Contoh Proposal Pariwisata untuk Mengembangkan Objek Wisata Air Terjun

Jika tergerak untuk mengembangkan objek wisata tertentu, maka Anda membutuhkan contoh proposal pariwisata untuk mewujudkan rencana tersebut. Dengan adanya proposal pariwisata, Anda dapat memperlihatkan potensi sebuah destinasi kepada Pemerintah maupun investor. 

Semua jenis objek wisata dapat dibuat proposalnya, termasuk destinasi air terjun seperti yang dibahas pada kesempatan kali ini. Bagaimana bentuk proposalnya?

Kenali Contoh Proposal Pariwisata Air Terjun Ini

Pengajuan untuk mengembangkan destinasi air terjun dapat Anda lihat dalam contoh proposal pariwisata berikut ini: 

PROPOSAL PENGEMBANGAN WISATA AIR TERJUN ABCDDESA KETAPANG

LATAR BELAKANG
Potensi alam di setiap daerah Indonesia sangat besar untuk dijadikan sebagai objek wisata. Sayangnya, belum semua daerah potensial terjamah oleh Pemerintah, salah satunya Hutan Pinus ABCD yang terletak di Desa Ketapang. 
Hutan pinus yang berada di lereng gunung pada ketinggian sekitar 750 mdpl tersebut memiliki luas kurang lebih 10 hektar. Lingkungan yang masih asri dan udara yang sejuk sangat ideal sebagai destinasi wisata alam yang menyegarkan pikiran serta menyehatkan badan. 
Pesonanya sangat memukau berupa pohon pinus yang hijau, tinggi dan rindang serta air terjun yang masih terjaga kebersihannya. Campur tangan Pemerintah dibutuhkan untuk mengembangkan hutan pinus dan air terjun tersebut sebagai destinasi wisata alam yang dikenal banyak orang. 

TUJUAN
Adapun tujuan dari pembuatan proposal ini meliputi: 
Mengembangkan area Hutan Pinus dan Air Terjun ABCD sebagai objek wisata alam;Merancang fasilitas wisata yang sesuai dengan kondisi objek wisata tersebut;Mendorong dan membantu penyediaan fasilitas yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat lokal. 

RENCANA KEGIATAN
Berikut rencana yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan objek wisata Air Terjun ABCD dan mengembangkan objek tersebut sebagai destinasi yang dikenal oleh masyarakat luas: 

Memperbaiki fasilitas yang sudah ada yakni kamar mandi dan mushola. Menambah jumlah kamar mandi di area wisata;Membangun tempat duduk, gazebo, aula serbaguna dan area bermain anak;Membangun taman bunga dan lapangan terbuka untuk kegiatan wisata para pengunjung;Mendatangkan hewan-hewan jinak seperti kelinci, rusa dan burung untuk mengisi kebun binatang mini;Menambah kantin dan food court.

ASPEK PASAR
Dalam kaitannya dengan aspek pasar demi terwujudnya objek wisata Air Terjun ABCD yang semakin maju, berikut beberapa hal yang akan kami jelaskan: 
Segmentasi dan Target PasarAir Terjun ABCD ditujukkan untuk semua kalangan masyarakat, baik kelas atas, menengah maupun bawah. Objek wisata ini sangat ideal bagi siapapun yang membutuhkan tempat bersantai dan beristirahat sejenak dari keramaian kota. 

PositioningKami ingin mengembangkan objek wisata Air Terjun ABCD sebagai destinasi wisata alam, wisata keluarga sekaligus wisata edukasi. Kami akan memberlakukan tarif masuk yang murah agar terjangkau oleh kalangan bawah sekalipun. 
Strategi Promosi Kami akan memberikan diskon khusus pada hari libur atau momen spesial. Selain itu, kami akan menyelenggarakan event spesial pada tanggal-tanggal tertentu. 

PENUTUP 
Demikian proposal pengembangan Air Terjun ABCD ini kami susun. Kami berharap Pemerintah dan para calon investor bersedia bergabung untuk memajukan objek wisata penuh potensi ini. 

Contoh proposal pariwisata berguna untuk dipelajari ketika membutuhkan dukungan dari pihak lain untuk mengembangkan objek wisata yang potensial di suatu daerah. Intinya, proposal harus memuat keunggulan dari objek wisata tersebut dan rencana jelas yang Anda miliki agar menarik investor. 

Add Comment