Cara Melihat Spesifikasi Windows 10

Cara melihat spesifikasi Windows 10 bisa dilakukan dengan banyak cara ya, baik itu dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi. Windows sendiri juga sudah menyediakan tools bawaan seperti dxdiag, system information, ataupun lainnya.

Namun, pengecekan dengan tools bawaan tersebut biasanya kurang detail informasinya, jadi terkadang masih ada informasi yang belum dipaparkan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan menggunakan software tambahan bernama Speccy.

Jadi, Speecy merupakan sebuah aplikasi yang memiliki fungsi utama untuk melihat ringkasan spesifikasi laptop Windows secara cepat dan lengkap. Kita semua sepakat ya kalau melihat spesifikasi laptop merupakan hal yang bisa dibilang penting, terlebih ketika hendak menginstall aplikasi.

Cara Cek Spesifikasi Windows 10

Sebelum menggunakan aplikasi ini, silahkan download terlebih dahulu disini. Setelah itu Anda akan dihadapkan dengan 2 pilihan, mau download versi gratis atau yang versi berbayar, silahkan download yang gratis saja.

Jika sudah didownload, silahkan lakukan instalasi seperti biasanya. Setelah aplikasi berhasil terinstall, buka aplikasi tersebut dan Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.

Cara Melihat Spesifikasi Windows 10

Pada gambar di atas cukup lengkap ya detail yang ditampilkan. Untuk memperjelas tentang maksud dan masing-masing menu yang ada, silahkan simak penjelasan berikut ini:

Summary

Summary adalah jendela yang berisi gambaran keseluruhan dari spesifikasi laptop Windows 10 Anda. Di situ juga ada beberapa detail pelengkapnya seperti misal Operating System: Windows 10, CPU: Intel, dan lain sebagainya.

Operating System

Cara Melihat Spesifikasi Laptop Windows 10

Pada tab operating system, Anda akan melihat sistem operasi yang digunakan, tipe perangkat, tanggal instalasi, serta serial number yang digunakan Windows Anda.

Selain itu, Anda juga akan melihat detail lain seperti beberapa tools penting diantaranya Windows Security Center, Windows Update, Windows Defender, Antivirus, Net Framework, Internet Explorer, dan tools lainnya seperti gambar di atas.

CPU

Cara Cek Spek Windows 10

Pada bagian CPU akan menjelaskan detail CPU yang Anda gunakan seperti Cores, Threads, Name, Code Name, Package, Technology, Spesification, Family, dan lainnya. Selain itu, Anda juga bisa melihat rata-rata suhu CPU tersebut.

Aplikasi ini selain untuk melihat spesifikasi CPU saja, bisa juga Anda gunakan untuk melihat kinerja CPU seperti pada bagian Cores.

RAM

Cara Cek Spesifikasi Windows 10

Pada bagian ini Anda bisa melihat total slot RAM dan slot yang digunakan. Selain itu, Anda juga bisa tahu tipe RAM pada laptop Anda.

Sama halnya dengan tools sebelumnya, bagian ini juga bisa digunakan untuk melihat kinerja RAM tersebut seperti berapa RAM yang digunakan ataupun frekuensinya.

Motherboard

Pada bagian ini bisa Anda gunakan untuk mengetahui merk motherboard ataupun beberapa detail slot pada motherboard. Anda juga bisa mengetahui informasi seputar BIOS dan PCI Datanya sekaligus.

Graphics

Pada bagian graphics ini fokus membahas hal tentang monitor pada laptop Windows 10 Anda. Jadi informasi yang ditampilkan sudah pasti terkait kartu grafis yang digunakan.

Storage

Storage ini hubungannya sama penyimpanan hardisk. Informasi yang akan Anda daapatkan pada bagian ini adalah nama hardisk, partisi yang terdapat didalamnya, suhu, serta S.M.A.R.T attributes.

Optical Drives

Optical Drives ini digunakan untuk mengetahui perangkat yang terpasang seperti CD-ROM ataupun DVD-ROM.

Audio

Pada bagian ini Anda akan diberikan informasi seputar audio pada Windows 10 Anda.

Peripherals

Peripherals ini hubungannya dengan perangkat yang ditambahkan seperti printers, mouse, keyboard, dan lainnya.

Network

Yang terakhir adalah network, yaitu bagian yang memberikan informasi terkait jaringan yang digunakan laptop saat itu.

Itulah cara melihat spesifikasi pada Windows 10. Memang sih caranya sedikit ribet harus download terlebih dahulu. Tapi, untuk detail informasi yang diberikan memang jauh lebih lengkap.

Add Comment