Cara Membersihkan Karpet Mobil

Kebersihan mobil merupakan tanggung jawab dari pemilik mobil, karena apabila kita selalu memperhatikan mengenai kebersihan dari mobil itu akan bisa membuat nyaman ketika kita sedang mengendarainya. Terlebih saat ini sudah mulai masuk ke dalam musim hujan yang mana mobil kita pasti sering kotor ketika digunakan.

Sebenarnya untuk menjaga kebersihan mobil itu bukan hanya disaat musim hujan saja, namun selain dari musim hujan juga kita sebagai pemilik dari mobil tersebut harus selalu memperhatikan dari kebersihan pada bagian dalam maupun bagian luarnya.

Kebersihan dari mobil itu bisa memberikan dampak bagus bagi penggunanya, misal seperti kenyamanan yang bisa dirasakan oleh diri kita sendiri ketika sedang melakukan perjalanan jauh seperti keluar kota atau dalam kota. Maka dari itu kita harus bisa selalu menjaga kebersihan mobil di setiap waktu.

Datangnya musim hujan seperti sekarang ini, mobil memiliki peranan penting bagi masyarakat, karena kendaraan mobil ini bisa melindungi penggunanya dari cipratan air hujan, namun ketika musim hujan seperti sekarang ini bisa membuat mobil kita akan terlihat kotor pada bagian luar dan dalam.

Didalam mobil terdapat beberapa interior yang harus kita jaga kebersihannya, misal seperti jok, karpet mobil, kaca dan lain sebagainya guna bisa memberikan kenyamanan kepada penumpang yang ada di dalam mobil tersebut. Disini saya akan membahas mengenai cara membersihkan karpet mobil.

Berikut dibawah ini ada beberapa cara membersihkan karpet mobil yang bisa kalian praktekan sendiri.

Cara Bersihkan Karpet Mobil yang Kotor

cara membersihkan karpet mobil

wikihow.com

Pembahasan kita kali ini sudah memasuki ke dalam pembahasan cara membersihkan karpet mobil agar terlihat bersih dari kotoran. Perlu kalian ketahui bahwa karpet mobil apabila kita tidak menjaga kebersihannya secara teratur, tentunya bisa mengakibatkan kotoran yang ada akan susah untuk dibersihkan.

Oleh karena itu, disini kita sebagai pemilik dan pengguna kendaraan bermobil harus sering membersihkan karpet didalam mobil yang sudah ternodai oleh kotoran-kotoran yang mengakibatkan pandangan mobil terlihat tidak enak untuk di lihat.

Apabila karpet pada mobil kalian sudah terlihat kotor, kalian harus segera mengambil tindakan untuk membersihkannya. Kalau kalian tidak bergegas untuk segera membersihkan kotoran yang terdapat di karpet itu biasanya akan susah untuk dibersihkan.

Berikut dibawah ini saya akan berbagi tips mengenai cara membersihkan karpet mobil yang baik dan benar:

  • Langkah Pertama
    Mengeluarkan karpet yang ada di dalam mobil agar mudah dalam membersihkannya, kalian jangan mencoba untuk membersihkan karpet yang masih ada di dalam mobil, karena nantinya kotoran tersebut bisa menyebar kemana-mana.
  • Langkah Kedua
    Membasahi seluruh karpet mobil dengan menggunakan aliran air dari selang hingga merata, namun kalian harus mengguyur dengan tekanan air yang tinggi sehingga bisa membersihkan kotoran pada karpet secara perlahan.
  • Langkah Ketiga
    Setelah membasahi karpet dengan tegangan air tinggi, maka langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah menyikat karpet mobil dengan sikat yang dikhususkan untuk menyikat karpet, contohnya seperti sikat yang memiliki ketebalan pada bagian kuasnya.Dengan ketebalan kuas pada sikat itu, kalian bisa membersihkan noda bandel yang terdapat pada karpet itu hingga bersih merata sampai ke akarnya.
  • Langkah Keempat
    Setelah selesai menyikat kotoran pada karpet, maka langkah selanjutnya adalah menyiram karpet dengan menggunakan air secara merata pada bagian atas, sisi dan juga bawah. Setelah itu,  pastikan kalian menyiram karpet mobil sampai benar-benar bersih.
  • Langkah Kelima 
    Setelah selesai menyiram karpet yang telah dicuci dengan air, maka kalian harus mencari tempat yang tidak kena pantulan sinar matahari agar warna karpet itu tidak pudar. Apabila karpet mobil kalian terbuat dari bahan karet, maka ada satu hal yang harus kalian lakukan sebelum menjemur.Apa itu? Kalian harus membersihkan kembali dengan lap basah sebelum menjemurnya
  • Langkah Keenam 
    Setelah selesai mengeringkan karpet, kalian harus masuk kedalam mobil untuk memeriksa apakah masih terdapat kotoran yang ada di bagian dasar kabin, apabila masih ada noda-noda yang tersisa, maka kalian harus membersihkannya dengan menggunakan vacum cleaner.

 

Add Comment