Cara Melacak Hp Android Yang Hilang Dengan Mudah

Bagi Anda yang kehilangan handphone, artikel kali ini akan membahas mengenai cara melacak hp android yang hilang. Kehilangan handphone menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi banyak orang. Pasalnya, bukan hanya mengalami kerugian materiil, namun juga mereka harus kehilangan data-data penting mereka.

Apalagi jika mereka lupa menyinkronkan data mereka ke cloud storage seperti google drive dan lain sebagainya. Akhirnya, mereka harus mengumpulkan kembali data penting tersebut di handphone yang baru. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini Anda bisa melacak handphone yang hilang dengan menggunakan beberapa metode.

Berikut ini beberapa cara melacak hp android yang hilang dengan mudah tanpa harus repot menghapus akun-akun yang aktif di handphone tersebut.

Cara Melacak Handphone Hilang Dengan menggunakan Aplikasi Prey Anti Theft

Cara melacak hp android yang hilang yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, yakni aplikasi prey anti theft.

Dengan aplikasi ini Anda bisa melacak keberadaan handphone Anda yang hilang tanpa harus repot berkeliling mencari handphone Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut cara penggunaan aplikasi ini.

  1. Download dan install aplikasi Prey Anti Theft yang bisa Anda gunakan di google play store.
  2. Jika Anda belum membuat akun aplikasi Prey Anti Theft sebelumnya, lakukanlah pendaftaran dengan cara mengetuk di tombol Sign Up.
  3. Isilah kolom nama, password, dan email, juga jangan lupa berikan tanda ceklis di kotak yang sudah tersedia.
  4. Jika beres, Anda hanya tinggal mengetuk Create My New Account.
  5. Setelah sukses login, langkah yang pertama ialah dengan melakukan aktivasi proteksi. Caranya adalah dengan tap di tombol Activate Protection.
  6. Lalu, Anda akan diberikan pengaturan khusus. Di sini Anda hanya tinggal mengetuk tombol dengan tulisan Activate this device administration.
  7. Setelah itu, jangan lupa Anda aktifkan izin dengan cara mengetuk di tombol Give Permission.
  8. Nantinya akan muncul pop-up dan Anda hanya tinggal ketuk Approve saja, maka Anda tinggal menyetujui semua perizinan yang diminta saja oleh aplikasi Prey Anti Theft.
  9. Jika memang semua langkah sudah Anda lakukan, maka nantinya akan muncul tulisan Protected dengan warna hijau dan perangkat Anda sudah sepenuhnya terlindungi oleh aplikasi tersebut.
  10. Untuk bisa melakukan pengaturan opsional, Anda hanya tinggal memilih pilihan Settings, masukkanlah password akun Anda, dan juga lakukan setting yang memang Anda butuhkan.
  11. Pastikan juga di opsi Settings, Anda centang pilihan Run in Background agar nantinya Prey Anti Theft bisa tetap mencatat lokasi Anda walau anda sedang tidak membuka aplikasi tersebut
  12. Jika memang sewaktu-waktu perangkat Anda hilang, Anda hanya tinggal buka dashboard aplikasi Prey Anti Theft pada PC ataupun laptop Anda.
  13. Caranya sangat mudah, coba Anda kunjungi situs resmi aplikasi Prey Anti Theft di alamat https://preyproject.com/ dan setelah itu klik tombol Login yang berada di pojok kanan atas.
  14. Masukkanlah alamat email yang sudah Anda daftarkan di akun Prey Anti Theft di kolom yang tersedia pada situs tersebut.
  15. Masukkanlah password dan setelah itu tekan Enter hingga nantinya dashboard ditampilkan.
  16. Anda bisa melakukan beberapa tindakan, seperti halnya menyalakan alarm, mengirimkan pesan, ataupun mengunci perangkat melalui pilihan yang ada di sebelah kanan.
  17. Anda juga bisa memberikan kabar kalau HP Anda tengah hilang dengan cara mengklik tombol dengan tulisan Set Device to Missing.
  18. Setelah itu, Anda hanya tinggal mengkonfirmasi bahwa HP Anda benar-benar hilang dengan cara mengklik tombol dengan tulisan Yes, My Device is Missing.
  19. Maka nantinya Anda akan menerima notifikasi dan juga update setiap 10 menit sekali mengenai status handphone Anda.
  20. Selama itu Anda akan terus menerima update dari keberadaan perangkat Anda. Jika memang sudah ditemukan, Anda hanya tinggal mengklik tombol Set Device to Recovered dan juga ikuti beberapa langkah selanjutnya.

Sudah banyak orang yang kembali mendapatkan handphonenya yang hilang dengan menggunakan aplikasi ini. Sehingga aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang direkomendasikan oleh banyak pengguna.

Download Prey Anti Theft disini

Cara Melacak Handphone Hilang Dengan Menggunakan Android Device Manager

Cara melacak hp android yang hilang selanjutnya adalah dengan menggunakan fasilitas Android Device Manager. Sebagai induk perusahaan utama dari OS Android, tentunya membuat Google tidak akan membiarkan masalah terjadi kepada penggunanya.

Google akan memberikan keamanan tinggi agar device para penggunanya tidak hilang begitu saja. Untuk menggunakan fasilitas Android Device Manager, berikut langkah-langkahnya.

  1. Langkah yang pertama, Anda harus mendownload dan juga install aplikasi bernama Google Find My Device yang bisa Anda dapatkan di beberapa situs penyedia link downloadnya di perangkat Android lainnya, misalnya di HP orang tua ataupun teman Anda.
  2. Bukalah aplikasi Google Find My Device yang sebelumnya sudah Anda install dan juga pilih pilihan Sign In as Guest agar bisa masuk dengan menggunakan akun Gmail Anda yang terhubung pada HP yang hilang.
  3. Masukkanlah alamat email dan juga password untuk bisa login.
  4. Sebelum Anda menggunakan aplikasi ini, nantinya aplikasi ini akan meminta izin untuk bisa mengakses lokasi yang ada pada perangkat. Ketuk tombol Allow agar bisa melanjutkan prosesnya.
  5. Dengan otomatis, aplikasi Find My Device akan bisa menentukan lokasi yang terakhir di Handphone Anda yang hilang. Anda juga bisa memutar alarm di sistem, mengunci Handphone Anda, ataupun menghapus semua informasi dari perangkat Anda.
  6. Jika Anda berniat untuk mencari handphone Anda, Anda hanya tinggal mengetuk ikon yang berwarna hijau di layar handphone Anda yang menunjukkan lokasi dari HP Anda dan juga pilih pilihan Google Maps yang berada pada pojok kanan bawah.
  7. Secara otomatis aplikasi nantinya akan dialihkan ke dalam Google Maps dan nantinya akan memberikan petunjuk arah pada lokasi hilangnya perangkat Anda.

Download Google Find My Device disini

Itulah 2 cara melacak hp android yang hilang, cara di atas kami ambil dari situs Pickme.pro yang merupakan salah satu situs informasi teknologi.

Add Comment