Cara Membuat Motor Kinclong

Pada setuju gak si kalau penampilan sepeda motor itu berperang sangat penting? Kalau saya pribadi setuju, kenapa Sebab dengan tampilan yang bagus dapat membuat kepercayaan diri semakin meningkat.

Coba deh kamu bayangkan gimana sensasinya mengendarai sepeda motor yang tampilannya bagus, terlebih pada permukaan body-nya warna cat-nya masih mengkilap? Tentu saja dapat meningkatkan kepercayaan diri bukan?

Selain itu, kamu juga bisa lebih nyaman lagi dalam mengendarai-nya. Oleh karena itu betapa pentingnya kita harus bisa merawat warna cat motor agar tidak mudah pudar.

Lantas bagaimana cara membuat warna cat motor tetap kinclong dan mengkilap? Mudah dan simpel kok, cuman balik lagi ke pemiliknya apakah ingin menerapkan atau tidak.

Kalau saya pribadi si sering menerapkan cara ini. Penasaran kan seperti apa metodenya?

1. Parkirkan Motor di Tempat Teduh

cara mengkilapkan body motor

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah, membiasakan diri untuk memarkirkan sepeda motor di tempat yang tidak tersorot sinar matahari. Misal seperti di bawah atap bangunan.

Walaupun bagian ini terlihat sepele tapi bisa mengakibatkan warna cat motor cepat pudar lho. Kenapa saya bisa mengatakan seperti ini? Sebab saya sendiri sudah membuktikannya.

Selain itu, kamu juga jangan terlalu berpatokan dengan waktu parkir. Kenapa? Karena walaupun sebentar, kamu pun harus memikirkan jangka panjang kedepannya.

Jika warna cat motor pudar atau redup, ketika dicuci menggunakan metode apapun, maka hasilnya akan sama saja dan tidak akan mengkilap seperti sebelumnya.

2. Bilas Dengan Air Bersih

cara membuat motor kinclong

Turunnya air hujan memang tidak dapat diprediksikan kapan akan turun, jam berapa akan turun dan hari apa akan turunnya air hujan. Bukan begitu?

Ketika kamu sedang dalam perjalanan dan ternyata hujan pun turun, alangkah baiknya sesampainya di rumah, kamu harus membilas sepeda motor dengan air yang bersih dan mengelapnya dengan lap kanebo yang halus.

Hal ini sangat penting untuk diterapkan oleh setiap pemilik kendaraan, baik motor ataupun mobil. Sebab bagian ini bisa melindungi agar warna pada permukaan body motor tidak mudah pudar dan tetap mengkilap.

Membilas motor dengan air bersih bisa melepaskan zat-zat asam yang ada pada air hujan. Dikarenakan zat asam itu bisa jahat terhadap warna cat motor, maka kita harus benar-benar membersihkannya sampai bersih.

Untuk membilasnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu memerlukan selang, air bersih dan lap kanebo. Tapi saran dari saya, alangkah baiknya menggunakan shampo/sabun khusus untuk perawatan body motor.

Misal seperti Kit Motor, Carrera dan lain sebagainya.

Penggunaan sabun itu bukan hanya untuk membersihkan kotoran saja, melainkan merawat dan menjaga agar warna cat motor tetap kinclong seperti baru.

Silahkan dipraktekan.

3. Cuci Motor Secara Teratur

Kenapa kita harus mencuci motor secara teratur? Jawabannya pun simpel, untuk merawat body motor agar tetap kinclong dan bersih.

Idealnya dalam seminggu itu berapa kali? Tergantung kondisi, namun kalau saya pribadi selalu mencuci motor 3 kali dalam seminggu.

Ada satu hal yang emang perlu kamu perhatikan dalam mencuci motor, yaitu jangan menggunakan sabun detergen baju karena kandungan pada sabun tersebut sangat keras.

Alangkah baiknya menggunakan sabun atau sampo yang dikhususkan untuk kendaraan. Kamu bisa membeli sampo motor di alfamart atau Indomart terdekat.

Di toko tersebut ada beberapa macam varian merk sampo motor yang sangat bagus kualitasnya, kamu bisa memilih sesuai dengan budget yang dimiliki.

Sekian ulasan mengenai cara membuat warna motor tetap kinclong. Silahkan dipraktekan apabila kamu menginginkan tampilan pada motor yang dimiliki tetap keren seperti bar.

Add Comment