Cara Menyunting Teks Ceramah dan Tips Ceramah yang Baik

Pada dasarnya, teks ceramah adalah sebuah teks yang berfungsi untuk membantu penceramah menyampaikan materinya. Dalam membuat sebuah teks ceramah tentu tidak sembarangan. Kamu perlu memperhatikan berbagai aspek seperti struktur, kaidah kebahasaan, dan unsur-unsurnya.

Nah dalam tahap pembuatan teks ceramah, ada yang namanya tahap penyuntingan. Pada tahap inilah teks ceramah yang tadinya dibuat kembali disunting supaya menjadi jauh lebih baik lagi. Lantas, bagaimana caranya menyunting sebuah teks ceramah?

Berikut di bawah ini panduan cara menyunting teks ceramah dan tips ceramah yang baik dan benar.

Cara Menyunting Teks Ceramah

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel tadi, sebelum teks ceramah digunakan dan dibacakan, alangkah baiknya teks tersebut disunting terlebih dahulu. Tahap penyuntingan teks ceramah dilakukan setelah teks ceramah dibuat.

Menyunting teks ceramah bertujuan untuk mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi selama proses pembuatan dan untuk menyempurnakan teks ceramah tersebut.

Supaya hasil suntingan teks ceramahnya bagus, maka seorang penyunting sebaiknya harus:

  • Mengetahui cara penulisan dan penyuntingan teks yang benar.
  • Paham kaidah EYD dan PUEBI.
  • Memahami dan menguasai tema ceramah yang diangkat.

Mengutip dari situs materi sekolah Pendidikanpedia, berikut cara menyunting teks ceramah yang baik dan benar.

  1. Menyiapkan dan menyediakan bahan-bahan penyuntingan seperti kamus dan PUEBI. Keduanya bisa ditemukan dan dibuka secara daring atau online.
  2. Membaca teks ceramah yang akan disunting secara menyeluruh.
  3. Memperhatikan teks secara cermat, baik dari segi cara penyajian isinya maupun kaidah kebahasaannya.
  4. Memperbaiki kesalahan dan kekeliruan yang terdeteksi pada teks secara baik dan benar dengan berpedoman pada sumber-sumber kredibel (KBBI dan PUEBI).
  5. Memastikan kembali teks ceramah dengan cara membacanya sekali lagi.

Tips Ceramah yang Baik dan Benar

Tidak semua orang bisa menjadi seorang penceramah yang baik. Diperlukan banyak belajar dan latihan sampai seseorang benar-benar bisa berceramah dengan baik di depan publik.

Apakah kamu bercita-cita ingin menjadi penceramah? Atau kamu sedang belajar berceramah? Berikut kami berikan beberapa tips ceramah yang baik dan benar. Semoga dapat membantu.

1. Perhatikan Intonasi

Intonasi cukup berperan penting dalam penyampaian materi ceramah. Karena, intonasi dapat menyalurkan energi kepada pendengar.

Maka dari itu selalu perhatikan intonasi bicara kamu ketika berceramah. Jangan sampai kamu berbicara dengan nada yang tidak menarik dan datar begitu saja. Apalagi ketika mengucapkan kata-kata tertentu.

Sebaiknya baca teks ceramah secara menyeluruh dan tentukan intonasi untuk tiap kalimat atau katanya sebelum memulai ceramah. Dengan demikian kamu jadi tahu kapan harus menggunakan nada semangat, gembira, dan ekspres-ekspresi yang lain.

2. Latihan Melafalkan Huruf

Dalam menyampaikan ceramah, isi dan materi ceramah harus dapat diterima dan dicerna dengan baik oleh pendengar.

Jangan sampai apa yang kamu sampaikan adalah A, tetapi yang didengar oleh pendengar justru B. Salah satu usaha yang dapat kamu lakukan untuk bisa menyampaikan materi ceramah dengan baik adalah melatih pelafalan huruf.

Perhatikan setiap kata yang keluar dari mulut. Dan pastikan kamu mengucapkannya dengan benar, jelas, dan tepat. Kamu bisa berlatih dengan cara mengucapkan huruf vokal AIUEO di depan cermin sebelum memulai ceramah. Tak ada cara lain lagi selain terus berlatih untuk terus meningkatkan kemampuan ini.

3. Gunakan Bahasa Tubuh

Dan tips ceramah terakhir adalah gunakan bahasa tubuh. Kalau kamu perhatikan, ada beberapa penceramah yang menggerak-gerakkan tangannya atau menggerakkan bagian tubuh lainnya. Dan ada juga penceramah yang hanya diam berdiri begitu saja bak patung.

Mana yang lebih baik? Mana yang terlihat lebih bagus? Pasti yang pertama atau yang menggerak-gerakkan tangannya, bukan?

Itulah kekuatan dari bahasa tubuh. Bahasa tubuh dapat memengaruhi penglihatan para audiens sehingga perhatian mereka lebih mudah untuk didapat.

Oleh karena itu, gunakanlah bahasa tubuh ketika berceramah. Kamu bisa melihat video-video penceramah terkenal untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan bahasa tubuh ketika berceramah.

Demikian panduan singkat cara menyunting teks ceramah dan juga tips ceramah yang bisa kamu praktikkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Add Comment