Cara Membersihkan Kamera Mirrorless Canon

cara membersihkan kamera mirrorless canon

Ingin jadi fotografer handal?

Selain pandai melakukan setting terhadap kamera, Anda juga harus pandai merawat kamera Anda.

Khususnya jika Anda mempunyai kamera mirrorless canon, maka berikut ini adalah beberapa cara membersihkan kamera mirrrorless Canon persembahan tim rekomended.com, situs ulasan produk terbaik, yang dapat Anda ikuti.

1. Bersihkan lensa kamera mirrorless Canon Anda.

Cara pertama untuk membersihkan kamera mirrorless Anda ialah dengan mulai membersihkan bagian lensa kamera mirrorless Canon tersebut.

Milikilah cleaning kit khusus guna membersihkan kamera Anda. Cleaning kit khusus kamera tersebut sangat bermanfaat guna membantu Anda dalam membersihkan debu maupun kotoran lain yang menempel pada lensa kamera Anda.

Sebelum Anda mulai membersihkan lensa kamera Anda, jangan lupa untuk memperhatikan tempat yang Anda gunakan untuk membersihkan lensa kamera tersebut. Carilah tempat yang bersih dan kering untuk membersihkan lensa kamera Anda.

Ketika Anda membersihkan bagian sensitif pada kamera Anda, terutama lensa maka Anda sebaiknya tidak menyentuhnya secara langsung menggunakan tangan kosong. Gunakanlah sarung tangan agar menghindarkan risiko tergores pada lensa kamera tersebut.

Adapun seperangkat cleaning kit khusus kamera yang dapat Anda gunakan di antaranya air blower, kain mikrofiber dan cairan pembersih lensa.

2. Bersihkan sensor kamera mirrorless Canon Anda.

Di samping membersihkan lensa kamera mirrorless Canon, Anda juga diwajibkan untuk membersihkan bagian sensor kamera mirrorless Canon tersebut.

Hal dikarenakan bagian sensor kamera mirrorless tersebut merupakan salah satu tempat yang riskan untuk ditempeli debu maupun partikel kotoran lainnya.

3. Cara Otomatis.

Guna membersihkan sebuah sensor kamera mirrorless Canon, Anda sebaiknya mencoba terlebih dahulu cara membersihkan sensor kamera mirrorless Canon Anda secara otomatis dengan memilih opsi cleaning mode pada menu kamera tersebut.

Kemudian, Anda tinggal menunggunya hingga getaran tersebut berhenti.

Selain menggunakan mode pembersihan secara otomatis, Anda juga dapat membersihkannya secara manual.  Pembersihan sensor secara manual dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan seperangkat cleaning kit.

4. Cara Manual.

Untuk membersihkan sensor kamera secara manual, hal pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan membuka lensa kamera Anda. Gunakan air blower untuk mulai membersihkannya. Salah satu dari seperangkat cleaning kit khusus kamera ini sangat berfungsi dalam pembersihan kamera secara umum.

Ketika Anda menggunakan air blower, biarkanlah kamera Anda menghadap ke bawah agar air blower tersebut dapat meniup debu dan partikel kotoran lainnya yang menempel pada kamera Anda langsung tertiup pergi dan jatuh ke bawah.

Air blower jangan terlalu dekat dengan sensor kamera Anda. Hal ini agar air blower tersebut tidak dapat menggores sensor kamera Anda.

Akan tetapi, jika debu maupun partikel kotoran lainnya masih dirasa menempel pada kamera Anda, sebaiknya Anda menggunakan alat khusus lainnya.

Jika tidak, alternatif lain yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan kamera mirrorless Canon tersebut adalah dengan menggunakan cotton bud yang sudah diberi cairan pembersih guna membersihkan debu dan partikel kotoran yang menempel tersebut.

Sebagai informasi, ada baiknya Anda menggunakan mode pembersihan otomatis terlebih dahulu sebelum menggunakan mode pembersihan kamera secara manual. Karena mode pembersihan secara manual dirasa sedikit lebih rumit.

Informasi perihal cara membersihkan kamera mirrorless Canon tersebut sekiranya bisa membantu Anda dalam upaya perawatan terhadap kamera mirrorless Canon tersebut.

Gunakan kamera Anda dengan bijak dan tetap rawat kamera mirrorless Canon Anda dengan baik agar awet serta bisa menemani Anda dalam mengambil momen-momen terbaik di sekitar Anda.

Semoga bermanfaat!

Add Comment