Cara Memilih Power Supply yang Berkualitas

Agar sebuah komputer dapat berjalan dengan baik, tentunya dibutuhkan beberapa komponen penting supaya perangkat tersebut dapat beroperasi sebagai mana mestinya. Salah satu komponen penting yang harus dimiliki oleh sebuah komputer adalah power supply.

power supply sendiri berfungsi untuk menstabilkan arus listrik sehingga beberapa komponen hardware yang ada di komputer terhindar dari korsleting. Karena fungsi yang dimilikinya itu, pemilihan power supply tidak bisa dianggap remeh, karena hal tersebut berhubungan dengan masuk keluarnya arus listrik pada sebuah komputer.

Cara Memilih Power Supply yang Tepat

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih sebuah power supply. Apa sajakah itu? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjelasan cara memilih Power Supply berikut ini:

Perhatikan Kualitas dan Merk

Sebuah power supply yang berasal dari merk ternama, biasanya juga memiliki kualitas yang lebih baik serta lebih dipercaya oleh para pengguna komputer. Namun, belum tentu merk yang tidak ternama memiliki kualitas yang buruk. Akan tetapi, alangkah baiknya jika Anda membeli power supply yang berasal dari merk ternama.

Selain itu, jangan mudah tergiur dengan harga murah dari sebuah produk power supply. Biasanya, barang tersebut memiliki kualitas yang tidak apik. Power supply dengan kualitas yang buruk tentu akan membuatnya tidak tahan lama dan akhirnya menjadi lebih cepat rusak.

Perhatikan Daya Tampung Maksimal dari Power Supply

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan dalam cara memilih Power Supply ialah dengan melihat daya tampung yang dimiliki produk tersebut. Setiap PC tentunya memiliki penggunaan daya yang sudah ditetapkan dari awal. Oleh karena itu, pilihlah sebuah power supply yang bisa memenuhi daya tampung dari PC tersebut.

Misalnya, jika PC yang Anda gunakan memiliki penggunaan daya sebesar 450 W, maka carilah power supply yang setara atau lebih tinggi dari daya tampungnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari korsleting pada saat pemakaian.

Cari Power Supply yang Memiliki Label Bronze dan 80+

Ternyata, label bronze yang tertera pada sebuah power supply menandakan bahwa komponen tersebut mempunyai tingkat efisiensi di atas 80%. Dengan tingkat efisiensi power supply yang semakin besar, maka hal ini dapat membuat biaya listrik yang dihasilkan menjadi semakin kecil.

Menurut data dari Teknolova.com label 80+ menandakan bahwa komponen tersebut sudah melewati proses Quality Check. Jadi, pada saat Anda akan membeli sebuah power supply, pastikan bahwa produk tersebut memiliki kedua label bronze dan 80+.

Efisiensi Produk

Tentunya, setiap merk power supply menawarkan berbagai macam efisiensi untuk memberi bukti bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang baik. Nah, efisiensi yang dimaksud ialah seberapa besar power supply bisa memberikan suplai daya untuk PC yang Anda gunakan.

Sebuah power supply yang bagus dan berkualitas, memiliki tingkat efisiensi yang mencapai 80%. Apabila efisiensi kurang dari itu, maka dapat dimungkinkan sebuah PC tidak bisa bekerja secara maksimal.

Carilah Informasi Lebih Lanjut

Cara memilih Power Supply untuk bisa mendapatkan produk dengan kualitas terbaik ialah dengan mencari informasi yang lebih detail. Satu hal yang harus Anda ketahui bahwa kualitas dari power supply itu sendiri tidak hanya terbatas pada beberapa syarat yang sudah dijelaskan di atas.

Oleh karena itu, carilah informasi lebih lengkap di internet, atau Anda juga bisa menanyakan produk tersebut pada beberapa teman yang pernah menggunakannya.

Jadi, bagi Anda yang sedang mencari power supply, jangan mudah tergiur dengan tawaran harga yang lebih murah. Selain itu, pastikan bahwa Anda mendapatkan informasi yang lebih mengenai spesifikasi produk yang akan dibeli. Semoga cara memilih Power Supply dapat membantu Anda untuk menemukan produk terbaik dan berkualitas tinggi.

Add Comment