Cara Membuat Tepung Jagung

Cara Membuat Tepung Jagung – Jagung merupakan makanan pokok di beberapa daerah. Dan kita juga mengetahui bahwa jagung dapat digunakan untuk membuat berbagai macam olahan makanan.

tepung jagung

Seperti bakwan jagung, perkedel jagung, sup jagung, martabak jagung, sweet corn, hingga es krim jagung. Hmm, lezat sekali ya…!

Tak hanya itu, jagung juga dapat diolah menjadi tepung jagung atau yang lebih kita kenal dengan nama tepung maizena. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat tepung jagung yang sangat mudah ini.

Bagi anda yang hobi masak atau sekadar ingin coba-coba saja bisa dengan mudah membuatnya di rumah. Karena alat dan bahannya sangat mudah didapatkan. Yuk langsung saja simak selengkapnya cara membuat tepung jagung di bawah ini!

Alat yang dibutuhkan

  1. Jagung secukupnya
  2. blender
  3. Mesin pemipil jagung
  4. Saringan atau ayakan

Cara membuat tepung jagung

  1. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah memilih jagung. Pastikan jagung yang anda pipilih adalah jagung yang sudah tua.
  2. Jika sudah menemukan jagung yang sudah tua, jemurlah tongkolnya di bawah sinar matahari langsung. Jemur jagung tersebut hingga benar-benar kering.
  3. Bila sudah kering, anda dapat melepaskan semua biji jagung dari batangnya. Jika kesulitan anda dapat menggunakan mesin pemipil jagung untuk mempercepat prosesnya.
  4. Haluskan biji jagung. Bisa menggunakan blender atau dengan cara ditumbuk.
  5. Ketika memblender biji jagung, pastilah terdapat hasil yang halus dan kasar. Pisahkan bagian tepung yang halus dan yang kasar menggunakan saringan. Ambilah tepung yang kasar kemudian blender kembali hingga halus.
  6. Apabila tepung yang dihasilkan terasa lembab, jemurlah kembali.
  7. Juka sudah kering, tepung pun siap digunakan untuk berbagai olahan makanan.

Nah demikianlah cara membuat tepung jagung yang sangat mudah. Kini anda sudah bisa mempraktekannya sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Add Comment