Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop

Bermula dari perangkat HP, kini WhatsApp sudah mulai menyapa pengguna desktop. Ya, benar, developer WhatsApp saat ini sudah resmi meluncurkan WhatsApp untuk pengguna laptop maupun komputer.

Mungkin, hal ini dilakukan karena semakin banyaknya pengguna WhatsApp yang bukan dari perangkat mobile saja. Oleh karena itu, agar jangkauan semakin luas, WhatsApp memberikan dukungan kepada pengguna desktop juga.

Bagi Anda yang lebih dominan menggunakan perangkat desktop, tenang saja, Anda bisa menggunakan WhatsApp di laptop dengan sangat mudah. Sebenarnya ada bebera cara yang bisa digunakan, namun kali ini saya menggunakan cara yang tanpa emulator saja.

Cara Install WhatsApp di Laptop

Untuk menggunakan WhatsApp di laptop, Anda diberikan 2 pilihan, yaitu menggunakan WhatsApp Web dan menggunakan aplikasi WhatsApp. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak rincian di bawah ini:

1. WhatsApp Web

Yang pertama adalah WhatsApp Web, yaitu sebuah fitur layaknya aplikasi WhatsApp pada umumnya yang didesain khusus untuk dibuka dan diakses melalui website. Jadi, Anda tidak perlu menginstall aplikasi apapun saat menggunakan WhatsApp Web.

Walaupun dikhususkan untuk pengguna desktop, situs ini juga tetap bisa diakses melalui mobile. Namun, tampilannya mungkin kurang responsif karena tujuan pembuatan WhatsApp memang untuk pengguna desktop.

Untuk menggunakan WhatsApp Web, Anda hanya memerlukan sebuah web browser saja. Untuk web browsernya bebas ya, boleh Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Opera, ataupun browser lainnya.

Bagi yang tertarik menggunakan WhatsApp Web di laptop, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  1. Pertama, silahkan buka website WhatsApp Web terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, Anda akan menemui halaman seperti gambar di bawah ini.cara menggunakan whatsapp di laptop dengan whatsapp web
  3. Yang perlu Anda lakukan hanyalah scan kode yang ada pada website WhatsApp Web. Caranya, silahkan buka WhatsApp di HP Anda, setelah itu klik titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih WhatsApp.
  4. Jika sudah di scan, maka secara otomatis WhatsApp Anda akan beralih ke WhatsApp Web dan siap digunakan.
  5. Selesai.

Nah, sekarang, Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp di laptop tanpa harus install aplikasi apapun. Cara ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki laptop dengan spesifikasi standar, sehingga tidak akan membebani kinerja laptop.

2. Aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp di laptop secara umum hampir sama dengan WhatsApp. Bedanya, WhatsApp yang satu ini memang benar-benar berbentuk aplikasi, bukan sebuah web.

Jadi, sebelum menggunakannya, Anda harus menginstall aplikasi WhatsApp terlebih dahulu. Bagi pengguna Windows 10, Anda bisa mendapatkannya di Windows Store. Namun, Anda juga bisa mendownloadnya melalui website resmi WhatsApp.

Bagi yang ingin menggunakan aplikasi WhatsApp ini, berikut caranya:

  1. Pertama, silahkan kunjungi halaman download aplikasi WhatsApp.
  2. Setelah itu, pilih aplikasi sesuai perangkat Anda. Biasanya website akan langsung mendeteksi perangkat yang Anda gunakan. Sebagai contoh saya menggunakan Windows 10 64-bit, maka saya klik Unduh untuk Windows (64-bit).WhatsApp Laptop
  3. Selanjutnya, silahkan install aplikasi tersebut sampai selesai. Jika sudah, langsung buka aplikasinya, maka Anda akan melihat tampilan seperti yang ada pada WhatsApp Web tadi.cara menggunakan whatsapp di laptop dengan whatsapp web
  4. Silahkan scan barcode yang ada di aplikasi tersebut menggunakan fitur di WhatsApp HP Anda.
  5. Jika sudah, maka aplikasi WhatsApp di laptop Anda siap digunakan.
  6. Selesai.

Oh ya, aplikasi WhatsApp ini hanya tersedia untuk pengguna Windows 8 ke atas ya. Untuk pengguna Windows 7, masih sangat random, ada yang bisa dan ada yang tidak.

Jadi, bagi Anda yang menggunakan Windows 7, bisa coba dulu install aplikasi WhatsApp. Kalau bisa, maka Anda sangat beruntung, tapi kalau gagal, yaudah memang sebenarnya aplikasinya tidak support Windows 7.

Untuk itu, jika Anda tetap ingin menggunakan WhatsApp di laptop dengan install aplikasi, maka jalan satu-satunya adalah dengan upgrade versi Windows ke versi paling baru, yaitu Windows 10.

Bagi yang ingin melakukannya, silahkan baca cara instal Windows 10 sebagai panduan instalasi. Setelah selesai, silahkan install aplikasi WhatsApp tadi, saya jamin 100% berhasil.

Yang perlu diketahui ketika menggunakan cara ini adalah, HP Anda harus selalu aktif. Karena kalau tidak aktif, maka WhatsApp di laptop juga tidak akan berfungsi.

Demikianlah artikel mengenai cara menggunakan WhatsApp di laptop. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua.

Add Comment