Cara Cek Umur Domain

Terhitung dari pertama membuat website hingga sekarang ini, mungkin Anda lupa dengan umur domain sendiri. Hal ini lumrah terjadi, namun terdapat tools yang dapat membantu Anda untuk melakukan cek umur domain.

Selain melakukan cek usia domain milik pribadi, Anda juga dapat melihat umur website milik orang lain.

Perlu Anda ketahui, dengan mengetahui usia domain, Anda dapat menentukan reputasi dari suatu website. Seperti contoh, Anda dapat menilai suatu bisnis yang baik dari umur domain. Pasalnya, kebanyakan bisnis yang baik akan bertahan lama dan tidak mudah tumbang.

Kelebihan Aged Domain

who domain name

Terdapat pertanyaan yang sering berseliweran mengenai aged domain atau domain yang sudah berumur. Selain contoh seperti di atas, terdapat juga hal menarik lain yang berkaitan dengan aged domain.

Hal menarik dan banyak dipertanyakan adalah, apakah domain yang sudah berumur lebih mudah di index oleh Google? Jawabannya adalah tergantung.

Mengapa kami katakan tergantung? Karena mau itu aged domain atau domain yang masih fresh akan sama saja jika tidak terdapat backlink.

Namun, di sini kami tidak terfokus kepada aged domain. Akan tetapi, kami akan terfokus ke cara cek umur domain.

Berikut cara untuk mengecek umur domain yang kami ambil dari Berakal.com:

Cara Cek Umur Domain

Sebenarnya, tersedia banyak tools untuk mengetahui usia domain. Namun, kami akan menggunakan Whois Lookup untuk mengetahui usia domain. Adapun cara mengetahui usia domain yaitu:

  1. Terlebih dahulu, kunjungi halaman http://whois.domaintools.com/. cek umur domain aged
  2. Selanjutnya, masukkan domain yang ingin Anda cek usianya dan pilih Search.
  3. Nantinya, akan muncul berbagai informasi mengenai domain tersebut, mulai dari tanggal daftar, tanggal kadaluarsa, history, name server, dan lainnya.

Namun, Whois Lookup tersebut hanya dapat digunakan untuk mengetahui kepemilikan domain internasional atau TLD.

Apabila Anda ingin mengetahui kepemilikan domain lokal atau country code top-level domain (ccTLD) seperti .co.id, Anda dapat memanfaatkan layanan whois.pandi.id.

Satu hal lagi, jika domain yang Anda cek menggunakan whois guard, maka Anda tidak dapat mengetahui informasi lengkapnya. Entah itu tanggal registrasi, expired, nama pemilik, alamat email, dan lainnya karena memang diproteksi oleh pemilik domain tersebut.

Nah, pastinya mudah bukan untuk melakukan cek umur domain. Dengan mengikuti cara seperti di atas, Anda dapat mengetahui usia maupun informasi lainnya mengenai domain yang Anda cek,

Add Comment