Cara Upload File ke Internet

Internet merupakan akses yang sangat luas, kita bisa mencari dan membagikan apa saja yang kita inginkan. Bagi orang yang suka dengan hal-hal baru, maka bisa menggunakan internet sebagai tempat menambah wawasan yang sebelumnya belum dimiliki.

Bagi orang yang suka berbagi, maka mereka bisa menggunakan internet sebagai tempat berbagi. Nah, pernahkan Anda mendownload sebuah file di internet? Jika sudah, maka file tersebut merupakan sebuah file yang memang sengaja dibagikan oleh seseorang.

Sekarang, pernahkan Anda berfikir akan membagikan sebuah file yang Anda miliki kepada orang lain melalui internet? Jika ya, apakah Anda sudah tahu caranya? Jika belum tahu caranya, pada kesempatan kali ini kami akan menuliskan sebuah artikel mengenai cara mengupload file ke internet dengan mudah.

Sebenarnya cara-cara mengupload file ke internet sudah banyak yang mengetahuinya, namun tidak mengapa karena artikel ini khusus untuk yang belum bisa melakukannya.

Berbagi file ke internet kepada orang lain sangat penting karena selain membantu orang lain juga bisa menambah teman dunia maya. File yang kita upload ke internet akan dapat dilihat oleh semua orang yang menggunakan internet.

Kelebihan lain dari mengupload file ke internet adalah kita tidak memerlukan hardisk, flashdisk, atau tempat penyimpanan lainnya karena file yang diupload akan disimpan di hosting tempat upload tersebut.

Berbagi File di Internet

Tempat upload file yang kami rekomendasikan adalah Google Drive dan Dropbox. Kenapa kami memilih tempat upload file tersebut? Karena menurut kami, tempat tersebut memiliki kemudahan dalam melakukan upload dibandingkan tempat lain, selain itu kecepatan transfer saat file di download juga sangat cepat, jadi tidak akan mengecewakan para downloaders.

1. Google Drive

Google Drive merupakan tempat penyimpanan file online yang dikembangkan oleh Google. Google Drive adalah tempat download paling disukai banyak orang, bukan tanpa alasan, karena kecepatan downloadnya memang mantap.

  • Silahkan masuk ke akun Google masing-masing.
  • Kemudian kunjungi situs ini https://drive.google.com
  • Setelah itu Anda akan dibawa ke halaman drive Anda. Untuk melakukan upload silahkan klik Baru kemudian pilih Upload file seperti gambar di bawah ini. cara upload file ke internet
  • Selanjutnya, silahkan Anda pilih file yang akan diupload ke Google Drive. Jika upload sudah selesai, maka akan muncul notifikasi seperti ini di pojok kanan bawah. cara upload file ke internet
  • Untuk membagikan file yang Anda upload maka harus mendapatkan link downloadnya. Silahkan klik kanan file > Bagikan > Lanjutkan > Ubah hak akses menjadi Aktif – Publik di web > Simpan. Untuk pengaturan hak akses bisa dilihat pada gambar di bawah ini. cara upload file ke internet
  • Langkah terakhir tinggal copy link downloadnya. Caranya klik kanan pada file, lalu pilih Dapatkan tautan yang dapat dibagikan seperti gambar di bawah ini.cara upload file ke internet

Nah, sekarang Anda sudah mendapatkan link download file tersebut, Silahkan bagikan link tersebut ke teman-teman Anda di internet.

2. Dropbox

Dropbox juga merupakan salah satu tempat penyimpanan file online yang banyak penggunanya. Salah satu kelebihan dari DropBox adalah tidak ribet, simpel banget.

  • Silahkan kunjungi https://www.dropbox.com dan masuk ke akun Dropbox masing-masing.
  • Setelah itu Anda akan melihat tombol Upload files dan klik tombol tersebut. cara upload file ke internet
  • Kemudian pilih file yang akan diupload dan tunggu sampai proses selesai seperti ini. cara upload file ke internet
  • Klik view file. Selesai deh, maka Anda akan melihat file yang tadi diupload.cara upload file ke internet

Nah, itulah cara mengupload file ke internet dengan mudah. Mungkin dari tutorial di atas ada bagian yang masih sulit dipahami silahkan tanyakan pada kolom komentar. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Add Comment