Cara Masuk BIOS Windows 10

Meski Microsoft sudah merilis Windows 11 sebagai sistem operasi keluaran teranyarnya, tapi nyatanya tidak semua orang bisa menikmatinya. Oleh karena itulah Windows 10 masih menjadi sistem operasi modern pilihan orang-orang seluruh dunia selain Mac OS dan lainnya. Nah walau bisa dibilang modern, Windows 10 sendiri masih membawa beberapa fitur dari pendahulunya, salah satunya adalah BIOS.

BIOS atau singkatan dari Basic Input Output System merupakan sebuah software yang dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi hardware pada komputer. Selain itu, BIOS juga digunakan untuk hal-hal lainnya, seperti mengatur urutan booting dari storage mana, mengkonfigurasi pengaturan Windows 10 lainnya, dan lain-lain. Sayangnya, cara masuk BIOS di Windows 10 sedikit berbeda dengan cara masuk BIOS di versi Windows sebelumnya.

Padahal, cara masuk BIOS di Windows 10 penting untuk diketahui dan dipelajari. Karena, masuk ke BIOS bisa merupakan salah satu syarat melakukan cara-cara konfigurasi Windows 10 lainnya, sebut saja seperti cara install ulang dan cara masuk safe mode Windows 10.

Nah seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cara masuk ke BIOS di Windows 10 ini agak beda dengan di Windows 7 dan XP. Apa bedanya? Jika biasanya di Windows 7 dan XP kita bisa menggunakan kombinasi tombol keyboard, maka hal itu akan sedikit lebih susah di Windows 10. Hal ini disebabkan oleh fitur fast boot yang membuat proses booting Windows 10 menjadi lebih cepat sehingga kita tidak punya waktu untuk masuk ke BIOS.

Lalu, bagaimana caranya masuk ke BIOS di Windows 10 tanpa menggunakan tombol keyboard? Tenang, jangan panik, dan jangan khawtir. Kamu tetap bisa kok masuk ke BIOS Windows 10.

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk masuk ke BIOS di komputer/laptop Windows 10:

1. Tekan tombol Windows yang ada di pojok kiri bawah desktop.
2. Kemudian tekan menu Settings.
3. Bukalah menu Update & Security > Recovery.
4. Lalu pada bagian Advanced startup, tekan tombol Restart now. Maka komputer akan melakukan restart secara otomatis untuk masuk ke menu advanced startup.
5. Nah di menu ini lah kita bisa masuk ke BIOS. Caranya pada beberapa opsi yang muncul, pilih Troubleshoot > Advanced options > UEFI Firmware Settings > Restart.

Selesai. Setelah kamu menekan tombol restart, maka komputer akan restart sendiri dan masuk ke BIOS secara otomatis. Nah begitulah cara masuk ke BIOS di Windows 10. Sekarang, kamu bisa menggunakan pengetahuan ini entah untuk melakukan konfigurasi tertentu atau melanjutkan cara install ulang dan lain-lain.

Perlu diperhatikan sekali lagi bahwa cara ini khusus untuk Windows 10 saja jika kamu susah masuk ke BIOS menggunakan tombol keyboard. Sementara untuk versi Windows sebelumnya, kamu masih bisa masuk ke BIOS seperti biasa dengan cara menekan kombinasi tombol keyboard sesuai merek laptop.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Add Comment