Cara Membuat Kue Ongol-Ongol Ketan Hitam

Kue Ongol-ongol ketan hitam – Kue basah tradisional memang masih menjadi favorit banyak orang. Meskipun semakin menjamurnya kue-kue modern, namun pamor beberapa kue tradisional masih sangat tinggi.

Kue Ongol-Ongol Ketan Hitam

Cara-Membuat-Ongol-Ongol

Salah satu kue tradisonal yang masih digemari oleh masyarakat adalah kue ongol-ongol ketan hitam. Kue dengan bahan dasar ketan hitam yang legit ini memiliki cita rasa kenyal dan manis.

Jika Anda mengaku pecinta kue basah, ongol-ongol menjadi salah satu kue yang wajib Anda cicipi. Anda bisa mendapatinya di pedagang kue basah atau di pasar tradisional disekitar temat tinggal Anda.

Jika Anda ingin membuatnya sendiri juga sangat mudah. Anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah.

Proses pembuatan ongol-ongol ketan hitam ini sangat sederhana. Selain ketan hitam, Anda bisa menambahkan beberapa bahan lain. Seperti daun pandan, tepung sagu, santan, hingga gula merah.

Bahan-bahan tersebut terbilang mudah ditemukan disekitar Anda. Proses pembuatannya tidak memerlukan waktu lama, namun diperlukan ketelatenan sehingga bisa mendapatkan ongol-ongol yang lezat.

Pada kesempatan ini akan diulas tentang resep kue basah ongol-ongol ketan hitam yang lezat dan mudah untuk dipraktekkan.

Berikut cara membuat kue ongol-ongol ketan hitam:

Bahan-bahan untuk membuat kue ongol-ongol ketan hitam

  • Beras ketan hitam rendam selama 1 jam 300 gram
  • Daun pandan 2 lembar
  • Garam ½ sendok teh
  • Tepung sagu 100 gram
  • Air 600 ml
  • Gula merah 150 gram sisir halus
  • Santan 300 ml dari ½ butir kelapa

Bahan taburan:

  • Garam ¼ sendok teh
  • Daun pandan 1 lembar
  • Kelapa parut kasar 100 gram

Cara Membuat Ongol-Ongol Ketan Hitam

  1. Pertama-tama buat bahan taburannya terlebih dulu dengan mengaduk rata semua bahan taburan dan kukus selama 15 menit. Kemudian sisihkan.
  2. Beras ketan yang telah direndam dikukus selama 30 menit sampai mekar. Kemudian siapkan air di panci terpisah dan rebus bersama dengan daun pandan sampai mendidih.
  3. Setelah itu, masukan beras ketan hitam dan aduk-aduk sampai airnya terserap semua. Masukan gula merah dan aduk sampai larut.
  4. Tuangkan larutan tepung sagu dan garam. Tambahkan santan dan aduk-aduk sampai merata.
  5. Selagi adonan masih panas, ambil satu sendok adonan ongol-ongol kemudian gulingkan pada bahan taburan. Lakukan sampai adonan habis dan sajikan.

Demikian resep membuat kue ongol-ongol ketan hitam lezat dan nikmat yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Kue tradisional ongol-ongol ini dapat disajikan sebagai teman minum teh atau suguhan untuk para tamu. Selamat mencoba.

Add Comment