Cara Membuat Email di HP

Perkembangan teknologi saat ini secara tidak langsung memaksa para penggunanya untuk memahami apa itu Email. Email saat ini sudah menjadi barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap orang. Tidak hanya digunakan sebagai media berkomunikasi saja, Email juda sudah menjadi salah satu identitas penting bagi penggunanya didalam ruang lingkup internet.

Di era perkembangan teknologi yang semakin maju, Anda tidak lagi harus pergi ke kantor POS saat ingin mengirim surat atau dokumen tertentu. Kini Anda sudah bisa melakukannya hanya lewat Email saja.

Email merupakan singkatan dari Electronic Mail, yaitu surat atau pesan dengan format digital. Selain itu, Email juga diperlukan untuk pembuatan akun, login ke Aplikasi, dan kebutuhan digital lainnya.

Cara Membuat Email di HP Dengan Mudah

Ada banyak layanan Email yang bisa diakses, seperti Yahoo, Gmail, Hotmail, Outlook, dan lain sebagainya. Namun dilingkup profesional, Gmail-lah yang paling sering digunakan.

Nah, bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mencari cara membuat Email di Smartphone, Artikel dari piwiq.com ini akan membantu Anda untuk mengetahui cara membuat Email di Smartphone dengan mudah dan cepat.

Cara Membuat Email Gmail

Cara membuat Email baru di Smartphone memang tidaklah sulit. Anda hanya perlu mengisi data diri yang ditunjukkan pada layar Smartphone Anda. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikutnya sesuai dengan petunjuk dari domain yang Anda pilih. Salah satu domain yang bisa Anda pilih adalah Gmail.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Pertama, cari menu setting atau pengaturan di Smartphone Anda.
  • Selanjutnya cari menu account atau akun. Pilih add account atau tambahkan akun.
  • Kemudian cari ikon Google. Nantinya akan muncul pilihan ‘sign in’ dan ‘create a new account’, lalu pilih saja create a new account.
  • Isi nama depan dan nama belakang Anda, lalu klik next. Isi tanggal lahir dan jenis kelamin, lalu klik next.
  • ketika diminta mengisikan alamat Email, pilih nama sebagai username Anda, kemudian klik next.
  • Jika ternyata terdapat tulisan “That username is taken. Try another.” itu tandanya orang lain telah menggunakan username yang Anda pilih. Disini Anda bisa mengakalinya dengan menambah angka. Jika sudah, klik next.
  • Selanjutnya adalah memasukkan password untuk mengakses Email Minimal 8 karakter. Anda bisa memilih password yang paling mudah untuk diingat, bisa menggunakan huruf kecil, besar, dan angka.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon untuk mengirimkan kode verifikasi, silahkan masukkan nomor yang aktif.
  • Anda akan dibawa ke halaman Syarat dan Ketentuan (Privacy and Terms). Klik I Agree.
  • Jika ingin semua data dibackup ke Google Drive, aktifkan opsi tersebut. Pilih Accept.
  • Kemudian akan ada konfirmasi username dan password. Klik Next.
  • Lalu Aplikasi akan memproses. Setelah itu akan ada pemberitahuan yang mengatakan bahwa Anda telah memiliki akun Gmail baru.

Kelebihan dari Akun Gmail

Salah satu kelebihan yang paling signifikan adalah karena hanya dengan satu akun, pengguna sudah bisa terhubung ke berbagai situs dari Google, mulai dari Maps, Drive, maupun Youtube.

Selain itu, jika Anda ingin mengirim file kapasitas lampiran (attach) juga cukup besar yakni mencapai 25MB untuk sekali attach. Menariknya, file yang dilampirkan akan memiliki kualitas yang sama seperti file aslinya.

Diatas adalah ulasan yang membahas tentang cara membuat Email baru di HP dengan mudah. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Add Comment