Cara Promosi Bisnis dengan TikTok

Strategi marketing saat ini menjadi salah satu aspek penting yang harus dimiliki oleh para pelaku bisnis untuk membuat produk atau brand yang mereka miliki semakin berkembang dan dikenal oleh banyak orang. 

Konsep dan strategi marketing yang tepat, memungkinkan Anda mampu mendapatkan potensi lead yang cukup besar. Para pelaku bisnis seolah dituntut untuk semakin kreatif dalam membuat konten promosi yang kreatif agar bisa tetap bersaing dengan para pesaingnya. 

Saat ini sudah begitu banyak platform media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk menjadi media promosi, seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan yang lagi naik popularitasnya adalah TikTok. Dilihat dari popularitas dan perkembangannya, TikTok mulai dilirik pemilik bisnis sebagai media promosi.

Cara Promosi Bisnis di TikTok Dengan Mudah

Aplikasi TikTok memang lebih dikenal sebagai aplikasi berbagi video mulai dari musik, tutorial, hiburan bahkan juga pendidikan. Selain dapat mengunggah video, para pengguna juga bisa menyimpan video TikTok. 

Cara menyimpan video di TikTok pun terhitung mudah, pasalnya Anda bisa menyimpannya langsung melalui aplikasi maupun dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Namun, bukan berarti platform media sosial yang satu ini tidak dapat dimaksimalkan untuk kegiatan promosi.

Berikut kami berikan 5 cara promosi bisnis di TikTok yang bisa Anda coba.

  1. Pelajari platform TikTok

Bagaimana Anda bisa sukses ketika melakukan promosi di platform media sosial tetapi tidak paham dengan platform itu sendiri. Itulah mengapa, Anda perlu mempelajari TikTok terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk terjun dan menggunakannya.

Oleh karena itu, Anda harus pahami benar cara kerja dan jenis konten yang banyak diminati. TikTok sendiri identik dengan konten yang kreatif, bersemangat. Jika Anda ingin menampilkan cara promosi yang menarik dan lebih fresh, aplikasi TikTok bisa menjadi tempat yang tepat.

  1. Membuat Hashtag Challenge

hashtag challenge adalah salah satu fitur penting di aplikasi TikTok. Saat meng-upload konten, jangan lupa sertakan hashtag agar konten tersebut mudah ditemukan dan bisa cepat populer. 

Membuat hashtag challenge sangat efektif untuk menambah engagement dan brand awareness bisnis. Usahakan untuk membuat hashtag yang mudah diingat, catchy, dan tentunya sesuai dengan bisnis Anda.

  1. Buat Konten yang kreatif

Salah satu hal yang menonjol dari TikTok adalah konten-kontennya yang lucu dan kreatif.  Apapun platformnya, membuat konten yang menghibur, unik, kreatif, dan up to date merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Menayangkan konten yang membosankan dan tidak sesuai dengan momen terkini tentu membuat audiens tidak tertarik dengan konten tersebut. 

Ketika Anda selalu menayangkan konten-konten yang segar, akun Anda akan semakin dilirik oleh pengguna TikTok lain. Dengan begitu, jangkauan akun TikTok Anda akan bertambah dan brand awareness bisnis Anda bisa mengalami peningkatan. 

  1. Buat Konten Behind The Scene

Selain membuat konten yang kreatif, Anda juga bisa membuat konten behind the scene. Ini merupakan cara yang bagus untuk mengajak para audiens melihat bagaimana keseruan dibalik layar brand yang Anda bangun sekarang.

Membuat konten Behind the Scene tidaklah sesulit yang dibayangkan. Bahkan, cara ini sangat menghemat waktu karena  bisa kita melakukannya sembari menjalankan bisnis. Sekaligus melibatkan mereka dalam bentuk pemberian saran, komentar, atau kritik. 

  1. Bekerja sama dengan influencers

Salah satu cara lain untuk meningkatkan promosi bisnis di TikTok adalah dengan membangun hubungan baik dengan influencer. Anda bisa membuat konten yang berkualitas dengan mengajak influencer untuk memberikan review maupun membagikan pengalaman mereka selama menggunakan produk yang ditawarkan.

Meskipun Influencer yang Ada di TikTok belum sebesar Influencer yang ada di Instagram dan YouTube, setidaknya dengan Anda menjalin hubungan dengan para Influencer bisa membuat Anda lebih dikenal dan dijangkau lebih banyak orang.

Kreativitas menjadi kunci utama dalam menghasilkan sebuah konten promosi di TikTok. Konten yang menarik dan menyenangkan tidak hanya akan mempromosikan bisnis, namun juga akan mendorong interaksi dan engagement para penggunanya. 

Selain itu, yang terpenting sebelum membuat konten promosi di TikTok Anda juga harus mempertimbangkan dan menyesuaikan dengan target pemasaran Anda. Kenali juga perilaku para pengguna TikTok serta target konsumen, kemudian ketahui apa saja yang sedang mereka butuhkan dan  senangi saat ini.

Add Comment