Cara Mempercepat Android

Ponsel Android mu lemot? Jangan khawatir, kini banyak informasi mengenai cara mempercepat Android agar kinerjanya tidak lambat.

Menggunakan ponsel yang lemot itu memang sangat mengganggu, terlebih bagi kamu yang rutinitas kesehariannya selalu mengandalkan ponsel genggam, bukan begitu?

Ada banyak faktor yang membuat ponsel kita menjadi lambat, diantaranya seperti usia pemakaian, banyak aplikasi tidak penting yang menyita ruang penyimpanan dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Kini, kami sudah merangkum informasi dari situs winstrix mengenai cara mempercepat HP Android agar kinerjanya tidak lambat.

Bagi kamu pengguna Android yang HP-nya terasa lambat dan bingung bagaimana cara mengatasinya, silahkan simak ulasan di bawah ini.

1. Gunakan Launcher

Mungkin dari sekian banyaknya pengguna Android lupa akan hal ini. Salah satu kelebihan dari menggunakan Android adalah, mudah dalam melakukan kustomisasi secara manual.

Jadi, kamu bisa merubah tampilan bawaan Android menjadi tampilan yang dibawa oleh OEM pada perangkat Android.

Menariknya lagi, dengan menggunakan Launcher, kamu juga bisa mengatasi beragam permasalahan pada perangkat Android, misal salah satunya seperti mengatasi Android yang kinerjanya lambat.

Jika ponsel Android yang kamu gunakan itu memang benar terasa lambat, maka silahkan gunakan cara ini. Semoga berhasil.

2. Matikan Sinkronisasi

Cara mempercepat Android yang kedua adalah, matikan sinkronisasi pada perangkat tersebut. Tapi untuk tetap menghubungkan dengan semua akun yang ter-install di perangkat Android, kamu harus tetap menyalakan fitur Auto-Sync. Walaupun sebenarnya sangat beresiko dengan kinerja Android.

Jika kebutuhan kamu untuk mempercepat Android, maka matikan fitur sinkronisasi. Tapi, kamu juga harus menerima konsekuensinya. Yaitu, tidak akan terhubung dengan semua akun yang terpasang pada perangkat Android.

Sebenarnya hal ini tidak jadi persoalan, karena untuk menghubungkan akun tersebut bisa dilakukan secara manual, yang penting ponsel Android yang kamu gunakan sudah tidak lambat lagi kinerjanya.

3. Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Menghapus aplikasi yang tidak penting itu merupakan bagian dari cara mempercepat Android paling ampuh. Pasalnya aplikasi yang tidak penting ini, akan selalu jarang digunakan.

Kenapa demikian? Karena aplikasi yang tidak digunakan akan menyita kapasitas ruang penyimpanan. Dengan begitu akan berdampak buruk terhadap kinerja ponsel Android, yaitu akan terasa lambat.

Oleh karena itu, silahkan hapus aplikasi yang memang sudah tidak digunakan sama sekali.

4. Reset Ulang

Dari sekian banyaknya tutorial cara mempercepat HP Android. Menurut kami, langkah seperti ini merupakan cara yang paling ampun dan tokcer.

Teorinya seperti ini, jika kamu melakukan restore atau reset ulang ke pengaturan pabrik, maka seluruh data akan diperbaharui seperti awal. Dengan begitu, ponsel Android yang kamu gunakan akan terasa seperti baru lagi.

Tapi, kamu juga harus menerima konsekuensinya. Kira-kira apa? Yaitu kehilangan data-data penting yang selama ini sudah kamu simpan didalam HP Android.

Jika kamu tetap ingin melakukan cara ini untuk mempercepat kinerja HP Android, silahkan lakukan dan rasakan perbedaannya seperti apa.

5. Perhatikan Ruang Penyimpanan

Kenapa harus memperhatikan ruang penyimpanan internal pada HP Android? Karena setiap ponsel yang dibuat oleh masing-masing distributor itu mempunyai spesifikasi memori yang beragam. Baik itu 1 gb, 2gb, 4 gb, 6 gb dan masih banyak lagi ukuran lainnya.

Oleh karena itu, jika tidak ingin HP Android yang kamu gunakan itu lambat, maka cermati ruang penyimpanan internal.

***

Sekian ulasan kali ini tentang cara mempercepat HP Android, semoga bermanfaat!

Add Comment