Cara Melihat Tipe Laptop

Mengetahui tipe dan Spesifikasi Laptop merupakan hal yang wajib Anda ketahui. Tidak semua jenis Laptop memiliki kinerja yang sama. Ada jenis Laptop yang hanya dikhususkan untuk hal ringan, namun ada juga yang mampu untuk melakukan pekerjaan berat.

Pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan informasi untuk Anda bagaimana cara mengetahuI tipe Laptop dengan mudah. Ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan dan menurut kami cara ini relatif sangatlah mudah untuk Anda coba.

Cara Melihat Tipe Laptop dengan Mudah

Nah, bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mencari cara melihat tipe Laptop, Artikel dari piwiq.com ini akan membantu Anda mengetahui cara melihat tipe Laptop dengan mudah dan cepat.

1. Melalui Dus Laptop

Cara yang pertama untuk melihat tipe Laptop adalah melalui dus bawaan Laptop. Jika dus bawaan tidak ada atau hilang, Anda juga bisa melihat tipe Laptop melalui buku manual atau petunjuk penggunaan.

Sebagai tips tambahan, sebaiknya jangan membuang dus yang menjadi pembungkus Laptop Anda. Karena dus tersebut nantinya bisa bermanfaat bila Anda ingin menjual Laptop Anda kembali.

2. Melalui DXDIAG

Cara yang kedua, Anda juga bisa melihat tipe Laptop menggunakan DXDIAG. DXDIAG merupakan sebuah Aplikasi pengecek system yang memuat berbagai informasi mengenai Laptop Anda seperti RAM, VGA, Prosesor dan lain-lain. Untuk mengakses DXDIAG, Anda bisa melakukan hal-hal dibawah ini:

  • Klik Start menu di bagian bawah kiri pojok, lalu ketikkan menu Run. Atau Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Windows + R.
  • Kemudian masuk ke menu Run, lalu masukkan keyword DXDIAG.
  •  Maka akan tampil informasi mengenai laptop Anda.
  • Pilih System Manufacture dan System Model. Anda dapat melihat tipe dan merk Laptop.

3. Melalui System Information

Melihat tipe Laptop juga bisa dilakukan melalui menu System Informasi yang terdapat pada semua Windows. Cara ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan DXDIAG. Yang membedakan, cara ini memiliki informasi yang lebih spesifik dibanding DXDIAG.

Berikut langkah langkah Cara Melihat tipe Laptop menggunakan system informasi, Simak penjelasannya dibawah ini:

  • Klik Start, kemudian ketikkan “System Informasi”.
  • Maka akan ditampilkan System Informasi pada Laptop Anda. Tipe laptop Anda dijelaskan secara rinci pada bagian System Name, System Manufacturer, System Model dan System Type.
  • Selain tipe, Anda juga bisa mengeksplor informasi mengenai Laptop Anda dengan memilih tab disebelah kiri jendela System Informasi yaitu Hardware Resources, Component dan Software Environment.

4. Melalui BIOS

Selain ketiga cara diatas, cara Melihat tipe Laptop juga bisa dilakukan melalui BIOS. BIOS merupakan sebuah system yang telah lebih dulu dibuat oleh produsen Laptop sebelum Laptop tersebut dirilis.

BIOS bisa dilihat saat Laptop pertama kali dinyalakan yaitu saat booting dan menunjukkan merk atau nama produsen Laptop tersebut. Berikut langkah langkah Cara Melihat tipe Laptop melalui BIOS:

  • Pertama, nyalakan Laptop Anda.
  • Saat tampilan BIOS muncul tekan tombol antara F1 hingga F12, Del atau Esc sebelum masuk ke jendela Windows.
  • Perlu Anda ketahui, pengaturan BIOS ditiap merk Laptop berbeda-beda.
  • Ketika Anda sudah masuk ke BIOS, Carilah System Informastion.
  • Maka Anda akan mengetahui tipe laptop Anda.

5. Melalui Control Panel

Windows 10 memiliki cara sendiri untuk melakukan cek tipe Laptop. Caranya sangat mudah yakni dengan menggunakan Properties pada menu My Computer. Berikut adalah langkah-langkah Cara Melihat tipe Laptop melalui Control Panel:

  • Pertama, klik start menu.
  • Kemudian ketikkan Control Panel, lalu klik Enter.
  • Ketika masuk kebagian Control Panel, selanjutnya arahkan cursor ke System and Security. Kemudian klik menu tersebut.
  • Selanjutnya pilih opsi System. Kemudian Laptop akan menampilkan tipe Laptop serta Spesifikasi lengkap. Perhatikan khusus pada section “System”.

Itulah beberapa cara Melihat tipe Laptop dengan mudah yang kami rekomendasikan bagi Anda. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Add Comment