani dengan tepat dan bijak, sehingga tidak berdampak lebih buruk bagi 

3. Contoh Teks Diskusi Tentang Lingkungan

Isu

Sampah plastik merupakan masalah yang sangat serius karena sangat berpengaruh kepada lingkungan.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan produksi sampah plastik terbesar ke 2 di dunia dengan jumlah sampah plastik yang dihasilkan mencapai 7,3 ton per tahun.

Dengan jumlah yang begitu besar, maka pemerintah berencana menerapkan kebijakan berupa cukai pada plastik.

Argumen Mendukung

Banyak masyarakat yang setuju dengan rencana pemerintah tersebut, karena melihat dari besarnya jumlah sampah plastik yang sangat berdampak buruk bagi lingkungan.

Argumen Menolak

Selain banyak yang mendukung terhadap pemberlakuan cukai plastik, namun banyak juga masyarakat yang tidak setuju.

Kebijakan tersebut dinilai tidak efektif untuk mengatasi masalah sampah plastik.

Mereka berpendapat bahwa masih ada cara lain yang lebih tepat, seperti perbaikan dan dukungan terhadap sistem pengelolaan sampah.

Kesimpulan

Peran pemerintah,serta dukungan dari masyarakat untuk serius menangani masalah sampah plastik ini bisa menjadi solusi agar bisa mengatasi masalah ini agar tidak berpengaruh buruk pada lingkungan.

4. Contoh Teks Diskusi Tentang Pergaulan Bebas

Isu

Pergaulan bebas yang semakin banyak terjadi terlebih pada zaman sekarang memang sangat meresahkan karena sangat rentan menimbulkan kenakalan remaja.

Sehingga, banyak orang tua yang melarang anaknya untuk keluar pada malam hari karena khawatir akan melakukan sesuatu yang tidak diinginkan.

Namun, tidak jarang, ada pula orang tua yang memberi kebebasan kepada anaknya untuk memilih pergaulan.

Argumen Mendukung

Ada beberapa hal positif yang bisa didapat dari pergaulan bebas remaja saat ini. Selain bisa menjalin hubungan dengan teman menjadi semakin akrab, mereka juga bisa saling bertukar pengetahuan dan juga pengalaman.

Di samping itu, luasnya pergaulan seorang remaja juga dapat berpengaruh baik terhadap jejaring sosialnya. Mengingat di zaman yang serba cepat seperti sekarang, jaringan dan relasi memiliki peran penting di dalam kehidupan.

Argumen Menentang

Pergaulan bebas tentu banyak memiliki pengaruh buruk atau negatif dibandingkan dengan sisi positifnya.

Tanpa adanya kontrol dari orang tua, mereka bisa terjerumus untuk melakukan sesuatu yang tidak baik, seperti merokok, narkoba, dan juga seks bebas.

Kesimpulan

Peran orang tua untuk mengawasi dan memberikan pengetahuan sangat berpengaruh kepada anak-anak mereka agar tidak terjerumus kepada sesuatu yang tidak baik. 

5. Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan

Isu

Kopi merupakan salah satu minuman favorit yang banyak disukai oleh berbagai kalangan masyarakat.

Tidak hanya itu, kopi juga sudah menjadi salah satu tren khususnya pada kaum muda atau milenial.

Namun, banyak kalangan yang menilai bahwa meminum kopi secara rutin dapat memicu tumbuhnya penyakit kanker.

Jadi, benarkah mengkonsumsi kopi bisa memicu kanker?

Argumen Mendukung

Banyak kalangan yang mendukung bahwa mengkonsumsi kopi secara rutin memang dapat memicu kanker.

Hal ini didukung dengan beberapa hasil penelitian bahwa di dalam kopi terdapat zat kimia yang biasa disebut dengan acrylamide yang bisa memicu kanker.

Argumen Menentang

Mengkonsumsi kopi dapat memberikan dampak yang baik untuk kesehatan.

Beberapa hasil studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit kanker dan juga jantung.

Kesimpulan

Terlepas dari benar atau tidaknya penelitian tersebut, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan.

Jadi, itulah beberapa contoh teks diskusi yang bisa kamu jadikan referensi maupun membuat tugas sekolah. Semoga bermanfaat.

Add Comment