Cara Mengetahui Bit Laptop

Pada Laptop dan komputer umumnya memiliki dua jenis sistem bit yakni 32 bit dan 64 bit, baik itu di Windows 10, 8, dan Windows 7. Mengecek Laptop 32 bit atau 64 bit sangatlah penting diketahui. Hal tersebut dilakukan agar OS yang diinstall benar-benar sesuai dengan Laptop yang digunakan.

Tipe prosesor tersebut akan sangat berpengaruh terhadap sistem operasi yang akan digunakan. Prosesor 64 bit mampu menjalankan sistem operasi 32 bit maupun 64 bit. Namun, jika Laptop anda menggunakan prosesor 32 bit, maka Anda hanya dapat menggunakan OS 32 bit dan tidak dapat menggunakan OS 64 bit.

Oleh karena itu, sebelum Anda melakukan proses install sebuah sistem operasi seperti Windows, maka silahkan cek bit prosesor Laptop terlebih dahulu untuk menyesuaikan dengan bit Windows yang akan digunakan.

Cara Mengetahui Bit Laptop di Windows

Anda hanya perlu mencocokkan bit Windows yang akan diinstall dengan bit prosesor di Laptop Anda. Oleh karena itu Anda harus mengetahui bit prosesor Laptop anda. Nah, bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mencari cara mengetahui bit Laptop, Artikel dari piwiq.com ini akan membantu Anda untuk mengetahui cara mengetahui bit Laptop di Windows 10, 8, dan Windows 7 dengan mudah.

1. Melalui System Properties

Cara yang pertama untuk mengetahui bit Laptop adalah dengan cara melalui System Properties. System properties merupakan software bawaan Windows yang berisi beberapa informasi terkait OS yang digunakan, Spesifikasi Laptop secara singkat, nama Laptop, dan keterangan aktivasi Windows.

Berikut langkah langkah Cara mengetahui bit Laptop menggunakan System Properties, Simak penjelasannya dibawah ini:

  • Pertama, buka Aplikasi Windows Explorer di PC/Laptop Anda.
  • Pada halaman utama Windows Explorer, klik kanan pada This PC kemudian klik opsi Properties.
  • Tunggu hingga beberapa saat sampai System Properties terbuka. Untuk melihat bit PC/Laptop, silahkan Anda fokus pada bagian System type.

2. Menggunakan DXDIAG

DXDIAG tidak hanya digunakan untuk melihat bit Laptop saja. Software ini juga dapat digunakan untuk melihat informasi Windows secara lengkap, bahkan DXDIAG jauh lebih lengkap dari pada System Properties.

Berikut adalah langkah-langkah melihat bit Laptop menggunakan DXDIAG:

  • Pertama, silahkan Anda buka Run dengan cara menekan tombol Windows + R.
  • Setelah jendela Run sudah terbuka, kemudian ketikkan dxdiag lalu tekan Enter.
  • Anda akan melihat beberapa tab informasi seperti system, display, render, sound, dan input.
  • Silahkan Anda pilih tab Display dan lihat pada bagian Operating System, maka Anda akan melihat bit Laptop yang digunakan.

3. Melalui System Information

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui bit Laptop yang saat ini Anda gunakan adalah dengan menggunakan System Information. Aplikasi System Information merupakan Aplikasi built-in Windows yang berarti Anda tidak perlu menginstallnya secara manual.

Aplikasi ini akan memberikan banyak informasi terkait Laptop Anda, mulai dari jenis prosesor, tipe prosesor, versi Windows dan lain sebagainya. Berikut adalah langkah-langkah melihat bit Laptop menggunakan System Information:

  • Pertama, buka kolom pencarian di Windows Anda.
  • Kemudian ketikkan System Informasi, lalu buka Aplikasi tersebut.
  • Jika System Informasi sudah terbuka, klik System Summary untuk melihat ringkasan system.
  • Informasi terkait bit Laptop bisa Anda lihat pada bagian System type.

4. Menggunakan About your PC

Melalui About your PC ini beberapa informasi singkat Laptop dengan OS Windows 10 bisa diketahui. Fitur about your PC ini baru ada di Windows 10, sedangkan untuk Windows 7 dan Windows 8 memang tidak ada. Jadi, cara ini hanya saya khususkan untuk pengguna Windows 10 saja.

Berikut adalah langkah-langkah melihat bit Laptop menggunakan About your PC:

  • Pertama, buka kolom pencarian di Windows 10.
  • Kemudian ketikkan About your PC, lalu buka Aplikasi tersebut.
  • Jika sudah terbuka, perhatikan pada Device Spesifications dan lihat bagian System type, maka Anda akan melihat informasi bit Laptop.

5. Menggunakan CPU-Z

Salah satu Aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui bit Laptop adalah CPU-Z. Aplikasi ini cukup terkenal di kalangan pengguna komputer karena kemampuannya dalam memberikan gambaran tentang sistem komputer yang dimiliki dengan cukup jelas dan konkret.

Tidak seperti cara sebelumnya, Anda harus menginstall Aplikasi CPU-Z terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Berikut adalah langkah-langkah melihat bit Laptop menggunakan Aplikasi CPU-Z:

  • Pertama, silahkan Download Aplikasi CPU-Z terlebih dahulu disini.
  • Kemudian install dan buka Aplikasi tersebut.
  • Jika Aplikasi CPU-Z sudah terbuka, klik tab About yang terletak pada menu paling kanan.
  • Untuk melihat bit Laptop, silahkan perhatikan pada bagian Windows Version.

Itulah beberapa cara mengetahui bit Laptop yang dapat Anda terapkan dengan mudah. Semoga dengan beberapa tutorial singkat diatas Anda dapat mengetahui bagaimana cara mengetahui bit Laptop dengan mudah dan cepat. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Add Comment