Cara Menghapus Wifi di Laptop

Menghapus WiFi dari laptop adalah hal yang perlu dilakukan pada beberapa kondisi, contohnya ketika suatu koneksi WiFi mengganti password. Tanpa menghapus WiFi tersebut, maka koneksi internet akan error atau tidak bisa terhubung karena password yang dimasukkan salah.

Memang, ada beberapa perangkat yang otomatis meminta password baru ketika ada WiFi yang mengganti password. Namun, ada juga perangkat yang tidak meminta password baru, melainkan tetap terhubung dengan password lama dan mengakibatkan tidak bisa terhubung ke internet.

Untuk itu, penting bagi kita semua mengetahui cara menghapus WiFi di laptop ataupun komputer. Untuk melakukan hal ini, sebenarnya caranya sangat mudah. Kita tidak perlu aplikasi pihak ketiga karena Windows sendiri sudah menyiapkan fitur bawaan.

Namun, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 memiliki cara yang berbeda dalam hal ini. Tapi tenang, saya akan memberikan cara setiap OS agar Anda bisa dengan mudah mempraktikkannya.

Cara Menghapus Wifi di Laptop

Cara Menghapus WiFi di Windows 7

Di Windows 7, kita bisa menggunakan beberapa cara. Namun, cara yang cukup mudah adalah dengan menggunakan CMD (Command Prompt). Yang sedikit rumit dalam langkah ini hanyalah saat menginput kode yang digunakan saja, tapi kalau sudah hafal ya bakal mudah banget.

Oke, bagi pengguna Windows 7, berikut adalah cara menghapus WiFi di laptop:

  1. Pertama, silahkan buka CMD dengan cara klik Start di pojok kiri bawah. Ketikkan CMD untuk mencari program tersebut. Setelah muncul, silahkan klik kanan lalu pilih Run As Administrator.
  2. Setelah masuk ke CMD, silahkan ketikkan netsh wlan show profiles untuk menampilkan WiFi yang terhubung dengan laptop Anda.
  3. Jika sudah, Anda akan melihat nama-nama WiFi yang terhubung secara lengkap.
  4. Untuk menghapus WiFi tersebut, silahkan ketik netsh wlan delete profile name=”Nama WiFi” (Ganti nama WiFi sesuai nama yang ingin Anda hapus) lalu tekan Enter.
  5. Sampai disini, Anda sudah berhasil menghapus WiFi di Windows 7.

Sekarang, Anda harus memasukkan ulang password yang dihapus tadi jika ingin menggunakannya.

Oh ya, sebagian pengguna Windows 7 sering mengalami error ketika proses menghapus WiFi. Hal ini disebabkan oleh penulisan kode yang salah. Jadi, jika tadi Anda mengalami error, maka kemungkinan memang salah dalam penulisan kode, pastikan sama dengan yang dicontohkan ya.

Cara Menghapus WiFi di Windows 10

Cara menghapus WiFi di laptop Windows 10 sebenarnya bisa dengan CMD juga. Namun, pada langkah ini saya akan memberikan cara yang berbeda agar lebih bervariasi. Oh ya, cara ini juga bisa dipraktikkan di Windows 8 ya, karena interfacenya kemungkinan juga sama.

Oke, berikut cara menghapus WiFi di Windows 8 dan Windows 10:

  1. Pertama, silahkan buka Settings. Caranya, klik Start lalu pilih icon gear pada menu start tersebut.
  2. Setelah itu, Anda akan melihat banyak pengaturan yang ada, pilih Network & Internet.
  3. Jika sudah terbuka, Anda juga akan menemui pengaturan seperti WiFi, Ethernet, Dial-up, sampai VPN. Karena hendak menghapus WiFi, maka kita pilih WiFi.
  4. Pada tahap selanjutnya, silahkan klik Show available networks untuk menampilkan WiFi yang terhubung ke Windows.
  5. Setelah itu, akan muncul semua WiFi yang terhubung. Untuk menghapusnya, silahkan pilih WiFi yang akan dihapus lalu klik Forget.
  6. Selesai.

Nah, sekarang, WiFi di laptop Windows 8 dan Windows 10 Anda sudah benar-benar terhapus. Sama halnya dengan cara sebelumnya, Anda harus memasukkan ulang password ketika ingin menggunakan WiFi tersebut.

Demikianlah artikel yang bisa dibagikan. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita semua.

Add Comment