Cara Menjaga Kaki Prostetik Agar Awet dan Tahan Lama

Semua orang pastinya menginginkan kakinya utuh. Tetapi takdir tidak bisa diduga-duga dan bisa saja mengarahkan Anda kepada nasib tidak memiliki salah satu anggota badan seperti kaki. Solusinya, Anda dapat menggunakan kaki prostetik/kaki palsu. Oleh karena itu, cara menjaga kaki prostetik penting untuk Anda ketahui.

Sekarang ini banyak orang-orang difabel menggunakan bagian tubuh palsu untuk memaksimalkan fungsi organ tubuhnya, termasuk juga kaki palsu. Jika Anda berkeinginan untuk membeli kaki palsu, maka Prostetika.com adalah pilihan yang tepat dan terbaik. 

Prostetika.com adalah jasa pembuatan kaki palsu, tangan palsu, dan alat rehabilitasi lain yang menyediakan berbagai macam produk prostetik dan ortotik premium. 

Namun, menggunakan tubuh pengganti, misalnya kaki prostetik perlu juga perlakuan khusus.

Bagaimana cara merawatnya? Artikel ini akan membahas bagaimana cara menjaga kaki prostetik agar tetap awet. Yuk, simak!

Apa itu Kaki Prostetik?

Secara umum, yang disebut dengan kaki prostetik adalah kaki tiruan atau kaki palsu yang merupakan alat yang bisa digunakan untuk mengganti peran dari kaki asli  yang tidak ada atau mengalami kecacatan akibat beberapa hal. 

Misalnya penyebab kaki hilang atau cacat adalah bawaan dari lahir, penyakit tertentu, mengalami sebuah kecelakaan yang menyebabkannya harus diamputasi.

Adanya penggunaan kaki prostetik ini agar setiap orang memiliki kesempatan menjalani aktivitasnya dengan lebih mudah, terutama untuk Anda yang berkebutuhan khusus. Karena menawarkan kemudahan aktivitas, Anda bisa mendapatkannya dengan sedikit merogoh kocek. 

Untuk harga kaki prostetik dalam kisaran mulai dari 2 jutaan hingga lebih. Ini tergantung pada bahan dan tingkat kesulitan pembuatannya.

Sebelum memakai kaki prostetik, Anda harus mengetahui sesuatu yaitu setiap kaki palsu tidak bisa digunakan oleh orang lain. Jadi, misal memesan kaki prostetik hanya bisa Anda sendiri yang memakainya. Lalu apakah perawatannya juga berbeda? Berikut penjelasannya!

Cara Menjaga Kaki Prostetik

Saat memiliki kaki prostetik pastinya Anda menginginkannya awet dan bisa berfungsi secara baik. Perawatan yang tepat akan menjadi kunci tercapainya hal itu. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam melakukan perawatan terhadap kaki palsu.

1. Melepasnya Ketika Tidur

Hal yang perlu Anda lakukan agar kaki palsu tetap dalam kondisi yang baik adalah melepaskannya ketika akan tidur. Ini wajib dilakukan karena akan mempengaruhi tingkat keawetannya. Jangan lupa untuk memeriksa pula setiap bagiannya untuk memastikan barangkali terdapat kerusakan atau longgar.

2. Melakukan Pemeriksaan Stump Secara Berkala

Stump atau bagian pangkal kaki adalah tempat yang langsung bersentuhan dengan kaki palsu. Anda harus selalu memeriksanya dan memastikan ada atau tidaknya iritasi, luka, atau infeksi saat memakai kaki palsu.

Selain memeriksanya, pijatlah bagian tersebut secara perlahan menggunakan lotion. Setelahnya balut dengan perban untuk mengurangi adanya pembengkakan pada stump. Hal ini juga agar kaki palsu Anda tidak mengalami kelonggaran akibat kaki tidak sesuai ukuran.

3. Sering-sering Melakukan Latihan Gerak

Cara menjaga kaki prostetik selanjutnya adalah sering melakukan latihan gerak. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah sering-sering melakukan latihan daya tahan, posisi tubuh, hingga peregangan dengan arahan dari fisioterapis. 

Hal ini bisa membuatmu tahu seberapa kuat kaki prostetik Anda mampu menampung beban dan juga aktivitas apa saja yang mampu ditahannya.

4. Memakai Sesuatu yang Sesuai

Meskipun nampak seperti kaki pada umumnya, kaki palsu juga perlu dipakaikan sesuatu yang sesuai. Pertama, sepatu harus pas dan Anda harus menghindari merubah tinggi dari hak sepatu. Kedua, Anda harus memakai kaus kaki yang kering serta bersih saat memakai kaki prostetik.

Siap Menjaga Kaki Prostetik Anda Sekarang Juga?

Untuk Anda yang telah membaca cara menjaga kaki prostetik atau kaki palsu seperti tips di atas, jangan lupa untuk membersihkan soketnya dengan sabut secara teratur. Ingat untuk selalu menjaga berat badan agar kaki tetap muat digunakan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Add Comment