Cara Mengatasi Android Tidak Bisa Kirim SMS

Masalah gagal mengirim SMS pada dasarnya bisa terjadi pada semua Merk smartphone, mulai dari HP Samsung, Asus, Oppo, Lenovo dan tentunya juga bukan hanya Telkomsel saja, beberapa provider lain seperti IM3, Axis, XL dan lainnya lagi pun bisa mengalami hal serupa.

Bukan hanya tidak bisa kirim sms premium saja, banyak yang mengalami sama sekali tidak bisa melakukan pesan keluar ke nomor tertentu pada kontak. Tentu sangat menjengkelkan bukan? Apalagi jika saat itu kamu memang sedang sangat perlu untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Selain SMS, biasanya kamu juga tidak bisa melakukan dial kode UMB misalnya saat kamu akan cek pulsa, cek kuota atau beli paketan baik itu internet maupun nelpon dan SMS, kadang muncul peringatan masalah kode mmi tidak valid.

Nah sebenarnya apa penyebabnya? Kali ini saya akan berikan beberapa cara bagaimana untuk memperbaiki error seperti itu, berikut ulasannya:

Registrasi Ulang Nomor

Cara mengatasi hp android tidak bisa kirim sms yang pertama adalah dengan melakukan registrasi ulang. Untuk kamu yang merupakan pelanggan prabayar baik itu kartu Telkomsel maupun provider lain, usahakan segera lakukan registrasi nomor memakai data NIK dan KK lalu mengirimnya lewat SMS ke 4444.

Hal ini dikarenakan apabila kamu tidak melakukannya, maka nomor HP kamu bisa diblokir sehingga layanan seperti SMS, Nelpon dan internetan tidak akan bisa berjalan.

Periksa Nomor Pusat Layanan

Kalau terus terusan tidak bisa mengirim SMS padahal nomor sudah berhasil registrasi, pulsa ada dan untuk menerima SMS juga bisa, kemungkinan itu karena nomor pusat layanan atau pengaturan nomor SMSC tidak tepat. Memang kejadian seperti ini kemungkinan sangat jarang sekali terjadi. Karena pada dasarnya Nomor pusat layanan umumnya sudah bawaan sesuai kartu SIM yang kamu gunakan.

Mungkin soluisnya kamu bisa mencoba periksa seperti langkah dibawah ini untuk memastikannya.

  1. Buka menu atau aplikasi SMS di ponsel kamu, lalu klik pengaturan (biasanya ada di bagian pojok yang bergambar icon tiga titik).
  2. Selanjutnya pilih menu Pesan Teks.
  3. Disini merupakan tempat untuk melakukan pengaturan nomor pusat layanan SMS, pastikan untuk operator Telkomsel, Kode SMSC nya menggunakan +6281100000

Untuk kartu SIM Card lain bisa kamu lihat daftarnya dibawah ini:

Daftar Nomor Pusat Layanan SMS

Axis : +628315000031

Indosat IM3 : +62855000000

Smartfren : +628811223344

Nah, khusus untuk kamu pengguna smartphone Xiaomi dan Oppo, cara pengaturannya bisa ikuti langkah seperti berikut:

  1. Buka aplikasi pengaturan atau settings.
  2. Cari menu Aplikasi Sistem.
  3. Lalu cari aplikasi “Pesan” dan klik.
  4. Selanjutnya pilih Setelan tambahan atau advanced settings, klik Nomor Pusat SMS.

Bersihkan Cache File Aplikasi

Tips sekanjutnya yang bisa kamu coba yakni membersihkan file sampah atau cache file pada aplikasi perpesanan yang kamu pakai di smartphone android kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti Ccleaner misalnya, Sedangkan untuk menutup paksa aplikasi caranya tinggal masuk ke menu Aplikasi, Pilih Aplikasi Sistem, lalu cari dan klik aplikasi PESAN.

Selanjutnya klik tutup paksa, lalu setelah beberapa detik atau menit, buka kembali aplikasi pesan dan coba untuk mulai mengirim pesan keluar lagi.

Periksa Nomor Tujuan

Langkah selanjutnya, apabila Androidmu untuk mengirim pesan keluar ke nomor lain normal, namun ke nomor tertentu tidak bisa, kemungkinan itu dikarenakan nomor tujuan yang ingin kamu hubungi sudah terblokir atau sudah non aktif. Hal ini bisa saja, seperti saat mengalami masalah tidak bisa melakukan panggilan keluar, itu kan salah satu penyebabnya karena nomor yang kamu telepon sudah terblokir.

Untuk itu pastikan lah bahwa nomor tersebut masih dalam keadaan aktif.

Itulah beberapa cara mengatasi Android tidak bisa kirim SMS. Jika kamu masih mengalami error padahal sudah mencoba semua cara diatas, kamu bisa coba restart ponsel kamu dulu, dan jika masih error lagi, hubungi saja Call center resmi masing masing provider untuk menanyakannya lebih lanjut.

Add Comment